Jumat, 30 Sep 2022 22:58
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Bobby Nasution Ingin Festival Kuliner Edukasi Pedagang Jaga Higienitas & Kebersihan

Bobby Nasution Ingin Festival Kuliner Edukasi Pedagang Jaga Higienitas & Kebersihan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Minggu, 24 Jul 2022 22:14
Istimewa
Ny. Kahiyang Bobby Nasution memberikan bantuan modal pada pedagang, Minggu (24/7)
Didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu, Wali Kota Medan Bobby Nasution menutup Festival Kuliner 2022 Medan The Kitchen of Asia di Jalan Masjid Raya Al Mashun Medan, Minggu (24/7/2022) petang. 

Antusiasme masyarakat mengunjungi event yang menghadirkan kuliner khas Kota Medan dan Asia ini cukup tinggi, terbukti selama lima hari perhelatan ini digelar transaksi keuangan mencapai Rp605.778.000.

Sebelum kegiatan ini ditutup, festival kuliner yang berlangsung selama 5 hari mulai 19-24 Juli ini diikuti 78 stand dan 6 food truck yang terdiri dari western sebanyak 6 stand, Korean (8 stand), Thailand (4 stand), Japanese (5 stand), Malaysian (3 stand), Taiwan (2 stand), Indian (3 stand), Singapore (2 stand), Arabian (4 stand) dan Nusantara (37 stand).

Di hadapan ratusan para pengunjung yang hadir, Bobby Nasution berharap agar festival kuliner ini dapat mengedukasi para pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner agar dapat menjaga dagangannya sehingga senantiasa higienis dan layak konsumsi bagi para konsumen yang membelinya.

Dikatakan Bobby Nasution, memasak itu tidak hanya menghidupkan kompor dan memasukkan bahan makanan ke dalam panci atau penggorengan, tetapi juga harus ada tata cara dan etika yang harus diperhatikan, terutama menyangkut higienis dan kebersihan yang harus dijaga.

"Tata cara memasak, termasuk higienis dan kebersihan tidak terlepas dari nilai produk yang dihasilkan. Oleh karenanya saya berharap agar festival kuliner tidak hanya menumbuhkan tingkat perekonomian, tapi juga dapat mengedukasi para pedagang untuk senantiasa menjaga higienis dan kebersihan dagangannya", pesannya.

Sebelumnya, Bobby Nasution sempat berdialog dengan dua pedagang. Dari kedua pedagang ini, mereka berharap agar Pemko Medan terus memfasilitasi sehingga UMKM di Kota Medan, terutama kuliner bisa bangkit dan berkembang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Wali Kota atas digelarnya festival kuliner ini. Oleh karenanya kami berharap agar event seperti ini dapat digelar rutin", ungkap salah seorang pedagang.

Sebagai bentuk dukungan atas para pedagang, Ketua TP PKK Kota Medan selanjutnya memberikan bantuan modal kepada kedua pedagang tersebut masing-masing sebesar Rp5 juta. Pengunjung pun langsung memberikan aplaus atas bantuan yang diberikan tersebut. Di samping itu Ketua TPP PKK juga membagikan hadiah bagi pemenang sejumlah kegiatan.

"Tolong bagikan 10 porsi makanan yang dijual kepada pengunjung gratis ya", ujar Bobby Nasution kepada kedua pedagang tersebut yang terlihat sangat gembira atas bantuan modal yang diberikan tersebut.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono dalam laporannya menjelaskan, tujuan digelarnya festival kuliner ini guna mewujudkan Medan sebagai The Kitchen of Asia. Di samping itu, imbuhnya, mendorong dan menumbuhkembangkan rasa bangga masyarakat atas warisan kuliner yang berasal dari bumbu dan rempah.

"Melalui event ini, Pemko Medan memberikan ruang dan peluang UMKM di bidang kuliner untuk berkembang. Kemudian menarik wisatawan untuk berkunjung dan mencoba kuliner Kota Medan", jelas Agus.

Selama lima hari event berlangsung, terang Agus, transaksi keuangan yang terjadi sebesar Rp605.778.000 dengan perincian hari pertama sebesar Rp62.067.000, hari kedua Rp67.718.000, hari ketiga Rp103.796.000, hari keempat Rp141.177.000 dan hari kelima Rp231.560.000.
Editor: Budi

T#g:festivalKahiyang Ayukuliner
Berita Terkait
  • Jumat, 30 Sep 2022 05:30

    Nawal Lubis Hadiri Festival Islam dan Halal Internasional Johor Malaysia

    Nawal Lubis menghadiri kegiatan Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru, Malaysia, Kamis (29/9).

  • Selasa, 20 Sep 2022 22:00

    Mas Menteri Sandi Uno Tinjau Workshop KaTa Kreatif di Binjai, Sumatera Utara

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dr H Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Binjai dalam rangka Workshop KaTa Kreatif, Selasa (20/9) di Pendopo Umar Baki, Binjai.

  • Sabtu, 17 Sep 2022 05:17

    Apresiasi Program PPJI, Edy Rahmayadi berharap kuliner Sumut lebih berkembang lagi

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengapresiasi Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) yang melakukan riset dan edukasi tentang kuliner khas Sumut. Diharapkan nantinya kuliner

  • Senin, 29 Agu 2022 08:29

    Presiden Jokowi jemput cucu kelima dari rumah bersalin, Panembahan Al Saud Nasution

    Wajah Wali Kota Medan Bobby Nasutionbeserta sang istri tercinta Kahiyang Ayu tampak gembira setelah buah hati ketiga mereka telah lahir dan sehat.Pada Sabtu (27/8/2022), Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

  • Jumat, 26 Agu 2022 11:56

    Pj Walikota Buka Acara Festival Seni Nasyid (FSN) ke-15 Kota Tebing Tinggi

    Pj. Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP membuka secara resmi Festival Seni Nasyid (FSN) Ke-15 Kota Tebing Tinggi, Kamis malam (25/8/2022) di Lapangan Merdeka Kota Tebing Tinggi.Dala

  • Kamis, 25 Agu 2022 19:35

    Momen Jokowi Sambut Kelahiran Cucu Kelima di Rumah Sakit

    Suasana bahagia menyelimuti keluarga Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana menyambut kelahiran cucu kelima yang lahir di RS Pondok Indah, Jakarta, Kamis (25/8/2022).Presiden Jokowi dan Ibu Ne

  • Minggu, 21 Agu 2022 13:41

    Hungry Ghost Festival di Vihara Thai Seng Hutco, Wong Chun Sen: Dengan berbagi, rezeki kita lancar musibah pun jauh

    Dalam rangka memperingati Hungry Ghost Festival (Ulambana), pengurus Vihara Thai Seng Hutco bersama Yasayan Cakrawala Luhur Indonesia (YCLI) kembali melaksanakan kegiatan bakti sosial, dengan membagik

  • Rabu, 10 Agu 2022 23:00

    Tingkatkan Kualitas Hasil UP2K, TP PKK Kota Medan Kunjungi Tangsel

    Sebagai wujud dukungan pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK di Kota Medan, Tim Penggerak PKK Kota Medan yang dipimpin Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution selaku ketua melaku

  • Senin, 08 Agu 2022 03:08

    Edy Rahmayadi, UAS dan Ribuan Pengunjung Kompak Nyanyikan Lagu “Seribu Mujahid”

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Ustaz Abdul Somad (UAS), serta ribuan pengunjung acara Muslim On Duty Fest 2022, serentak menyanyikan lagu “Seribu Mujahid”, sehingga lant

  • Sabtu, 06 Agu 2022 08:06

    Wali Kota Medan: Jangan jadikan anak bahan uji coba

    Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Medan Tahun 2022 di Taman Cadika Medan berlangsung penuh semarak dan meriah, Jumat (5/8/2022). Didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu, Wali Kot

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak