Jumat, 30 Sep 2022 22:20
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Enaknya jadi guru sekolah negeri di Binjai! 3 bulan bolos mengajar, gaji tetap lancar

Enaknya jadi guru sekolah negeri di Binjai! 3 bulan bolos mengajar, gaji tetap lancar

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Selasa, 20 Sep 2022 12:10
Istimewa
SMP Negeri 5 Binjai
Meski Pemerintah sudah memberikan perhatian lebih kepada para guru, namun masih ada saja oknum guru yang tidak disiplin menjalankan tugasnya.

Seperti empat guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kota Binjai yang berada di Kelurahan Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat. Sejak sekitar 3 bulan lalu, para oknum guru tersebut dikabarkan bolos atau tidak masuk mengajar.
Sikap guru yang makan gaji buta ini membuat sejumlah wali murid menjadi kecewa. Pasalnya, anak anak mereka tidak dapat pembelajaran meski pergi ke Sekolah. Bahkan disaat tidak ada guru yang mengajar, para murid pun terlantar dan disebutkan dipulangkan pihak Sekolah.

Kondisi ini tentu tidak sehat dalam proses belajar mengajar. Meski sudah berlangsung cukup lama, tetapi tidak ada tindakan terhadap para oknum guru tersebut dari pihak Sekolah maupun Dinas Pendidikan Binjai.

Informasi yang diperoleh, Selasa (20/9), ke-empat oknum tersebut masing masing berinisial E selaku guru IPS, S guru PPKn, D guru agama, F guru olahraga.

Plt. Kepala SMPN 5, Rahimin, didamping guru PKS, B Simamora, tidak menepis adanya guru mereka yang tidak masuk mengajar. "Ke-empatnya memang tidak masuk, tapi belum sampai tiga bulan," ucap B Simamora.
Dijelaskannya, untuk guru E, saat ini sedang menjalani program hamil di Kota Batam. "Suaminya tinggal di sana. Karena lama tidak punya keturunan, guru E dan keluarganya sepakat untuk program hamil ikut suaminya ke Batam," beber B Simamora.

Agar proses belajar mengajar berjalan, lanjut B Simamora, pihak Sekolah sudah meminta guru E mencari pengganti dan dibayar oleh bersangkutan.

"Guru pengganti sudah masuk. Guru pengganti sebenarnya tidak dibenarkan. Tapi inisiatif kami saja agar tidak terjadi kekosongan," tambah B Simamora dan dibenarkan oleh Plt Kasek.

Dikatakannya, terkait guru S, diakui sedang sakit dan tidak dapat masuk secara rutin. Sedangkan guru D, selalu mengaku sibuk sebagai pengurus pesantren. Sementara guru F, beralasan ada masalah keluarga.
"Kami sebenarnya sudah capek mengingatkan guru guru ini. Apalagi guru D, sudah berulang kali, tapi tidak juga ada tanggapan. Hal ini sudah kami sampaikan ke dinas, tapi masih secara lisan," cetusnya.

Disoal guru pengawas yang jarang monitoring, Plt. Kasek dan B Simamora tidak memberikan jawaban yang jelas. Keduanya hanya mengaku, guru pengawas beberapa kali turun ke Sekolah mereka. "Ada juga turun ke sini," timpal Rahimin.

Diketahui, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin PNS, Pasal 15 menyatakan, PNS yang tidak masuk kerja dan tidak mentaati ketentuan jam kerja tanpa alasan yang sah secara terus menerus selama 10 hari kerja, maka diberhentikan pembayaran gajinya sejak bulan berikutnya.

Namun, keempat guru ASN dan tiga diantaranya sudah bersertifikasi itu, masih menikmati uang negara meski bolos mengajar yang diyakini lebih dari 10 hari kerja.
Editor: Herda

T#g:ASN Binjaiguru SMPGuru sekolahSMP Binjai
Berita Terkait
  • Selasa, 20 Sep 2022 14:50

    Soal 4 Guru Bolos Mengajar, Kadis Pendidikan Tunggu Laporan dari Kepala Sekolah

    Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai, Sofyan Saputra Siregar, berjanji akan menindaklanjuti terkait adanya oknum guru Sekolah yang sudah sekitar 3 bulan dikabarkan bolos atau tidak masuk mengajar.

  • Senin, 19 Sep 2022 22:09

    Heboh Foto Syur Diduga Mirip Oknum Guru SMP Negeri Tapteng

    Foto syur diduga mirip oknum guru SMP Negeri di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), beredar di media sosial Facebook dan menjadi bahan pembicaraan netizen di Sibolga - Tapteng.

  • Rabu, 07 Sep 2022 16:07

    Berdalih Sudah Mendapat Ijin Dari Kasubbag Umum, Oknum Honorer BPKPAD Binjai Disinyalir Lakukan Pungli

    Dugaan adanya kutipan atau pungutan liar (pungli) kepada para tenaga honorer muncul di beberapa Instansi yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai. Salah seorang yang disebut sebut me

  • Senin, 25 Apr 2022 13:45

    Pimpin Apel Gabungan, Walikota Binjai Serahkan SK PNS dan PPPK Hasil Kompetensi 2021

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, memimpin apel gabungan di lingkungan Pemko Binjai sekaligus penyerahan SK CPNS dan PPPK Hasil Kompetensi Tahap I Pemko Binjai Tahun Anggaran 2021, Senin (25/4)

  • Rabu, 11 Nov 2020 12:51

    Hadapi massa, Ketua Bawaslu Binjai: Demo ini terkesan dituggangi

    Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, Ari Nurwanto, mengatakan, ada 7 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah ditangani pihaknya dan laporannya diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (

  • Kamis, 17 Sep 2020 20:37

    Seorang Kabid di BPKPAD Kota Binjai Positif terpapar Covid-19

    Dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemerintah Kota Binjai, yang berdinas di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Binjai, yang beralamat di Jalan Jambi, Ke

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak