Sabtu, 26 Nov 2022 19:49
  • Home
  • Sosial Budaya
  • DPW KSBN Sumut Dikukuhkan di Pasar Kamu, Hendardji Soepandji Apresiasi Ide Ijeck

DPW KSBN Sumut Dikukuhkan di Pasar Kamu, Hendardji Soepandji Apresiasi Ide Ijeck

Deliserdang (utamanews.com)
Oleh: Toso N.
Minggu, 21 Agu 2022 12:01
(DISKOMINFO SUMUT)
Pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah Komite Seni Budaya Nusantara (DPW KSBN) Sumut di Pasar Kamu (Pekan Sarapan Karya Anak Muda) Jalan Perintis, Dusun II, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, Sabtu (20/8).
Dewan Pimpinan Wilayah Komite Seni Budaya Nusantara (DPW KSBN) Sumatera Utara (Sumut) akhirnya dikukuhkan. Pengukuhan ini sangat menarik perhatian karena diadakan di Pasar Kamu (Pekan Sarapan Karya Anak Muda) Jalan Perintis, Dusun II, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, Sabtu (20/8).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KSBN Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji mengaku yang paling terkesan dengan pengukuhan pengurus KSBN Sumut, yang diadakan out door menyatu dengan masyarakat di Pasar Kamu.

“Saya memberi apresiasi yang sangat tinggi pada Pak Wagub dan seniman budayawan yang ada di Sumut ini. Kegitan di Pasar Kamu ini berbasis tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat itu sendiri. Bukan sesuatu yang tidak bisa dijangkau, tapi sesuatu yang bisa dijangkau oleh masyarakat. Itulah yang kita harapkan pula dari Pengurus KSBN Sumut yang hari ini dilantik,” katanya.
Budaya, lanjut Hendardji, adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia. Budaya bukan menara gading yang tak terjangkau oleh masyarakat. “Kehadiran Pasar Kamu di Sumut ini menunjukkan kalau budaya tumbuh berkembang bersama masyarakat dan telah terbukti berhasil menggerakkan ekonomi kerakyatan, mengurangi kesenjangan serta mampu menangkal semua pengaruh budaya luar,” ujarnya.

Ia pun berharap Pasar Kamu bisa dikembangkan di seluruh Kabupaten/Kota di Sumut dengan karakter budaya masing-masing. “Saya berharap 33 Kabupaten/Kota  bisa mempunyai lahan seperti ini untuk mengembangkan seni budaya nusantara sesuai nilai yang ada di daerah itu sendiri, karena setiap daerah beda-beda. Semoga ini nanti bisa memperkuat jati diri bangsa dan bisa menjadi contoh yang baik bagi Provinsi lainnya,” ujarnya.
Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck, mengaku sudah beberapa kali datang ke Pasar Kamu dan kagum dengan budaya yang berkembang di dalamnya. Jajanan tradisional dengan penjualnya yang juga memakai pakaian tradisional memberi kesan dan akhirnya memberi saran kepada panitia untuk melaksanakan pengukuhan Pengurus KSBN Sumut di Pasar Kamu.

“Kami ingin mendorong semua aspek bisa bangkit di Sumatera Utara ini. Mulai dari pariwisata, kebudayaan dan seni yang muara akhirnya untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Dengan hadirnya seniman, budayawan ini kita berharap juga menjadi promosi daerah, promosi Sumatera Utara sehingga orang tahu Sumatera Utara memiliki banyak khazanah seni budaya. Melalui KSBN inilah kami harap juga seni budaya di Sumatera Utara bisa terus berkembang,” katanya.
Ijeck juga memberikan ucapan selamat kepada Ketua KSBN Sumut Soekirman, Sekretaris Agus Marwan, Bendahara Martina Silaban dan pengurus lainnya yang baru dilantik.

Ketua Panitia Pelantikan KSBN Sumut Dt Adil Freddy Haberham menambahkan, Pengukuhan Pengurus KSBN Sumut di Pasar Kamu merupakan prakarsa Pembina DPW KSBN Sumut Musa Rajekshah.

“Awalnya, pengukuhan tidak dilakukan di tempat ini, namun atas prakarsa pembina DPW KSBN, Bapak Musa Rajekshah, karena ini berkaitan dengan budaya, jadi budayanya harus kental. Harus membumi, maka pelantikan dilaksanakan di sini,” ujar Dt Adil Freddy Haberham.

Hadir pula di pelantikan Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Wakil Bupati Deliserdang M Ali Yusuf Siregar, Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima, Wakil Ketua DPRD Deliserdang Tuanku Ahmad Tala’a, Pangeran Sergai Tengku Ahmad Syafei dan lainnya.
Editor: Herda

T#g:Hendardji SoepandjiKSBN SumutPantai LabuPasar Kamu
Berita Terkait
  • Selasa, 09 Agu 2022 18:09

    Nawal Lubis Temukan Keluarga Kurang Mampu Belum Masuk DTKS

    Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengunjungi dua anak nelayan di Desa Palu Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Selasa (9/8).Dua anak d

  • Jumat, 29 Jul 2022 12:09

    Gelar Kopikustik, KSBN Warnai Dunia Seni Budaya Kota Medan

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah apresiasi komitmen Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Sumut yang rutin menggelar pertunjukan seni budaya dengan beragam tema

  • Senin, 23 Mei 2022 07:23

    Musa Rajekshah Ceritakan Kisah Pembentukan KSBN Sumut

    Silaturahmi dengan Ketua DPP Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengisahkan terbentuknya KSBN Provi

  • Jumat, 01 Apr 2022 19:41

    UNDS Sosialisasikan Program Pendidikan S-1 Kepada Siswa SPNF PKBM Cendana

    Universitas Deli Sumatera (UNDS) adakan sosialisasi program menempuh jenjang pendidikan lanjutan ke universitas kepada puluhan siswa/siswi Lembaga Satuan Pendidikan Non Formal Pusat Kegiatan Belajar M

  • Senin, 21 Mar 2022 02:21

    Sarapan di Pasar Kamu, Ijeck: Wisatawan Lokal hingga Mancanegara Harus Cobain Sensasinya

    Usai melaksanakan Salat Subuh berjemaah di Masjid Nurul Ihsan Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyempatkan diri mengunjungi Pasar

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama