Selasa, 06 Des 2022 04:26
  • Home
  • Ragam
  • Walikota Pimpin Tanam Perdana Bawang dan Cabai Merah di Kota Binjai

Walikota Pimpin Tanam Perdana Bawang dan Cabai Merah di Kota Binjai

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Kamis, 24 Nov 2022 18:24
Istimewa
Walikota Binjai saat penanaman cabai dan bawang merah, Kamis (24/11)
Untuk meningkatkan minat petani dalam membudidayakan bawang merah dan cabai merah, maka diperlukan peran serta Pemerintah Kota Binjai, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, baik dukungan secara fisik maupun dukungan moril.

Hal tersebut diucapkan Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, saat membuka secara resmi kegiatan Tanam Perdana Bawang Merah dan Cabai Merah, di Jalan Pacul, Gang Sovia, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kamis (24/11).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2022 Kota Binjai, yakni dengan memanfaatkan komoditi strategis untuk menekan laju inflasi daerah.
Dalam sambutannya, Walikota Binjai menyampaikan bahwa Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, merupakan wilayah pertanian potensial dalam upaya mendukung pencapaian swasembada pangan berkelanjutan, khususnya di Kota Binjai.

"Meski pada dasarnya Kota Binjai bukan daerah pertanian, tetapi sektor pertanian sangat penting dalam menopang ketahanan pangan di Kota Binjai, dengan salah satu komoditasnya adalah bawang merah dan cabai merah," ungkapnya.

Amir Hamzah juga menjelaskan, komoditas bawang merah dan cabai merah merupakan komoditi strategis yang sangat berpengaruh terhadap laju inflasi daerah. Namun, pengembangan komoditas bawang merah dan cabai merah di Kota Binjai selama ini masih belum memasyarakat karena fluktuasi harga produk yang cukup signifikan sehingga petani merasa enggan dalam membudidayakannya.
"Di tengah kondisi inflasi yang meningkat, saya menyambut baik dan sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini sebagai upaya kita bersama sebagai tindak lanjut dari pengendalian inflasi di daerah," ujar Walikota.

Sebagai Walikota, Amir Hamzah juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Binjai menerima dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Sumut tahun 2022 sebesar Rp103.814.000, yang akan dimanfaatkan dalam pengembangan komoditas bawang merah dan cabai merah.

"Pemerintah Kota Binjai mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Bank Sumut, karena bantuan CSR ini sangat mendukung perekonomian dan ketahanan pangan di Kota Binjai," tuturnya.

Di akhir ucapannya, ia mengatakan jika optimalisasi pengembangan kegiatan ini mempunyai efek ganda, yakni sebagai bentuk pengendalian laju inflasi daerah, menjaga pasokan dan stabilisasi harga pangan, sekaligus mendorong kelompok tani agar semakin berminat dalam pengembangan komoditas dimaksud untuk tahun-tahun berikutnya.
Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa bibit bawang merah, cabai, serta pupuk NPK dan plastik kepada para perwakilan kelompok tani, serta menanam bibit bawang dan cabang bersama Forkopimda.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Kota Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, Danramil 16/BU Kapten Kav Selamat Jaya, Kajari Kota Binjai M. Husein Atmadja, Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution S.Sos, Kepala BPS Kota Binjai Ir. Ida Suswati, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai Ralasen Ginting SP., Plt. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Binjai Chairin Simanjuntak, Kepala CSR Bank Sumut Abdul Hamid, Kapolsek Binjai Utara Kompol Azhari, para Camat se-Kota Binjai, Lurah Cengkeh Turi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Cengkeh Turi, Para Kepling se-Kelurahan Cengkeh Turi, serta para perwakilan Kelompok Tani se-Kota Binjai. 
Editor: Herda

T#g:cabai merahBawang merah
Berita Terkait
  • Senin, 21 Nov 2022 19:31

    Edy Rahmayadi Tanam Cabai Merah 100 Ha di Parbuluan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menanam bibit tanaman cabai merah di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, pada Pencanangan Kawasan Pertanian Terpadu Hortikultura, Senin (21/11).

  • Selasa, 01 Nov 2022 23:31

    Inflasi Sumut 5,66%, di Bawah Nasional

    Angka inflasi Sumatera Utara (Sumut) per Oktober 2022 pada posisi 5,66%, atau berada di bawah rata-rata nasional 6,71%. Angka tersebut turun 0,51% atau deflasi dari periode September 2022 (bulan sebelumnya).

  • Sabtu, 24 Sep 2022 19:24

    Korps Senior HIMAPSI Targetkan Simbolon Tengkoh Sentral Bawang Merah di Kabupaten Simalungun

    Korps Senior Himpunan Mahasiswa Dan Pemuda Simalungun (KS - HIMAPSI), targetkan Nagori (Desa) Simbolon Tengkoh dapat menjadi sentral tanaman Bawang Merah di Kabupaten Simalungun.

  • Minggu, 30 Jan 2022 23:50

    Transportasi picu harga bawang merah bergerak naik di Medan

    Dampak gangguan transportasi, harga bawang merah di pasar Kota Medan dan sekitarnya bergerak naik rata-rata Rp1.000 per kilogram.

  • Sabtu, 02 Mei 2020 20:02

    Gubernur Edy Dampingi Warga STM Hulu Panen 16 Ton Bawang Merah

    Barisan bedeng-bedeng bawang merah siap panen memenuhi lahan seluas 1 hektare lebih di Desa Liang Pematang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang. Di sekitarnya, para petani tengah bersiap untuk memanen sekitar 16 ton bawang merah.

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama