Rabu, 19 Jan 2022 08:58
  • Home
  • Ragam
  • Zahir: 536 Calon admin disiapkan untuk mensukseskan e-absensi Batu Bara

Zahir: 536 Calon admin disiapkan untuk mensukseskan e-absensi Batu Bara

Batu Bara (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Jumat, 14 Jan 2022 08:24
Istimewa
Pelaksanaan kegiatan
ASN adalah Pegawai Negeri Sipil yang bekerja pada instansi pemerintah. Dalam bekerja, Kedisiplinan ASN sangat diperlukan untuk mendukung lancarnya pelaksanaan kegiatan pada suatu organisasi, serta sebagai cerminan dari tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus saat menutup Pelatihan e-absensi Kabupaten Batu Bara bertempat di Aula rumah Dinas Bupati di Tg. Gading Kecamatan Sei Suka, Kamis (13/01/2022) petang.

Dengan disiplin akan mendorong gairah kerja, semangat kerja, dan terwujudnya tujuan organisasi yang harus segera dibangun serta ditegakkan.

"Kedisiplinan juga merupakan kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan". Kata Ilyas Sitorus.

Maka untuk meningkatkan Disiplin Pegawai ASN maupun Pegawai Non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara, salah satunya dengan mengembangkan Aplikasi yang disebut dengan E-Absensi Kabupaten Batu Bara (https://absensibatubara.com) 

Lebih lanjut Ilyas mengatakan, disiplin Pegawai ASN maupun Non ASN adalah kesanggupan Pegawai untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar akan mendapatkan hukuman.

Penerapan disiplin salahsatunya dengan pemanfaatan e-absensi> E-absensi ini akan dapat hemat biaya, kemudian tidak memerlukan perangkat fisik berupa mesin absensi dan pemasangan system yang tentunya akan memberikan nilai positif kepada Pemerintah Daerah. Karena dengan e-absensi ini dapat di dipantau secara online karena terus terkoneksi dengan internet sehingga dapat dipantau secara real time, ungkap Ilyas.

Sementara Pengembang Aplikasi e-absensi, Hottua Samosir mengatakan, bahwa dengan sistem e-absensi minim kecurangan. Karena e-absensi menerapkan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik sehingga minim kecurangan. 

Aplikasi ini akan memverifikasi kehadiran Pegawai ASN maupun Pegawai Non ASN di suatu tempat dengan radius 50 meter dari titik yang sudah ditentukan lengkap dengan photo selfienya. Perhitungan jam kerja, TPP lebih akurat. Dengan system absensi online akan dapat menghitung TPP dan potongan lainnya seperti BPJS setiap bulannya.

Aplikasi simpelbos Batu Bara ini juga, dapat memberikan rekapitulasi kehadiran lebih mudah, sistem absensi online akan memudahkan pencatatan dan rekapitulasi data, begitu juga dengan data kehadiran, ketidakhadiran, dan keterlambatan akan tercatat otomatis tanpa perlu memindahkannya secara manual. Kata Hot Samosir.

Sementara Kepala BKD yang diwakili Kasubbag Disiplin Doni mengatakan, Pencatatan Kehadiran Pegawai Mulai dari Kehadiran masuk, Pulang Kantor, Tugas Luar, Cuti, Ijin, Sakit dan lain-lain secara otomatis diproses secara sistem. 

Tidak hanya sampai disitu, dengan e-absensi ini akan bisa dikembangkan ke e-kinerja untuk menganalisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan dan beban kerja unit/satuan kerja termasuk Sistem Pelayanan Pegawai Untuk melayani permintaan pegawai, seperti cuti, penerbitan surat tugas, surat perjalanan dinas, pengajuan pindah dan lainnya dilingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara.

Doni juga menerangkan, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 536 orang peserta yang dibagi menjadi 8 (delapan) angkatan yang diikuti oleh admin/operator OPD/Badan, Camat, Puskesmas, Kelurahan, RSU Daerah dan UPTD SD dan SMP se Kabupaten Batu Bara.

Selain Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus, hadir dalam kesempatan tersebut KA. BKD yang diwakili Kasubbag Disiplin BKD Doni, Sekretaris Disdik Darwinsor Tumanggor, Kabid Dikdas Basrah, Kasi, Kasubbag dilingkungan Disdik Batu Bara dan Tim pengembang e-absensi Hot Samosir serta awak media cetak dan elektronik.
Editor: Budi

T#g:AdministrasiaplikasiIlyas Sitorus
Berita Terkait
  • Selasa, 18 Jan 2022 13:58

    Qoala Plus Ajak Tenaga Pemasar Tingkatkan Inklusi Keuangan Indonesia

    Sebagai salah satu bentuk inovasi keuangan digital yang semakin berkembang, insurance technology (insurtech) menjadi salah satu platform yang membawa banyak perubahan bagi industri asuransi.

  • Selasa, 14 Des 2021 23:04

    Wujudkan Tebing Tinggi Smart City, Diskominfo Bangun Jaringan Terintegrasi dan Terpusat

    Wali Kota Umar: Transformasi Digital Bahagian Pencapaian Smart City

  • Minggu, 12 Des 2021 13:42

    Ilyas Sitorus: Guru menolak menyerah karena Corona

    Kita patut bersyukur melihat sosok guru yang hebat, walaupun situasi Pandemi Covid-19, yang harus mengajar tanpa murid utuh karena mengikuti SKB 4 Menteri dalam pembelajaran tatap muka terbatas. Sebag

  • Sabtu, 04 Des 2021 08:34

    Ilyas Sitorus: Pendidikan Berkarakter Diawali Dari Guru-Guru

    Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP memberikan dukungan kepada Dinas Pendidikan yang terus melakukan deteksi dini terhadap penyalahgunaan obat terlarang dan narkotika kepada tenaga pendidik (Guru) di Kabu

  • Rabu, 01 Des 2021 15:01

    Ilyas Sitorus: GIZ banyak memberikan pembelajaran best practise

    Pemerintah Daerah, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP, kepada Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud dan Ristek RI atas kepercayaannya kepada Batu Bara sebagai pilot project GIZ ini. Alhamdulillah Batu Bar

  • Selasa, 23 Nov 2021 23:13

    Ilyas Sitorus: Melalui Lomba akan menumbuhkan minat dan bakat peserta didik TK PAUD

    Kita sepakat bahwa kreativitas merupakan hal penting dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan kembangkan sejak usia dini, karena kreativitas akan membuat manusia lebih produktif. Untuk itulah jenj

  • Sabtu, 20 Nov 2021 21:10

    Ilyas Sitorus: Kemerdekaan Guru Diawali Dari Menyusun RPP

    Setiap orang harus memiliki kesempatan untuk mewujudkan potensi dirinya semaksimal mungkin sehingga dengan demikian akan membangun kemandirian dan selanjutnya tidak akan menjadi beban dimasa depan.&nb

  • Selasa, 19 Okt 2021 14:29

    Masuk Mapolres Dairi Wajib Scan QR Code PeduliLindungi

    Polres Dairi memberlakukan QR Code aplikasi PeduliLindungi, setiap personel dan masyarakat yang datang dan berkunjung wajib melakukan scan pada aplikasi yang dipasang di depan pintu masuk Mapolres Dai

  • Selasa, 19 Okt 2021 14:19

    KPU Binjai ujicoba kekuatan server aplikasi alat bantu Sidarlih

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, mengikuti ujicoba kekuatan server aplikasi alat bantu Sidarlih (Sistem Informasi Daftar Pemilih) berkelanjutan KPU Sumut, Selasa (19/10).Ujicoba digelar melalu

  • Rabu, 13 Okt 2021 15:13

    Peduli Kaum Jompo, Aplikasi 'Herlina Bermartabat' Disosialisasikan di Binjai Utara

    Dalam rangka aksi perubahan pelatihan kepemimpinan administrasi, Kecamatan Binjai Utara bekerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, melaksanakan "Ujicoba Simulasi Aplikasi Herlina bermart

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak