Rabu, 19 Jan 2022 08:52
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Diduga Dapat Tekanan Lurah Sirandorung Ganti Kepala Lingkungan Secara Sepihak Tanpa Menerbitkan Surat Pemberhentian

Diduga Dapat Tekanan Lurah Sirandorung Ganti Kepala Lingkungan Secara Sepihak Tanpa Menerbitkan Surat Pemberhentian

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Selasa, 12 Okt 2021 09:52
Istimewa
Kepala Kelurahan Sirandorung Muhammad Khamisdan Ritonga
Beberapa kepala lingkungan di kelurahan Sirandorung kecamatan Rantau Utara kabupaten Labuhanbatu telah diganti, diberhentikan secara sepihak oleh kepala kelurahan Sirandorung Muhammad Khamisdan Ritonga dengan mengangkat kepala lingkungan yang baru.

Adapun kepala lingkungan yang diberhentikan secara sepihak berdasarkan informasi yang dihimpun utamanews yakni kepala lingkungan Tahalak Simin (Talsim) dan kepala lingkungan Pasuruan Jaya.

Namun anehnya, dalam melakukan pergantian kepala lingkungan yang lama kepala kelurahan Sirandorung tidak menerbitkan surat pemberhentian secara tertulis, pemberhentian dimaksud hanya secara lisan saja, sementara itu SK kepala lingkungan yang lama masih dipegang oleh kepala lingkungan yang diberhentikan secara sepihak tersebut.

Sementara itu, untuk pengangkatan kepala lingkungan yang baru kepala kelurahan Sirandorung mengeluarkan surat keputusan kepala kelurahan Sirandorung kecamatan Rantau Utara kabupaten Labuhanbatu yang mana tertuang pengangkatan menjadi kepala lingkungan yang baru mengantikan kepala lingkungan yang lama.

Dalam hal ini, diduga kuat kepala kelurahan Sirandorung M. Khamisdan Ritonga dalam membuat kebijakan dikarenakan mendapat tekanan dalam proses pergantian kepala lingkungan yang ada diwilayah kerjanya.

Selain itu pergantian kepala lingkungan secara sepihak tersebut, diduga sarat oleh kepentingan politik pejabat yang berkuasa saat ini, yang mana tujuannya menempatkan orang-orang disekitarnya menduduki jabatan kepala lingkungan dugaan kuat untuk melakukan penggalangan dukungan suara kedepannya kepada masyarakat selaku pemegang hak suara dalam gelaran pemilihan kepala daerah yang akan yang dilaksanakan secara serentak di tahun 2024.

Dalam hal ini, kepala lingkungan adalah seseorang yang dipercaya untuk memimpin lingkungan yang dipilih oleh masyarakat setempat, yang selalu patuh dan taat menjalankan perintah atasan dalam hal ini, lurah selaku pemangku jabatan kepala kelurahan, jadi apapun yang diperintahkan atasan mereka akan kerjakan, dan kini akibat kepatuhan mereka terhadap atasan berdampak pada jabatan kepala lingkungan yang mereka dipegang.

Seyogianya, kepala kelurahan yang seharusnya dicopot dari jabatannya, bukan kepala lingkungan yang notabene orang yang selalu mendapat perintah, dan harusnya terhadap kepala lingkungan dilakukan pembinaan untuk dapat mendukung dan menjalankan visi dan misi kepala daerah untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat banyak.

Terkait hal pemberhentian kepala lingkungan secara sepihak tersebut, utamanews coba meminta konfirmasi kepala kelurahan Sirandorung M. Khamisdan Ritonga melalui panggilan whastappnya, Senin (11/10/2021) Sekira pukul 15:23 Wib.

Kepala kelurahan Sirandorung M Khamisdan Ritonga mengatakan untuk kepala lingkungan yang sudah diganti ada dua orang, dan tambahan dua lagi sudah diproses pergantianya.

"Kepala lingkungan tersebut diberhentikan, untuk reorganisasi dan penyegaran itu bisa saja bang," Ucap Khamisdan kepada utamanews.

Saat disinggung utamanews apakah kepala lingkungan yang ada dikelurahan Sirandorung akan diganti semua, Khamisdan menjelaskan kemungkinan akan diganti semua, "Mungkin-mungkin kesana arahnya bang," Tegasnya lagi.

Kembali disinggung utamanews lurah Sirandorung dapat tekanan dari siapa untuk pergantian kepala lingkungan, Khamisdan mengatakan, "Wuiih.!!! macamlah itu bang, ada yang ngapain itu tak bisa dibilang bang, Ujarnya tanpa menyebutkan nama seseorang yang memberikan tekanan terhadap dirinya.

Lanjut Khamisdan, "Statusnya pemberhentian, reorganisasi, penyegaran biasanya itu lurah, tidak ada istilah pemberhentian atau pemecatan mana ada kayak gitu, samanya itu statusnya, dan terkait pergantian kepala lingkungan tidak ada perdanya," Ungkap Khamisdan menutup komunikasinya.

Disisi lain terpisah salah seorang mantan kepala lingkungan yang sudah diberhentikan yang tidak ingin disebutkan namanya, saat dikonfirmasi utamanews membenarkan kalau ianya sudah diganti, diberhentikan tanpa surat pemberhentian melainkan hanya lisan saja.

"Kita tidak tahu kesalahan apa sehingga diberhentikan sepihak, padahal seingat saya, kita bekerja sesuai dengan aturan yang ada, bahkan sangat mematuhi perintah atasan, bekerja dengan sungguh-sungguh memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan ditingkat lingkungan," Ucapnya.

Sehubungan dengan pernyataan kepala kelurahan sirandorung yang mendapat tekanan dari seseorang, utamanews terus mendalami dengan melakukan investigasi mengungkap orang-orang yang diduga melakukan penekanan atas pergantian sepihak kepala lingkungan khususnya yang ada di kelurahan sirandorung serta mendalami informasi dugaan adanya pungli sebesar Rp15 juta (lima belas juta rupiah) untuk mendapat posisi jabatan sebagai kepala lingkungan.
Editor: Budi

T#g:KeplingLabuhanbatuLurahSirandorung
Berita Terkait
  • Selasa, 18 Jan 2022 11:38

    Jajaran Polres Labuhanbatu Amankan 16 Pelaku Narkoba Ini, 4 Orang Diantaranya Terlibat Jaringan

    Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, SIK melalui Kasubag Humas Kompol Murniati, SH menyampaikan bahwa di Periode Dua Pekan Tahun 2022 Jajaran Polres Labuhanbatu berhasil mengamankan 16 Pela

  • Selasa, 18 Jan 2022 03:38

    CV Sulong Jaya Belum Selesai Kerjakan Proyek Tahun 2021 Perkuatan Tebing Saluran Pembuangan Tahalak Simin

    Proyek pekerjaan fisik berupa perkuatan tebing saluran pembuangan tahalak simin yang berada di lingkungan Talsim kelurahan Sirandorung kecamatan Rantau Utara dengan nilai pagu sebesar Rp198,150,000,-

  • Jumat, 14 Jan 2022 19:44

    Patut Dicurigai, BPKAD Kabupaten Labuhanbatu Tutup Kran Komunikasi Terkait Informasi Pencairan Dana Proyek

    Kaban dan Staf Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Labuhanbatu diduga sengaja menutup kran komunikasi terkait informasi pencairan dana proyek bersumber dari APBD tahun 2021. Hal itu tentunya mengundang tanda tanya dan kecurigaan.

  • Jumat, 14 Jan 2022 13:14

    CV Sanjaya Kerjakan Proyek Rehabilitasi Titi Kembar Selesai Tidak Tepat Waktu

    CV Sanjaya, rekanan pengerjaan proyek rehabilitasi pelebaran jembatan titi kembar yang berada di jalan H. Idris Hasibuan Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.

  • Kamis, 13 Jan 2022 17:43

    Kukuhkan Tiga Bunda PAUD, Nawal: Harus Jadi Tokoh Utama Pendidikan

    Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis  mengharapkan seluruh Bunda PAUD di kabupaten/kota dapat berperan menjadi tokoh utama kemajuan pendidikan di dae

  • Selasa, 11 Jan 2022 22:41

    Warga Senang Bobby Nasution Copot Kepling Pungli Urus KK Rp1,7 Juta

    Berulang kali Wali Kota Medan Bobby Nasution mengingatkan bahwa tak boleh ada Pungutan Liar alias Pungli jika warga ingin mengurus administrasi kependudukan.

  • Rabu, 29 Des 2021 07:29

    Bebas Dari Penjara, Istri Muda Bandar Narkoba Man Batak Temui Sekda Labuhanbatu

    Istri muda bandar narkoba Firman Pasaribu alias Man Batak, Lidya Agustika (36) ASN Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu yang tersandung kasus narkotika sudah bebas se

  • Jumat, 24 Des 2021 22:04

    Momen HUT Ke 42, Dandim 0209/LB Dapat Suapan Nasi Tumpeng Dari Bupati Labuhanbatu

    Bupati Labuhanbatu dr.H. Erik Adtrada Ritonga, M.KM sambangi kediaman Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap pada Jum'at (24/12/2021).

  • Jumat, 24 Des 2021 21:54

    Sambut Hari Natal, Dandim 0209/LB Kirim Puluhan Parcel Kepada Anggotanya Yang Merayakan

    Selayaknya di hari besar keagamaan masing-masing kita mengambil hikmah dari perayaan hari besar sesuai agama yang kita anut, di hari natal tahun 2021 kali ini personel Kodim 0209/LB yang beragama Kris

  • Jumat, 24 Des 2021 17:04

    Nekad... Kapolres Labuhanbatu Geruduk Rumah Dinas Dandim 0209/LB

    Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, S.I.K, dipagi hari mengeruduk rumah dinas Dandim 0209/LB Letkol Inf. Asrul Kurniawan Harahap, S.E.,M.Tr (Han) di Jalan Meranti Kelurahan Padang Matinggi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak