Selasa, 30 Apr 2024 00:18
flash sale baju bayi
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

KMP Tao Toba I Berlayar Perdana Usai Docking, Manjakan Penumpang Berlibur Ke Bonapasogit

Toba (utamanews.com)

Oleh: Bungaran Saragih

Kamis, 28 Des 2023 16:58

Istimewa
Direktur PT GHM, Susan Hasiani Sitanggang dengan latar KMP Fery Tao Toba I dan II.
Kemacetan Antrian Ajibata Segera Terurai Bersama KMP Tao Toba I dan II.

Setelah hampir setahun masuk dapur docking dan renovasi total, akhirnya PT Gunung Hijau Megah (PT. GHM) meluncurkan KMP Fery Tao Toba I melayani penumpang pada libur akhir tahun. Berlayar perdana dari Tomok, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Ajibata, Kabupaten Toba, Kamis, 28 Desember 2023.

Pimpinan PT GHM, melalui Direkturnya, Susan Hasiani Sitanggang, menyampaikan terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat, sehingga kerinduan pelanggan dan penikmat layanan KMP Fery Tao Toba I dan II kini terjawab sudah. 

Susan juga berharap, kiranya kebosanan penumpang saat menunggu antrian di sepanjang jalan menuju dua dermaga yang bersebelahan di Ajibata, bakal terurai. Sebab, selain Fery lainnya, KMP Tao Toba I dan II sudah bisa saling mengisi. Dimana KMP Tao Toba I dan II sudah bisa saling berpapasan di tengah Danau demi melayani penumpang Ajibata-Tomok. 

Daniel Simanjuntak, sebagai Pengawas dan Penanggung Jawab Operasional KMP Tao Toba I dan II, didampingi Nurli Sirait bagian Humas bersama Andre juga menyampaikan. Kesuksesan KMP Tao Toba I ini sungguh hasil kerja maksimal semua pihak Manajemen bersama para Komisaris, dan Komisaris Utama.

"Kita di lapangan senantiasa berjuang keras untuk mempersiapkan KMP Tao Toba I ini sesuai dengan Standar Operasional dari Kementerian Perhubungan. Dan kita ikut aturan Pemerintah. Kami menyesuaikan diri atas ketaatan itu, dan tentu kami juga berharap supaya dalam regulasinya (pengaturan jadwal berlayar) dengan pihak lain tetap mempertimbangkan keberadaan dan kesiapan kita sebagai Operator KMP Tao Toba I dan II," katanya.

"Benar kita di pihak Swasta, tetapi jangan lupakan disaat KMP Tao Toba I dan II sebagai pelopor pembangunan untuk Wilayah Samosir dan sekitarnya, maka kami berharap Pemerintah dengan kewenangannya tetap membantu dan memperhatikan pengusaha swasta yang turut serta menyumbangkan karyanya dalam mengisi pembangunan di seputar Danau Toba lewat jasa transportasi Air (Danau) di Danau Toba," kata Daniel.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba, Rijaya Simarmata, membenarkan bahwa KMP Tao Toba I tadi sudah berlayar perdana. Dan untuk sementara, KMP Tao Toba I diberikan persetujuan berlayar dari jam 06.00 Wib sampai pukul 18.00 Wib, dan pesan ke operator kapal tetap menjalin komunikasi dengan KSOPP Danau Toba dibidang keselamatan pelayaran baik ke Polri dalam hal pengamanan dan keamanan dan Dishub kabupaten, dalam rangka kelancaran operasional di Pelabuhan," ujar Rijaya.

Rijaya juga menyampaikan, kapasitas angkut sementara untuk KMP Tao Toba I juga masih dibatasi sebanyak 25 unit kendaraan kecil, sampai uji coba ini berhasil. "Hal ini dilakukan agar anak buah kapal dapat melakukan familiarisasi terhadap seluruh peralatan di kapal, baik mesin, alat navigasi, radio, dan lainnya," katanya.

"Jadi terkait jadwal berlayar dari jam 6 sampai jam 18, sampai KMP Tao Toba 1 memiliki radar, baru bisa diijinkan berlayar pada malam hari. Jadwal belum diberikan ke KSOPP untuk malam hari, tapi besok kita sudah dapat. Nanti home base 1 di Ajibata, satu lagi di Tomok," tandasnya.

Berlayar perdana ini juga disaksikan Kapolsek Simanindo AKP Nandi Butar Butar SH bersama stakeholder yang ada di Tomok, Samosir. KMP Tao Toba I ini disambut hangat ratusan pengunjung yang sudah antre di Pelabuhan Fery Ajibata.

Editor: Budi

T#g:AjibataKMP Tao TobaTransportasi
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️