Rabu, 29 Jun 2022 19:49
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Ijeck: Rakernas Punguan Silau Raja Awal yang Baik untuk Kemajuan Samosir

Ijeck: Rakernas Punguan Silau Raja Awal yang Baik untuk Kemajuan Samosir

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Selasa, 24 Mei 2022 06:24
(DISKOMINFO SUMUT)
Musa Rajekshah menerima kunjungan Punguan Silau Raja Indonesia Provinsi Sumut ke Rumah Dinas Jabatan Wagub, Jalan Teuku Daud, Medan, Senin (23/5).
Musa Rajekshah mengapresiasi  terbentuknya Punguan Silau Raja Indonesia Provinsi Sumut dan rencana Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Samosir pekan depan. Menurut Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), ini akan menjadi awal yang baik untuk memajukan Samosir sebagai tempat asal Silau Raja.

Hal ini disampaikan Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat menerima kunjungan Punguan Silau Raja Indonesia Provinsi Sumut ke Rumah Dinas Jabatan Wagub, Jalan Teuku Daud, Medan, Senin (23/5).

"Saya tertarik dengan beberapa hal yang dijelaskan, Samosir ternyata punya banyak budaya, adat istiadat, marga yang ternyata belum banyak diketahui orang. Ada juga situs kerajaan nenek moyang dari turunan Anak Siraja Batak, di antaranya Silau Raja yang berada di beberapa titik di Samosir," ujar Ijeck.

Dengan sejarah atau peninggalan Silau Raja ini, lanjut Ijeck, pembentukan Punguan Silau Raja  adalah awal yang baik untuk kemajuan Samosir khususnya di lokasi-lokasi situs peninggalan Silau Raja di antaranya di Pusuk Buhit, Sioma hingga Simanindo.

"Terbentuknya ini semoga menjadi awal yang baik, menjadi penyemangat bagi mungkin ada keturunan Silau Raja yang sudah berhasil di luar Samosir untuk ikut membangun kampungnya. Kami pemerintah pasti akan mendukung apalagi Samosir adalah bagian dari destinasi wisata prioritas Presiden," katanya.

Ijeck pun berjanji akan mengatur waktu untuk bisa datang langsung melihat potensi apa yang ada di Samosir khususnya situs-situs peninggalan Silau Raja.

"Rakernas ini saya izin tak dapat hadir karena acaranya sama dengan acara Junggle Trail Run Bukit Lawang, Insya Allah, nanti saya atur waktu kemari biar bisa melihat langsung dan nanti saya upayakan untuk menandatangani prasasti peresmian Gapurna Hutan Wisata Ompu Silauraja Namartua Sioma Samosir," ujar Ijeck.

Hadir dalam pertemuan itu, Ketua Steering Comite Joni W Manik, Sekretaris SC Gidion Manik, Ketua PC Julonggo Gurning, Sekretaris DPD Pungguan Silau Raja Sumut Joan B Damanik, Bendahara DPD Pungguan Silau Raja Sumut Albert Manik, Humas DPP Rai Gurning, Humas DPP Syarifal Nur dan Sekretaris BPKAD Sumut Juliandi Z Harahap serta Kabid Seni Budaya Sumut Elidawati.

Joan B Damanik dalam kesempatan itu menyampaikan, Rakernas dilaksanakan di Parbaba, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, 26-29 Mei 2021 diikuti 120 peserta.

"Dalam acara nanti selain Raker kita juga akan melakukan penandatanganan prasasti peresmian Gapurna Hutan wisata Ompu Silauraja Namartua Sioma Samosir dan Napak Tilas ke lokasi cagar budaya milik Silauraja di Pusuk Buhit, Sioma dan berakhir di Simanindo," ujarnya.

Lanjutnya, penandatanganan prasasti Kawasan Hutan di Sioma adalah sebagai tanda Punguan Silau Raja akan menjaga dan melestarikannya.

"Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kehutanan telah menyerahkan hutan seluas 327 ha yang akan diprogramkan sebagai hutan wisata baru di Samosir. Kita ingin melestarikan dan menjaga situs peninggalan yang ada di hutan ini bersama pemerintah. Hutan wisata Silau Raja di Sioma akan  jadi ikon pariwisata dan sarana pembangunan ekonomi masyarakat dan Pomparan Ompu Silauraja dengan membuat daerah tersebut sebagai tempat wisata budaya religi, dan lainnya," ujarnya.

Punguan Silau Raja adalah perkumpulan dari keturunan Silau Raja marga Malau, Manik, Ambarita dan Gurning. Perkumpulan ini pun punya motto Si Sada Lulu Anak Si Sada Lulu Boru.
Editor: Herda

T#g:SamosirSilau Raja
Berita Terkait
  • Sabtu, 18 Jun 2022 15:18

    Rencana Rangkaian Ibadah Pemakaman WTP Simarmata Di Samosir

    Prosesi nantinya akan dipimpin 5 Unsur Pimpinan HKBP (Huria Kristen Batak Protestan), dimana Kelima pucuk pimpinan HKBP itu terdiri dari Ephorus HKBP Pdt.Dr. Robinson Butarbutar, Sekjen HKBP Pdt.DR. V

  • Senin, 16 Mei 2022 12:16

    Kunjungi Huta Siallagan, Kabaharkam Polri: Warisan budaya yang menarik magnet wisatawan

    Usai mengunjungi Kampung Ulos Hutaraja, Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto berangkat menuju destinasi wisata Huta Siallagan, Sabtu (14/05/2022).Sesampainya disana, Kabaharkam Polri didampin

  • Sabtu, 14 Mei 2022 23:04

    Kunjungi Kampung Ulos Hutaraja, Kabaharkam Polri: Kita Jaga Warisan Budaya

    Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto mengunjungi Destinasi wisata Kampung Ulos Hutaraja di Kab. Samosir, Sabtu (14/05/2022).Kabaharkam Polri turut didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca

  • Selasa, 10 Mei 2022 08:10

    Kunjungi Objek Wisata Samosir, Irwasum Polri: Terimakasih Masyarakat Patuhi Prokes

    Walaupun libur lebaran Idul Fitri 1443 H telah usai tetapi masyarakat masih memadati lokasi objek wisata yang berada di Kabupaten Samosir.

  • Sabtu, 23 Apr 2022 07:23

    DPW Persatuan Batak Islam Sumut Safari Dakwah di Kabupaten Samosir

    Safari dakwah DPW Persatuan Batak Islam (PBI) Sumatera Utata, terus berlanjut ke Kabupaten Samosir, Jumat 22 April 2022.Tim safari DPW PBI Sumut tersebut dipimpin langsung oleh ketua umumnya, H. Bahar

  • Rabu, 23 Feb 2022 09:53

    AKBP Josua Tampubolon Raih Penghargaan dari Lembaga Kajian Kepolisian Indonesia (LEMKAPI)

    Lembaga Kajian Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) memberikan Penghargaan Presisi Award atas Prestasi Capaian Vaksinasi tertinggi di Sumut kepada Polres Samosir yang diterima Kapolres Samosir AKBP Josua Ta

  • Kamis, 03 Feb 2022 00:13

    Kunjungan Kerja di Sumut, 2 Objek Wisata Ikonik di Samosir ini Jadi Perhatian Jokowi

    Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Sumut, Rabu (2/2). Salah satu yang menjadi perhatian Presiden RI ini adalah penataan dua objek wisata di Pulau Samosir.

  • Sabtu, 15 Jan 2022 10:15

    Sempat kalah pra peradilan, Jaksa kembali tetapkan Sekda Samosir dkk jadi tersangka

    Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajati Sumut) IBN Wiswantanu melalui Kasi Penkum Yos A Tarigan membenarkan adanya penetapan tersangka dalam kasus penanggulangan bencana terkait penanganan Covid-19 tahun 2020 di Samosir.

  • Kamis, 13 Jan 2022 17:43

    Kukuhkan Tiga Bunda PAUD, Nawal: Harus Jadi Tokoh Utama Pendidikan

    Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis  mengharapkan seluruh Bunda PAUD di kabupaten/kota dapat berperan menjadi tokoh utama kemajuan pendidikan di dae

  • Rabu, 29 Des 2021 20:59

    Di Samosir, Kapolda Sumut & Pangdam I/BB Tinjau Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak 6-11 Tahun

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin S.I.P., MM mengecek pelaksanaan vaksinasi covid-19 pada anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Samosir,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak