Selasa, 06 Des 2022 03:11

Harapkan Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Kinerja Pemprov

Dinas Kominfo Sumut Sosialisasikan Aplikasi E-Sakip di Karo

Karo (utamanews.com)
Oleh: Joen
Jumat, 30 Sep 2022 20:30
Dinas Kominfo Sumut
Kepala Bidang Layanan E-Government Rismawati mewakili Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus menghadiri sosialisasi E-Sakip kepada OPD Pemprov Sumut di Hotel Sibayak Internasional, Karo, Jumat (30/9).
Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Utara (Sumut) terus menyosialisasikan aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah secara elektronik (E-Sakip), yang telah dibangun.

Dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

E-Sakip merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan proses perencanaan kinerja, penganggaran kinerja, keterkaitan kegiatan dalam pencapaian target kinerja, dan monitoring serta evaluasi pencapaian kinerja dan keuangan. Aplikasi tersebut yaitu memuat beberapa menu, antara lain, Renstra, Renja, Kinerja, dan Laporan.

“E-Sakip merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah,” kata Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Layanan E-Government Rismawati pada sosialisasi E-Sakip kepada OPD Pemprov Sumut di Hotel Sibayak Internasional, Karo, Jumat (30/9).
Diharapkannya, aplikasi ini dapat mewujudkan efektivitas dan efisiensi perencanaan pembangunan, penggunaan anggaran, penyederhanaan birokrasi, serta inovasi dalam bidang pelayanan publik di lingkup Pemprov Sumut. Aplikasi ini juga dapat memberikan manfaat untuk memperbaiki regulasi dan kebijakan,  serta mendorong pemerintah daerah dalam melakukan inovasi dalam mendesain program dan kegiatan.

E-Sakip juga dapat digunakan sebagai dasar dalam memberikan reward dan punishment terhadap kinerja instansi maupun individu di dalamnya. Namun manfaat tersebut baru bisa terlaksana jika ada komitmen yang kuat dari pimpinan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya mekanisme pertanggunjawaban kinerja, yang melibatkan seluruh unsur pejabat teknis dan pimpinan.
“Saran dan tindak lanjut pengelolaan aplikasi selanjutnya akan diserahkan kepada Biro Organisasi, perlu dibangun tata kelola oleh Biro Organisasi untuk menetapkan pengguna aplikasi, perlu pengembangan E-Sakip secara kontiniu berdasarkan review dan evaluasi yang dilakukan secara periodik,” kata Ilyas.

Analis Kebijakan Ahli Muda Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumut Ronny Iswandy yang menjadi narasumber sosialisasi tersebut mengatakan implementasi E-Sakip adalah salah satu aksi tahun 2022 Pemprov Sumut dalam hal peningkatan Sakip.

“Implementasi E-Sakip ini merupakan upaya Pemprov Sumut dalam mempercepat reformasi birokrasi,” kata Ronny.
Editor: Herda

T#g:Diskominfo SumutPemkab Karo
Berita Terkait
  • Selasa, 01 Nov 2022 14:31

    Dinas Kominfo Sumut Laksanakan Apel Pagi Sekaligus Lepas 3 PNS Purnabakti

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan apel pagi sekaligus melepas tiga pegawai negeri sipil (PNS) yang memasuki purnabakti di halaman Kantor Diskominfo Sumut, Jalan HM Said Nomor 41 Medan, Senin (31/10).

  • Kamis, 27 Okt 2022 18:37

    Cegah Kebocoran Data, Dinas Kominfo Sumut Gelar Bimtek Keamanan Siber

    Ancaman peretasan terus meningkat, seiring dengan peningkatan jumlah pengguna internet maupun gawai. Hingga April 2022, jumlah kasus serangan siber yang notabene menyasar data dan informasi di Indonesia mencapai 100 juta kasus.

  • Rabu, 06 Jul 2022 09:06

    Diskominfo Sumut Dorong Pemberdayaan KIM Labura

    Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sangat penting untuk mendayagunakan informasi agar dapat memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat. Karenanya, Dinas Komunikasi dan Informatika (

  • Kamis, 30 Jun 2022 16:00

    Diskominfo Sumut Harapkan Rangkaian HPN 2023 Dilaksanakan Tersebar di Kabupaten/Kota

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan pelaksanaan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tersebar di kabupaten/kota yang ada di Sumut. Langkah ter

  • Sabtu, 30 Apr 2022 06:40

    Serahkan Mobil Jenazah dan Salurkan Zakat Mal, Ijeck Bantu Pemkab Majukan Karo

    Musa Rajekshah meminta seluruh masyarakat untuk bisa ikut berkontribusi dalam memajukan dan membangkitkan ekonomi Kabupaten Karo.  Apalagi, Karo saat ini terus berbenah setelah erupsi dan pandemi

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama