Jumat, 29 Mar 2024 12:16
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Jalankan Himbauan Kantor Pusat, Distrik I PTPN 4 Bah Jambi Buat Parit Isolasi Guna Antisipasi Hewan Ternak

Simalungun (utamanews.com)

Oleh: Tons

Jumat, 18 Mar 2022 07:48

Istimewa
Pelaksanaan pembuatan parit mencegah hewan ternak masuk ke perkebunan sawit
Berita himbauan yang dikeluarkan Kantor Pusat PTPN IV beberapa waktu lalu di beberapa media online oleh Khairul sebagai Humas PTPN IV, kini mulai dijalankan di setiap distrik yang berada di dalam naungan PTPN IV, salah satunya yakni Distrik I kebun unit Bah Jambi.

Himbauan tersebut diterbitkan guna mencegah hama, yang salah satunya yakni hewan ternak lembu/sapi. Kebijakan tersebut diperuntukkan untuk meningkatkan kualitas tanaman beserta hasil produksi.

Mawan selaku APK Distrik I kebun unit Bah Jambi, menyatakan, masuknya ternak di dalam kebun sawit milik PTPN mengakibatkan terganggunya kualitas produksi sawit.

Baca juga,

"Jika ternak lembu atau sapi masuk ke tanaman yang berusia 0-15 tahun, maka itu dapat merusak kualitas tanaman. Ditambah lagi ternak lembu/sapi yang masuk di tanaman muda bisa memakan pelepah sawit itu , sehingga proses pematangan buah akan lama," ungkapnya.

Mawan juga mengatakan bahwa jumlah pelepah untuk tanaman muda yang baik itu sebanyak 68 pelepah untuk tanaman muda.

"Namun kebanyakan jumlah pelepah untuk tanaman muda saat ini hanya berkisar 42 pelepah akibat habis dimakan oleh hewan/ternak seperti lembu, jadi mengakibatkan buah dari tanaman muda tidak bagus," ujar Mawan, Kamis (17/03/2022).

Melihat hal tersebut, kru media kemudian melakukan investigasi dengan turun langsung ke lapangan guna memastikan hal tersebut.

Kru media mendapatkan bahwasanya pembuatan parit isolasi tersebut sedang berlangsung, dijalankan, dan kru media juga menemukan fakta di lapangan bahwasanya segerombolan ternak lembu masuk ke tanaman muda dan merusak pelepah sawit yang masih muda.

Hampir di setiap unit yang berada di kabupaten Simalungun, diantaranya Bah Jambi, kebun Dolok Sinumbah, kebun Marihat, kebun Mayang dan lainnya terdapat ternak lembu yang masuk ke tanaman muda dan merusak serta memakan daun pelepah sawit.

Masuknya lembu/sapi ke tanaman muda membuat proses perkembangan dan hasil produksi buah menjadi turun dan tidak bagus.

Sementara itu, Kebun unit Bah Jambi berharap dalam pembuatan parit isolasi tersebut dapat mengurangi hama ternak serta meningkatkan kualitas hasil tanaman dan produksi yang baik karna tanaman menjadi lebih sehat karena cukupnya pelepah kelapa sawit.

Kebun unit Bah Jambi dan kebun kebun Simalungun lainnya juga mengharapkan kerjasama yang baik dari masyarakat untuk dapat memaklumi dan menjaga hewan ternak peliharaannya.

Terkait dengan hal tersebut, PTPN IV menyalurkan CSR dan membantu UMKM di sekitar kebun sehingga membantu perekonomian masyarakat sekitar, juga banyak masyarakat sekitar kebun yang bekerja sebagai pekerja Vendor pemeliharaan dan lain lain.
Editor: Bungaran Saragih

T#g:hewanPTPN 4 Bah JambiperkebunanTernak
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️