Sabtu, 26 Nov 2022 19:42
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Hadiri Dies Natalis GMKI ke 72 Tahun, Puan Maharani: Pancasila Itu Bintang Penjuru Bangsa

Hadiri Dies Natalis GMKI ke 72 Tahun, Puan Maharani: Pancasila Itu Bintang Penjuru Bangsa

Manado (utamanews.com)
Oleh: Mario Abdillah
Rabu, 09 Feb 2022 18:09
Istimewa
Puan Maharani selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI).
Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) gelar Seminar Kebangsaan pada Dies Natalis yang ke 72 di Kota Manado, Rabu, 9 Februari 2022.

GMKI merupakan organisasi mahasiswa Kristen yang terbesar di Indonesia, lahir sejak tahun 1950 dan telah melahirkan banyak tokoh-tokoh di Negara Republik Indonesia seperti saat ini yang masih aktif dalam konteks nasional ada Bapak Yasonna Laoly, Bapak Daniel Yusmik Foek, Bapak Barita Simanjuntak, Bapak Bungaran Saragih, Bapak Enggartiasto Lukita, Bapak Maruarar Sirait dan lain sebagainya.

Pada rangkaian kegiatan dilaksanakan Seminar Kebangsaan yang mengangkat tema: Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mewujudkan Indonesia Tangguh dan Maju.

Dengan Narasumber: Prof. Dr. Hariyono (Wakil Ketua BPIP), Firman Jaya Daeli (Dewan Pembina Puspolkam Indonesia) Prof. Dr. Ir. Ellen Kumaat (Rektor Universitas Sam Ratulangi), Mayjen TNI Denny (Pangdam XIII/Merdeka) serta dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey dan Ibu Puan Maharani selaku Ketua DPR RI.

Dalam kesempatan tersebut, Mayjen TNI Denny berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan, agar menjadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa, tidak ada yang boleh menggantikan Pancasila sebagai Ideologi negara.

Hal senada juga disampaikan oleh pembicara lainnya, seperti Bapak Firman Jaya Deli, Ibu Prof. Ellen, Bapak Prof. Hariyono, bahwa saat ini masih ada kelompok yang belum sepenuhnya menjadikan Pancasila sebagai Kebiasaan dalam berkehidupan sehari-hari, sehingga ini menjadi tugas kita bersama untuk menjaga dan menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita.

Dalam Sambutannya Ketua Umum GMKI, Jefri Gultom menyampaikan bahwa kita selaku anak-anak muda dan generasi penerus bangsa harus senantiasa update dengan perkembangan bangsa dan turut serta mengawal proses perjalanan bangsa, termasuk hal yang paling penting, menjaga persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa yang telah tertuang di dalam Pancasila atau Ideologi Negara kita.

Jefri Gultom mengharapkan melalui seminar kebangsaan ini dapat menjadi refleksi bersama sebagai peringatan Dies Natalis GMKI yang ke 72 tahun.

"Saya berharap seminar ini dapat menjadi refleksi kita bersama sebagai wujud 72 tahun kehadiran GMKI di Republik Indonesia", pungkas Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia tersebut.

Kemudian Seminar Kebangsaan yang digelar di Auditorium Universitas Sam Ratulangi, ditutup dengan orasi ilmiah yang dibawakan oleh Ibu Puan Maharani selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI).

"Terimakasih kepada adik-adik GMKI, saya dipersilahkan bicara disini, dan terimakasih kepada Pak Gubernur Sulawesi Utara yang turun mendampingi saya disini", tutur Puan Maharani.

Ketua DPR RI juga menegaskan Pancasila harus kita jadikan sebagai Bintang Penjuru yang mengarahkan perjalanan bangsa kita kedepan.

"Pancasila itu seperti Bintang Penjuru bagi perjalanan bangsa, sehingga kita semuanya harus menghidupi Pancasila, karena dengan begitu kita dapat melihat kebesaran bangsa Indonesia yang sampai saat ini semakin di hargai oleh negara-negara lain, karena kebesaran dan perkembangannya", terang Puan.

"Selamat Dies Natalis buat GMKI, saya senang dapat hadir disini dan semoga kader-kader GMKI terus semangat untuk membumikan Pancasila sebagai falsafah hidup dan teruslah menjadi garam dan terang bagi Indonesia”, tutup Puan.
Editor: Budi

T#g:Dies Natalis GMKIPuan Maharani
Berita Terkait
  • Rabu, 07 Sep 2022 17:07

    Organisasi Relawan RDP Deklarasi Dukung Puan Maharani Capres 2024

    Organisasi Relawan Rakyat Dukung Puan (RDP) mendeklarasikan Ketua DPR RI Dr. (HC) Puan Maharani sebagai Calon Presiden 2024. Kegiatan dilaksanakan dengan makan bersama dan berbagi kepada anak yatim se

  • Kamis, 01 Sep 2022 22:51

    Ketua DPR RI 'Mbak Puan' Kunjungi Tapanuli Utara

    DR (HC) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, SSos yang dikenal sebutan 'Mbak Puan', Ketua DPR RI 2019-2024 datang ke kabupaten Tapanuli Utara (Taput) provinsi Sumatera Utara. Bersama r

  • Rabu, 22 Jun 2022 18:22

    Bareng Puan, Jokowi Bertolak Menuju Kaltim Tinjau IKN Nusantara

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Jokowi meninjau kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga menghadiri Kongres Perhimpunan Mahasiswa Katolik

  • Minggu, 05 Jun 2022 19:45

    Duduk Diapit Jokowi dan Anies, Bukti Bahwa Puan dan PDIP Punya Peran Strategis

    Peristiwa menarik terjadi saat sejumlah tokoh nasional duduk bareng menyaksikan gelaran balapan Formula E 2022 Jakarta E-Prix dari Royal Box Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Sabtu

  • Sabtu, 04 Jun 2022 22:34

    Formula E buat Jokowi, Puan dan Anies Baswedan duduk bareng

    Balapan Formula E 2022 Jakarta E-Prix Sabtu (4/6) membuat Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua DPR Puan Maharani duduk bareng.Ketiganya menonton balapan mobil list

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama