Rabu, 01 Des 2021 22:33
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Bobby Nasution Pantau terus Perkembangan Kondisi Bayi penderita Astresia Billier

Dokter Fokus Tingkatkan Keadaan Umumnya

Bobby Nasution Pantau terus Perkembangan Kondisi Bayi penderita Astresia Billier

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Kamis, 14 Okt 2021 14:24
Istimewa
Kesehatan merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution. Oleh karenanya begitu mendengar ada warganya yang menderita sakit dan butuh bantuan segera, Bobby Nasution langsung gerak cepat (Gercep) memberikan bantuan. 

Selain itu Bobby Nasution juga memberikan perhatian besar terhadap bayi perempuan berusia tujuh bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah yang menderita Astresia Bilier.

Saat ini berkat respon cepat Bobby Nasution dalam memberikan pelayanan kesehatan maksimal bayi penderita Astresia Billier yang merupakan anak dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), warga Jalan Medan Area Selatan, telah dibawa dan dirawat di RS Adam Malik pada tanggal (7/10) kemarin guna penanganan kesehatan lebih lanjut.

Bobby Nasution dan istri Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution juga telah menjenguk dan memberikan semangat pada kedua orang tua bayi penderita Astresia Billier.

Saat ini perkembangan kesehatan bayi terus dipantau oleh Tim Dokter dan Dinas Kesehatan Kota Medan berkolaborasi dengan pihak RS Adam Malik.

"Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan terus memantau perkembangan kesehatan bayi penderita Astresia Billier yang saat ini dirawat di RS Adam Malik," Kata Bobby Nasution baru- baru ini.

Dijelaskan Bobby Nasution, komunikasi terus dilakukan dengan tim dokter untuk kesembuhan bayi penderita Astresia Billier Aiyla Adisty Hidayah.

Berdasarkan keterangan tim dokter, penyakit Aiyla bisa ditangani dengan cara tranplantasi hati. Namun, itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Kata tim dokter penanganan Bayi penderita Astresia Billier harus dilakukan transplantasi hati. Ini bukan hanya soal biaya, kalau biaya ada, namun pendonor untuk ditransplantasikan harus dicari dulu," jelas Bobby Nasution.

Bobby Nasution menambahkan untuk transplantasi hati tidak bisa sembarangan. Selain mencari pendonor hati, hal lain adalah harus mendapatkan persetujuan kedua orang tua bayi.

"Orang tua belum memutuskan, kemarin kita sudah diskusi sama orang tua dan dokter. kami masih menunggu," Ujar Bobby Nasution.

Sementara itu Plt Kadis Kesehatan dr Mardohar Tambunan, menjelaskan saat ini Bayi penderita Astresia Billier terus ditangani. Para dokter masih terus meningkatkan keadaan umumnya, sebab saat dibawa ke RS Adam Malik keadaan umumnya tidak bagus kemarin. Artinya keadaan umum ini standarnya baik itu gizi dan nutrisinya.

"Astresia Billier yang diderita bayi Ini merupakan penyakit bawaan lahir, sehingga ada organ tubuh yang tidak ada di dalam tubuh penderita. Oleh karenanya kita fokus agar organ yang ada berfungsi dengan baik, sehingga keadaan umumnya juga akan membaik," kata Plt Kadis Kesehatan.

Dr Mardohar Tambunan menambahkan, jika mau dilakukan tindakan besar atau operasi, harus hasil pertimbangan dokter spesialis dan persetujuan orang tua. Sebab Astresia Billier ini termasuk penyakit yang jarang. 

Artinya kalau mau dilakukan operasi ada ketentuannya. jika umur anak masih 2 bulan atau 3 bulan akan lebih mudah penanganannya, namun saat ini penderita sudah memasuki umur 7 bulan sehingga harus dilakukan Operasi baik itu transplantasi hati, membuat saluran atau memasukkan alat kesehatan ke dalam tubuhnya.

"Jika dilakukan transplantasi hati maka hal yang kita utamakan dahulu pendonor hati. Namun hal tersebut juga harus mendapatkan izin dari orang tua bayi. Kita tetap terus memantau perkembangan bayi penderita Astresia Billier tersebut," jelas Mardohar.
Editor: Budi

T#g:Astresia Billierbayi
Berita Terkait
  • Rabu, 01 Sep 2021 20:31

    8.078 dari 27.140 ibu hamil di Medan segera divaksin Covid-19

    Wali Kota Medan Bobby Nasution akan mempercepat program vaksinasi terhadap ibu hamil. Dari jumlah ibu hamil yang ada saat ini di Kota Medan, sebanyak 8.078 ibu hamil akan menerima suntikan vaksin. Den

  • Senin, 29 Mar 2021 22:29

    Ketum Dharma Pertiwi: Balita Merupakan Masa Yang Paling Menentukan Dalam Membangun Kualitas Manusia

    Masa balita merupakan masa yang paling menentukan dalam membangun kualitas manusia yang handal. Namun juga masa yang paling kritis ditinjau dari aspek pertumbuhan dan perkembangannya.Hal tersebut dika

  • Jumat, 22 Jan 2021 20:12

    Gubsu Edy Rahmayadi Jenguk Bayi Adam dan Aris Pascaoperasi Pemisahan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kembali menjenguk bayi kembar siam Adam dan Aris asal Labuhanbatu, di RSUP H Adam Malik, Jumat (22/1). Setelah menjalani operasi 10 jam pemisahan perut da

  • Sabtu, 07 Nov 2020 08:57

    Warga Geger, Bayi Laki Laki Diletakkan di Teras Rumah Winarti

    Sosok bayi laki laki sedang menangis ditemukan Winarti (35) di depan rumahnya, di Linkungan I Gang Bersama, Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Jum'at, (6/11/2020)

  • Minggu, 09 Agu 2020 21:39

    Mobil Mewah Pecah Ban Di Jalan Tol Kualanamu- Tebingtinggi, Seorang Bayi Tewas

    Insiden kecelakaan tunggal mobil Toyota Fortuner Nopol BK-25-N terjadi Jalan Tol Medan - Teluk Mengkudu Km. 67.200 tepatnya di Kec. Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (8/8/2020) sekira pu

  • Jumat, 22 Mei 2020 12:52

    Satgas Pamtas Yonif 411 Kostrad Bantu Puskesmas Sota Gelar Posyandu

    Sebagai wujud kepedulian terhadap pertumbuhan balita, Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad turut membantu Puskesmas Sota melaksanakan kegiatan Posyandu bulanan dan layanan kesehatan bagi

  • Minggu, 10 Mei 2020 12:30

    Warga Padang Bulan temukan bayi laki-laki di teras rumah

    Seorang bayi laki-laki ditemukan di teras rumah warga medan dini hari tadi, Minggu, 10 Mei 2020. Saat ditemukan, bayi tersebut dalam keadaan hidup.

  • Senin, 27 Apr 2020 13:17

    Di Tengah Wabah Corona, Personel Yonif 411 Kostrad Bantu Persalinan Warga Papua di Bivak

    Di tengah meluasnya penyebaran Virus Corona atau Covid-19 termasuk di wilayah Papua, personel kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad membantu persalinan Ibu Apolina Maywa (24 th) warga RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota.

  • Kamis, 23 Apr 2020 01:23

    Puskesmas Sota Bersama Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Posyandu di Pedalaman Papua

    Puskesmas Sota bersama Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad melaksanakan kegiatan Posyandu dan layanan kesehatan bagi warga Perbatasan RI-PNG di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kab. Merauke, Provinsi Papua, Rabu (22/4/2020).

  • Jumat, 20 Mar 2020 23:00

    Bayi ini ditemukan terbuang dalam kantong plastik di Tanjung Morawa

    Personel Polresta Deli Serdang mengamankan seorang bayi perempuan dalam kantong plastik dengan berat badan 2,7 kg dan panjang 49 cm.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak