Sabtu, 01 Okt 2022 00:01

Edy Rahmayadi Bermain dan Bergembira Bersama Ratusan Anak-anak

Medan (utamanews.com)
Oleh: Salman
Kamis, 11 Agu 2022 15:31
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 tingkat Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Jabatan Gubernur Sumut, Jalan Sudirman, Medan, Kamis (11/8/2022).
Memperingati Hari Anak Nasional 2022, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis kembali bermain dan bergembira bersama ratusan anak-anak dari Kota Medan dan sekitarnya. Edy Rahmayadi pun meminta para Bupati/Walikota untuk tetap memperhatikan dan memehuni hak anak.
Menurut Edy Rahmayadi, anak merupakan generasi penerus yang harus dilindungi. “Kabupaten/kota, tak akan pernah masuk surga kalau kita tidak menyayangi anak ini, mereka inilah masa depan kita, tanpa mereka negara ini tidak akan pernah ada kader pengganti,” kata Edy Rahmayadi, kepada bupati dan walikota yang hadir pada Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Kamis (11/8).

Memenuhi hak anak juga harus dengan niat yang tulus, jangan dengan niat kepentingan pribadi. “Tak akan bebas bermain dan belajar kalau kita tidak menyayangi mereka (anak-anak), Demi Allah, Demi Tuhan ini kita lakukan bukan untuk mendapat piala, bukan karena kita ingin menjadi bupati dan walikota, agar jadi gubernur, tidak begitu,” kata Edy.

Edy juga menyayangkan masih ada orang tua yang berlaku kasar kepada anaknya. Ia menyontohkan di Belanda, apabila orangtua berlaku kasar kepada anaknya maka si orangtua akan langsung berurusan dengan aparat hukum.

“Inilah anak-anak ini, harus kita sayangi, walaupun bukan anakku, keturunanku, saya wajib menyayanginya,” kata Edy.

Edy juga mengenang dirinya saat bertugas di TNI. Lantaran kasihan dengan anak-anak, Edy pernah menarik pasukannya dalam suatu operasi. “Perang itu, yang sengsara itu anak-anak, begitu dia menagis, gemetar, tengkurap anak itu, saya kalau sudah melihat itu saya tarik pasukan saya, anak kecil ini perlu perlindungan kita,” kata Edy.

Baru-baru ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga menerima penghargaan Anugerah KPAI 2022 lantaran menunjukkan komitmennya dalam perlindungan anak. “Salah satu item Sumut Bermartabat adalah menyayangi anak anak, kenapa menyayangi anak-anak, karena Sumut berada ada di pundak mereka,” kata Edy.

Peringatan Hari Anak Nasional kali ini sengaja dikemas dengan suasana yang menggembirakan. Ratusan balon dan bendera berwarna-warni menghiasi setiap sisi dan sudur ruangan, tempat berlangsungnya acara. Serta bentangan karpet serba merah, semakin menambah suasana gembira dan membuat anak-anak nyaman bermain bersama.

Kompak mengenakan kaos putih lengan panjang, Edy Rahmayadi dan Nawal Lubis pun menari dan bernyanyi bersama anak-anak yang juga mengenakan kaos yang sama. Keduanya tampak menikmati momen-momen itu bersama anak-anak dan para pejabat yang ikut membaur.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan kepada 21 kabupaten/kota yang layak anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dimulai dari kabupaten/kota layak anak Kategori Pratama antara lain Tapanuli Selatan, Labuhanbatu, Mandailing Natal, Karo, Langkat, Asahan, Batubara, Samosir, Pakpak Bharat, Padang Lawas, Padangsidimpuan, Tanjungbalai, dan Gunungsitoli.

Untuk Kategori Madya di antaranya Deliserdang, Serdangbedagai, Dairi, Labuhanbatu Utara, Medan, Binjai, dan Sibolga. Sementara itu untuk kategori Nindya satu satunya diraih oleh Kota Tebingtinggi.

Sementara itu, Sasya asal Binjai, anak yang hadir pada kesempatan tersebut mengharapkan pemerintah agar memperhatikan fasilitas umum yang digunakan oleh anak. Ia menyontohkan kawasan merokok yang mesti diperjelas untuk para perokok di tempat umum. Ia tidak mau anak-anak menjadi perokok pasif lantaran menghirup asap rokok di kawasan umum.

Anak lainnya, Pia yang juga berasal dari Binjai mengharapkan pemerintah juga mau mendengar dan merealisasikan aspirasi dari anak. Sebab banyak keinginan anak yang perlu direalisasikan. Selain itu, ada persoalan khusus yang menurutnya campur tangan pemerintah.

“Sekarang masih banyak masyarakat yang tidak mengerti pernikahan dini itu tidak boleh, nah pemerintah harus memberi edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat tentang ini,” kata Pia.
Editor: Herda

T#g:anak
Berita Terkait
  • Kamis, 29 Sep 2022 21:59

    Kapolda Sumut Beri Perhatian Khusus Kepada AF, Anak Korban Kekerasan

    Seorang anak berinisial AF (4) yang diduga menjadi korban kekerasan oleh pamannya berinisial JS (33) dan bibinya M (24) mendapat kejutan dengan kehadiran Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Sim

  • Minggu, 25 Sep 2022 11:05

    Cerianya Anak-Anak Papua Saat Personel Satgas Yonif 126/KC Ajak Bermain di Sungai

    Personel Satgas Yonif 126/KC Pos Yuruf menjalin keakraban dengan anak-anak Papua di perbatasan sambil bermain dan menikmati suasana aliran sungai di Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom.

  • Sabtu, 24 Sep 2022 18:24

    SPS Sumut Gelar Baca Koran Milenial di Tebingtinggi

    Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara menggelar kegiatan Indonesia Membaca lewat Kampanye Gerakan Baca Koran di Kota Tebingtinggi, Sabtu (24/9/2022), bertempat di SMP Negeri 1 Jalan Sutomo.

  • Rabu, 21 Sep 2022 15:41

    Pj Wali Kota Terima Audiensi Pelajar SMAN 4 Tebing Tinggi Peraih Juara 3 Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Nasional

    Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP terima audensi peraih juara 3 pada pemilihan pelajar pelopor keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) tingkat nasional tahun 2022, Rabu (21/9/2022) di Rumah Dinas Wali Kota.

  • Rabu, 21 Sep 2022 10:01

    Peduli masa depan Papua yang lebih baik, Satgas Yonif 126/KC berikan pendidikan karakter sejak dini

    Satgas Yonif 126/KC Pos Batom dipimpin Danpos Letda Inf Hendrik Capah mengajarkan pendidikan karakter kepada anak-anak SD N Inpres Batom, Distrik Batom Kab. Pegunungan Bintang.

  • Selasa, 20 Sep 2022 17:50

    Pemko Medan Ajukan Ranperda Penyelenggaraan Perlindungan Anak

    Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan Nota Pengantar Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak kepada DPRD Kota Medan, Selasa (20/9/2022).

  • Selasa, 20 Sep 2022 09:30

    Edy Rahmayadi Perintahkan OPD Tangani dan Dampingi Korban Kekerasan Seksual

    Kasus kekerasan seksual terhadap anak di Sumatera Utara (Sumut) yang sedang viral saat ini menjadi atensi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

  • Selasa, 20 Sep 2022 08:30

    Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bersama Siswa SMP Gotong Royong Buka Lahan Tidur

    Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ bersama dengan Siswa SMPS Yakpesmi Eklesia Yaberma melaksanakan gotong royong buka lahan tidur, bertempat di areal sekolah di Kampung Honita, Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan Tengah, Senin (19/09/20

  • Senin, 19 Sep 2022 13:49

    Anak SD Kelas VI tewas diduga akibat terpeleset di kolam renang Qitaro Park

    ZK (11) Seorang bocah yang masih duduk di bangku Kelas VI SD, tewas saat mandi di kolam renang Qitaro Park, yang beralamat di Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Minggu (18/9) sekira pukul 13.30 Wib.

  • Senin, 19 Sep 2022 13:19

    Satgas Yonarmed 1 Kostrad Latih Taekwondo Siswa SMAN Biloro

    Dalam rangka membentuk mental kepribadian generasi muda yang tangguh, Satgas Yonarmed 1 Kostrad menagajari seni bela diri taekwondo siswa SMAN Biloro, Kepala Medan, Kab. Buru Selatan, Maluku, Minggu (18/9/2022).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak