Rabu, 19 Jan 2022 08:32

Terkait Pelatihan dan Workshop bagi PPAT Notaris, Advokat, Praktisi Bank dan Konsultan,

Iqtishad dan MAMTA Ketemu Sekjen Dirjen SPPR MEN ATR BPN RI

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Boraspati
Jumat, 14 Jan 2022 15:04
Istimewa
Diskusi bersama
Terkait akan dilaksanakannya kegiatan pelatihan dan workshop nasional notaris dan PPAT dalam rangka pemenuhan pengetahuan Pemetaan dan pengukuran tanah secara digital untuk mengetahui secara digital untuk mengetahui secara akurat status tanah, status kepemilikan, dan ukurannya, pihak Iqtishad dan Masyarakat Anti Mafia Tanah (Mamta) melakukan diskusi bersama dengan Sekjen Dirjen Survey & Pemetaan Pertanahan & Ruang (SPPR Men ATR BPN RI), di Kuningan Jakarta, pada hari Jum'at 14 Januari 2022.  

Tampak diskusi itu sangat berirama setelah Donni, selaku Sekjen dirjen SPPR Men ATR BPN RI mengungkapkan kesediaan pihaknya untuk hadir pada acara yang akan dilaksanakan oleh Iqtishad dan Mamta tersebut.  

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh masyarakat dan Notaris PPAT untuk mengetahui status tanah dan kepemilikan tanah.  

Dalam pertemuan itu juga Doni menyebutkan Notaris dan PPAT akan bisa masuk ke aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh Kementerian ATR dan BPN RI termasuk para Surveyor berlisensi sebagaimana dimaksud sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Surveyor berlisensi.

Pertemuan itu dilaksanakan dimulai pada pukul 9:30 wib, di ruang kantor Sekjen Dirjen SPPR Men ATR BPN RI. 

Turut hadir dalam kegiatan diskusi itu Darwin Marpaung Selaku Dewan Pengawas Masyarakat Anti Mafia Tanah Indonesia dan Presiden Direktur Iqtishad Profesor Dr. Agustianto Mingka, dan Irwanto selaku Direktur Operasional Masyarakat Anti Mafia Tanah.

Disebutkan Darwin bahwa Acara yang akan kita gelar ini nantinya bertujuan untuk mendeteksi dini status tanah agar tidak terjadinya tumpang tindih legalitas kepemilikan tanah penerbitan sertifikat SHM dan HGB juga HGU.

"Diharapkan hasil acara ini kepada peserta nantinya akan mampu memploting lokasi tanah dengan digital. Karena peserta akan dibekali secara praktis ilmu dan kompetensi yang sangat penting dalam menjalankan tugas dan wewenangnya masing-masing terutama Pejabat Pembuat Akta Tanah’’, tuturnya.

Sementara itu Prof. Dr. Agustianto Mingka selaku Presiden Direktur Consulting, Iqtishad dan juga Ketua Bidang (IAEI) Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia menyebutkan, "Kompetensi yang akan dimiliki Notaris-PPAT dan peserta dengan mengikuti Pelatihan & Workshop ini antara lain:

1. Kompetensi Pemetaan dan Pengukuran Tanah secara digital dengan hasil cepat dan akurat

2. Kompetensi mengetahui dgn cepat status fungsi tanah berdasarkan kawasan hutan melalui aplikasi digital 

3. Peserta bisa menyesuaikan data tanah dari aplikasi dgn data BPN dalam pengecekan ke BPN tentang status tanah

4. Peserta mengetahui tentang tatacara membaca angka kordinat tanah secara digital.

5. Notaris - PPAT bisa menggunakan dan memahami aplikasi GPS, & Floating GPS.

6. Notaris PPAT dapat memahami & mempraktikkan Tatacara Pengambilan Kordinat (Memetakan, Mengukur dan Mengetahui Statusnya)

"Selama ini notaris dan PPAT mendapatkan informasi tentang ukuran tanah dan statusnya dari Kementerian ATR-BPN serta berdasarkan informasi data dan pengakuan para pihak, padahal seharusnya Notaris PPAT bisa mengecek Kebanaran dan membuktikan secara digital apa yang disampaikan oleh BPN, dan para pihak yang menghadap kepadanya’’, ujarnya.

"Teknologi informasi digital telah menciptakan dan mewujudkan kemudahan informasi dan akses data pertanahan secara tepat, akurat dan cepat dengan biaya yang murah’’, paparnya.

Adapun Manfaat Mengikuti Acara ini:

1. Peserta, Notaris PPAT bisa langsung dengan cepat mengetahui status tanah, dan ukuran (luas tanah) secara akurat dengan aplikasi khusus sehingga dapat menghindari risiko mafia tanah dan risiko jeratan pidana maupun perdata.

2. Notaris PPAT bisa langsung mengecek status tanah secara digital sebelum melakukan pengecekan ke BPN.

3.Notaris PPAT langsung mengetahui dgn cepat status tanah apakah sudah punya HGU, HGB, SHM, belum bersertifikat, tanah negara, kawasan hutan, kawasan perkebunan, dsb.

Direncanakan sebagai narasumber dan pemberi Kata Sambutan pada acara yang akan dilaksanakan ialah dari IPPAT, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian ATR/BPN , Direktur Eksekutif Mamta, Notaris Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Trisakti. Sebagai Keynote Speech acara tersebut adalah Staf Khusus Menteri ATR BPN Bidang Teknologi dan Informasi dan juga direncanakan sambutan dari Ketua Umum PP IPPAT Dr Hapendi Harahap SH,MH.  

"Acara direncanakan akan digelar pada hari Sabtu 19 Februari 2022 pada pukul 09:30 s.d 15:00 WIB," pungkasnya.
Editor: Budi

T#g:PelatihanSekjen Dirjen SPPR MEN ATR BPN RISertifikatworkshop
Berita Terkait
  • Selasa, 18 Jan 2022 19:38

    Terima Sertifikat CSFA dari BPK, Kapolri Ingin Personel Polisi Miliki Kemampuan Auditor

    Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar audiensi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (18/1/2022).

  • Jumat, 14 Jan 2022 20:24

    Pertama di Indonesia Pelatihan Pemetaan dan Pengukuran Tanah Secara Digital

    Diketahui sebelumnya dari Presiden Direktur Iqtishad Profesor Dr. Agustianto Mingka akan melaksanakan kegiatan pelatihan dan workshop nasional notaris dan PPAT dalam rangka pemenuhan pengetahuan Pemet

  • Jumat, 31 Des 2021 22:01

    Perhatian MUI Sumut pada UMKM Diyakini Memberikan Efek Positif

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis menghadiri kegiatan Muhasabah Akhir Tahun dan Pameran UMKM

  • Sabtu, 27 Nov 2021 19:27

    Sidang lapangan sengketa Yayasan Budidaya, Tergugat akui keberadaan SHM No 305 Tahun 1990

    Perkara gugatan salah satu ahli waris pendiri Yayasan Perguruan Tinggi Budidaya terkait Perbuatan Melawan Hukum (PMH) penguasaan tanah, sebagaimana alas hak Sertifikat Hak Milik (SHM) No 305 Tahun 199

  • Kamis, 11 Nov 2021 11:11

    Kejaksaan Negeri Berhasil Selesaikan 5 dari 24 Masalah Sengketa Tanah Milik Pemko Binjai

    Di hadapan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Binjai M Husein Admaja SH MH, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Binjai Nur Khadijah Lubis, menyerahkan secara langsung sertifikat aset milik Pemer

  • Jumat, 01 Okt 2021 20:51

    Ketua KNPI Sesalkan Ketidakhadiran Kadisdik Sibolga

    Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sibolga, Zulpadli Alamsyah Gea, sangat menyesalkan atas ketidakhadiran Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga Masnot Hasibuan.Bahkan perwakilan pihak Dinas

  • Kamis, 23 Sep 2021 08:23

    Serahkan 1.000 Sertifikat Kepada Masyarakat, Bupati Sergai: Manfaatkan

    Sebanyak 1.000 sertifikat tanah dibagikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya kepada masyarakat. Penyerahan sertifikat tanah ini dilakukan secara simbolis kepada 25 masyarakat yang ter

  • Kamis, 03 Jun 2021 08:03

    Pemprovsu Gelar Pelatihan "Peningkatan Kemampuan SDM untuk pengolahan Industri Agro"

    Dalam rangka meningkatkan daya saing Produk Agro Industri di Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provsu menggelar Pelatihan "Peningkatan Kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk pengolahan Industri Agro."

  • Rabu, 26 Mei 2021 11:36

    Pelatihan Ketahanan Pangan Bagi 30 Orang Dengan HIV (ODHIV) oleh HKBP AIDS Ministry

    HKBP AIDS Ministry melakukan Pelatihan budidaya ikan lele di dalam kolam terpal kepada 30 Orang Dengan HIV (ODHIV), bekerjasama dengan persekutuan gereja-gereja Internasional (UEM), yang didukung oleh

  • Rabu, 26 Mei 2021 05:26

    Workshop Capacity Building, Nawal: Berbuat Baiklah Kepada Semua Orang

    Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak seluruh pengurus dan anggota DWP di Sumut untuk terus berbuat baik sekecil apapun kepada semua orang.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak