Selasa, 06 Des 2022 03:46
  • Home
  • Ragam
  • Wali Kota Pematang Siantar Turut Buka Temu Ilmiah Nasional Kongres XIV HIMPSI Sumut

Wali Kota Pematang Siantar Turut Buka Temu Ilmiah Nasional Kongres XIV HIMPSI Sumut

Simalungun (utamanews.com)
Oleh: LEP27
Jumat, 30 Sep 2022 20:00
Istimewa
Pembukaan Temu Ilmiah Nasional Kongres XIV HIMPSI Sumut Tahun 2022
Wali Kota Pematang Sianțar dr Susanti Dewayani SpA turut membuka Temu Ilmiah Nasional Kongres XIV Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Niagara Parapat, Kabupaten Simalungun, Jumat (30/9/2022) mulai pukul 08.00 WIB. 

Acara pembukaan diawali dengan penampilan tarian Simalungun, dilanjutkan tarian Tortor Somba oleh siswa/siswi SMP Negeri 8 Pematang Siantar.

Ketua HIMPSI Sumut selaku Ketua Panitia Temu Ilmiah Nasional Kongres XIV HIMPSI Sumut Tahun 2022 Ilmiah menyampaikan Temu Ilmiah Nasional Kongres XIV HIMPSI Tahun 2022, dengan thema Menyongsong Era Baru Psikologi Indonesia Maju untuk Kesejahteraan Bangsa.
"Kegiatan ini akan memilih ketua umum baru. Di samping itu akan membicarakan isu-isu strategis yang terkait organisasi maupun isu lain yang berhubungan dengan profesi,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu Ketua Panja RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi Hetifah Syaifudin; pengusul RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi yang juga anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari; Ketua Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia Zahrotur Rusyda Hinduan, serta Ketua Umum HIMPSI Pusat Prof Dr Seger Handoyo.

Diterangkannya, kegiatan diikuti 438 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. 

Ketua Umum HIMPSI Pusat Prof Dr Seger Handoyo mengatakan, kongres kali ini akan fokus membahas terkait Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi yang baru saja disahkan.

"Undang-undang yang sudah disahkan pada 7 Juli 2022, di mana Pendidikan dan Layanan Psikologi menjadi satu bagian. Hal ini yang nantinya akan kita bahas di kongres, yakni pendalaman apa yang akan dilakukan selanjutnya. Kita akan membahas turunannya, dan juga anggaran dasar dan anggaran rumah tangga HIMPSI sebagai induk organisasi profesi psikologi di Indonesia," terangnya.
Diharapkan temu ilmiah tersebut bisa memberi masukan kepada pemerintah terkait pembuatan peraturan pelaksana dari UU No 23 Tahun 2022 tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Prof Dr Seger Handoyo juga mengungkapkan alasan kegiatan tersebut digelar di Parapat.

“Seperti diketahui bersama pandemi Covid-19 membuat dunia pariwisata terpuruk. Untuk itu kami membuat kegiatan di Parapat dengan harapan dapat membantu kunjungan wisata di sekitar Danau Toba, Samosir, dan sekitarnya. Kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan multiplier effect di Parapat,” ujarnya.

Sedangkan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menyampaikan apresiasi kepada pengurus HIMPSI pusat dan HIMPSI Wilayah Sumut yang menggelar Temu Ilmiah Bertaraf Nasional dan Kongres, dengan menghadirkan menteri, anggota DPR RI, Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia, serta para peneliti di bidang psikologi dari seluruh Indonesia. 

"Tentunya membutuhkan kerja keras dan kekompakan panitia, pengurus, dan anggota HIMPSI untuk berkomunikasi, bahu-membahu sehingga acara ini dapat terselenggara," kata Wali Kota Susanti.

Dilanjutkan Wali Kota Susanti, kegiatan kongres tersebut merupakan ajang pesta demokrasi bagi HIMPSI.

"Sebagai musyawarah tertinggi dalam organisasi. Besar harapan saya, proses musyawarah tersebut berlangsung tertib dan lancar, serta dapat melahirkan sosok pemimpin yang dapat menjawab tantangan serta peluang organisasi," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Susanti mengucapkan selamat atas pengesahan Undang-Undang (UU) Pendidikan dan Layanan Psikologi yang telah disahkan pada 7 Juli 2022.

"Ini merupakan awal yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan psikologi di indonesia. Dengan harapan seluruh hal baik yang dituju melalui undang-undang ni dapat terwujud, yakni meningkatkan kualitas kesejahteraan psikologis masyarakat indonesia, sebagaimana yang tertuang dalam tema Menyongsong Era Baru Psikologi Indonesia Maju untuk Kesejahteraan Bangsa,” paparnya.
Wali Kota Susanti menambahkan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar siap mendukung berbagai kegiatan positif dari seluruh elemen masyarakat, termasuk HIMPSI. 

"Kami mengajak HIMPSI dan stakeholder lainnya untuk bersinergi dan berkolaborasi mendukung program-program pemerintah, terutama pemerintah daerah, khususnya yang bersentuhan langsung dengan upaya meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat, guna mempercepat terwujudnya masyarakat Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," pungkasnya.

Selanjutnya Wali Kota Susanti bersama Prof Dr Seger Handoyo, Zahrotur Rusyda Hinduan, Ilmiah, dan mewakili Bupati Simalungun yakni Kepala BKD Sudiahman Saragih, langsung membuka Temu Ilmiah Nasional Kongres ke XIV HIMPSI Tahun 2022, yang ditandai pemukulan gondang.

Kemudian Wali Kota Susanti bersama mewakili Bupati Simalungun dan Ketua Panitia Ilmiah, menyerahkan cenderamata berupa Ulos kepada para narasumber.

Usai menghadiri acara pembukaan, Wali Kota Susanti bersama Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH, menyempatkan meninjau stand UMKM, terutama UMKM dari Dekranasda Kota Pematang Siantar. Juga berinteraksi dan dengan tanya jawab dengan pelaku UMKM.
 
Turut hadir, Ketua Majelis Psikologi Pusat Prof Dr Irmawati, Kadis Psikologi Angkatan Darat Brigjen TNI Drs R Tegar Puja Sembada, serta peserta dan undangan.
Editor: Yudi Setyawan

T#g:ParapatpsikologSusanti Dewayani
Berita Terkait
  • Senin, 05 Des 2022 13:25

    Hadapi Pemilu 2024 Wali Kota Pematang Siantar Teken Pakta Integritas

    Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani bersama kepala daerah se-Sumut menandatangani pakta integritas netralitas ASN dalam menghadapi pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024, di aula Tengku

  • Minggu, 04 Des 2022 18:54

    Perayaan Natal HKI Daerah I Sumatera Timur I Berjalan Hikmat dan Penuh Sukacita

    Ibadah perayaan Natal HKI Daerah I Sumatera Timur I berjalan dengan hikmat dan penuh sukacita, Minggu (4/12) di Lapangan H Adam Malik, Jalan H Adam Malik Pematangsiantar, dengan tema Kemuliaan Tuhan

  • Minggu, 04 Des 2022 06:34

    Wali Kota dan Ketua Dekranasda Pematang Siantar Hadiri Tabliqh Akbar HUT ke-92 Al Jamiyatul Washliyah

    Di usianya yang ke 92, Al Jamiyatul Wasliyah Pematang Siantar menggelar tabliqh akbar dihadiri Wali Kota dr. Susanti Dewayani bersama ketua Dekranasda HK Erizal Ginting di Jl Rajamin Purba No 111, Sabtu Malam (3/12/2022).

  • Sabtu, 03 Des 2022 00:33

    Wali Kota Pematang Siantar Terima DIPA dan Daftar Alokasi TKDD dari Gubernur Sumatera Utara

    Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani SpA terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2023 yang diserahkan langsung oleh

  • Selasa, 29 Nov 2022 11:39

    Pimpin Upacara HUT Ke-51, Wali Kota Pematang Siantar Ajak KORPRI Terus Lakukan Terobosan dan Inovasi

    Peringatan HUT Ke-51 KORPRI Tahun 2022 ini, dengan tema “KORPRI Melayani Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri”. Kita tidak boleh takut, kita harus menghadapi persaingan itu dengan car

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama