Sabtu, 24 Feb 2024 22:26

DWP Sumut Gelar Bakti Sosial Khitan Massal di Martubung

Medan (utamanews.com)

Oleh: Andri Hasyim

Rabu, 21 Jun 2023 08:41

(DISKOMINFO SUMUT)
Bakti sosial khitan massal bagi 100 anak kaum dhuafa di halaman Masjid Al Istiqomah Jalan Pancing Gang Manggis Lingkungan 4 Kelurahan Besar Medan Labuhan, Selasa (20/6).
Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Povinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan bakti sosial khitan massal bagi 100 anak kaum dhuafa di Halaman Masjid Al Istiqomah, Jalan Pancing, Gang Manggis, Kelurahan Besar Medan Labuhan, Selasa (20/6). Kegiatan sosial ini merupakan salah satu program kerja DWP Sumut, sekaligus bentuk aksi sosial pengurus dan anggota.

Kegiatan sosial, hasil kerja sama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan tersebut juga dalam rangka  memperingati HUT ke-31 RSU Haji Medan Tahun. "DWP ingin berbagi dan bersilaturrahmi kepada masyarakat tidak saja di Kota Medan, kita akan berbuat untuk kabupaten/kota se-Sumut," kata Ketua DWP Sumut Dian Arief S Trinugroho, dalam sambutannya.

Dian mengatakan, khitan sebagai salah satu ajaran agama Islam, selain itu melalui khitan terjaganya kesehatan jasmani dan rohani, serta salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya.

"Kita doakan anak-anak yang baru dikhitankan ini benar-benar menjadi anak yang sholeh, taat pada Allah. Berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi nusa dan bangsa,” harapnya.

Dampingi pengurus DWP Sumut, Dian juga menyerahkan tas dan peralatan sekolah serta bantuan tali asih kepada anak-anak yang selesai khitan.

Salah satu Tim Medis dari UPTD khusus RSU Haji Medan Rezar mengatakan khitan massal ini menggunakan metode modern menggunakan alat bernama electrocauter.

"Kita menggunakan metode electrocauter, kalau biasa kita dengar pakai laser, ini lebih baik karena tingkat pendarahan yang sedikit, anak bisa lebih cepat beraktifvtas dan butuh waktu 10 sampai 15 menit untuk satu orang anak," jelasnya.

Ketua BKM Masjid Al Istiqomah M Syafii mengucapkan terima kasih atas kepedulian DWP Sumut melaksanakan khitan massal  kepada anak kaum dhuafa, sehingga mereka paham pentingnya syariat khitan bagi kaum muslimin.

"Terima kasih kepada ibu-ibu DWP Sumut  yang telah mempercayakan kami sebagai tuan rumah, semoga kegiatan sosial ini bisa berlanjut dan kami siap bekerjasama," jelasnya.

Misnah, salah satu orangtua peserta khitan massal mengaku bersyukur dengan adanya bakti sosial ini karena dengan adanya kegiatan ini dapat membantu meringankan biaya dalam menunaikan syariat Islam bagi anaknya.
Editor: Herda

T#g:DWP SumutElectrocauterKaum DhuafaKhitan massalSunat massal
Berita Terkait
tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️