Rabu, 19 Jan 2022 09:13

Diduga Tak Becus Awasi Kecurangan Penyaluran BPNT Tahun 2021,

Amos Sihombing Minta Kemensos-RI Pecat Petugas TKSK Panai Hilir

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Boraspati
Sabtu, 08 Jan 2022 14:08
Istimewa
Amos
Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai atau disebut BPNT PPKM Desa Sei Baru kecamatan Panai Hilir, Labuhanbatu, dinilai tidak sesuai peraturan pemerintah.

Kejadian ini diketahui, Kamis (06/01/22), saat ibu Susilawati, Anggota KPM Desa Sei Baru, menerima bantuan dengan hitungan 6 bulan, Rp1.200.000 pada Bulan Desember 2021.

"Saat kami berbelanja sembako ke E-warong desa Sei Baru, ternyata e-warong tidak memiliki stok barang sembeko sesuai dengan yang ditentukan peraturan, bahkan pihak E-Warong lebih terdahulu memberikan sembako beras satu karung berat 30 Kg, Telur 20 Butir dan Kacang Hijau 0,5 kg. Untuk sisanya anggota KPM harus menunggu 3 hari kedepan", kata ibu Susilawati, Sabtu (8/1).

Anehnya, sambung Susi, harga Sembako di E-Warong Desa Sei Baru lebih mahal dibanding dengan harga sembako di warung sekitarnya, bahkan sampai berbeda Rp35 ribuan.

"Tidak jelas harga bahan pangan yang dijual kepada KPM, bahkan ketika anggota KPM meminta Bon Faktur Sembako yang sudah dibelanjakan di E-Warong, Pemilik E-Warong tidak mau mengeluarkan, malah pemilik e-Warong mengarahkan, agar Anggota KPM meminta bon faktur kepada tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) Panai Hilir," ungkapnya.

Tidak adanya catatan atau daftar hadir yang disediakan e-warong kepada anggota KPM yang berbelanja sembako yang dibelanjakan anggota KPM tidak pernah dimusyawarahkan, harus mengikuti apa yang diberikan oleh e-warong Seperti, Beras, Telor dan kacang hijau dan pemilik e-warong tidak memperbolehkan berbelanja yang lain.

Begitu juga dengan Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Panai Hilir mengintruksikan melalui group WhatsApp kepada Kadus, Kades serta Lurah agar anggota KPM membelanjakan Beras Premium 15 Kg, Telur 10 Butir dan Kacang Hijau ¼, padahal sudah jelas TKSK dilarang untuk, membeli bahan pangan tertentu di e-warong; dan/atau membeli bahan pangan dalam jumlah tertentu di e-warong.

Ditambah lagi pada saat saya meminta faktur bon sembako saya di e-warong, pemilik e-warong mengarahkan agar saya mengambil bon faktur sembako saya kepada TKSK Panai Hilir, setelah saya menemui TKSK di rumahnya.

Malah saya mendapat perkataan yang bersifat intimidasi. “Belum pernah ada anggota KPM meminta BON perbelanjaan selain kamu, dan cukup sekali ini saja kamu mendapat”, ujarnya.

"Adanya pernyataan pemilik e-warong kepada saya anggota KPM bahwa seluruh tindakan yang ia lakukan semua atas instruksi Pak Pendi (TKSK) Panai Hilir", lanjut Susi.

Menanggapi hal ini, Amos P Sihombing selaku Penggiat Sosial menyampaikan, Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Sei Baru seperti yang disampaikan salah satu anggota KPM sangat bertentangan dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Program Sembako.

"Dan jika dilihat dari persoalan yang disampaikan salah satu anggota KPM, hal ini sangat bertentangan dengan peran dan pungsinya selaku TKSK dan E-WARONG," katanya.

"Jika hal itu memang terbukti melanggar aturan, saya berharap kepada instansi yang punya kewenangan terhadap persoalan ini memberi sanksi yang tegas, selain itu kami juga siap melakukan aksi untuk mendesak dinas sosial kabupaten Labuhanbatu untuk bertindak tegas sesuai peraturan yang ada bila perlu akan kami sampaikan Kepada Kemensos-RI untuk merekomendasikan Pemecatan Petugas TKSK Panai Hilir," sambung Amos.
Editor: Budi

T#g:Panai HilirTKSKE-WarongE Warong
Berita Terkait
  • Minggu, 13 Des 2020 05:43

    Di Kecamatan Panai Hilir Paslon ASRI Menang, Peroleh 7.311 Suara

    Hasil rekapitulasi kecamatan Panai Hilir kabupaten Labuhanbatu provinsi Sumatera Utara, pemilihan kepala daerah kabupaten Labuhanbatu tahun 2020, Paslon nomor urut 3 ASRI (Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.

  • Sabtu, 12 Sep 2020 09:22

    Babinsa Koramil 03/SB Ajak Warga Di Desa Binaannya Bergotong Royong

    Di dua lokasi berbeda, Babinsa mengajak warganya untuk bergotong royong memperbaiki jalan, sebagai bentuk kepedulian Babinsa terhadap lingkungannya yang berada di kecamatan Panai Hilir kabupaten Labuh

  • Rabu, 15 Jul 2020 14:15

    Masyarakat Apresiasi Sat Narkoba Polres Labuhanbatu Grebek Kampung Narkoba

    Satres Narkoba Polres Labuhanbatu mendapat apresiasi dari masyarakat usai menggerebek kampung narkoba di Jalan Kampung Baru, Desa Sei Sakat dan Kelurahan Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Kabupate

  • Senin, 13 Apr 2020 18:33

    Arah Kebijakan Pemko Antisipasi Dampak Virus Covid-19 Di Tebingtinggi

    Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melakukan berbagai upaya menanggulangi virus corona-19 sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat, selain penegasan social distancing atau physical distancing atau

  • Jumat, 10 Apr 2020 12:50

    Penyaluran Bantuan KPM di Tebingtinggi Sesuai Protokol Penanganan Covid-19

    Penyaluran program sembako kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Tebingtinggi yang diterima oleh 8.629 pemegang kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) berjala

  • Rabu, 09 Okt 2019 17:19

    Danramil 03/SB Pelopori Pembuatan Jembatan Penghubung Antar Desa

    Peduli dengan kesejahteraan warga desa di kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu, dan dalam rangka Hut ke 74 TNI tahun 2019, Danramil 03/SB, Mayor Inf H. Syamsul Anwar Harahap mempelopori kegiata

  • Rabu, 12 Jun 2019 07:52

    Plt Bupati Labuhanbatu Anggarkan Mobil Damkar Kecamatan Panai Hilir

    Plt Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe, mengakui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu akan menganggarkan pengadaan mobil pemadam kebaran (Damkar) di Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Lab

  • Minggu, 12 Mei 2019 20:02

    Plt Bupati Labuhanbatu beserta rombongan safari ramadhan di kecamatan Panai Hilir

    Plt Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi, ST, MT beserta rombongan perangkat daerah kunjungi Masjid Besar Jami An'nur Kota Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, dalam rangkaian Safari Ramadhan 144

  • Senin, 29 Apr 2019 05:29

    Komsos Babinsa Koramil 03/SB, Sertu Wahyono Bantu Hajatan Warga Binaan

    Membangun silahturahmi dengan masyarakat, Babinsa Koramil 03/SB, Sertu Wahyono, membantu pelaksanaan hajatan mengayunkan dan mengkhatamkan Al Qur'an (Mengaji) anak dari salah seorang warga binaan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak