Selasa, 06 Des 2022 05:26

KPK sebut dugaan proyek fiktif di Tapteng, Waktu yang mengungkap

Tapteng (utamanews.com)
Oleh: Bambang EF Lubis
Selasa, 27 Sep 2022 22:57
utamanews/Bambang EF Lubis
Ketua Satuan Tugas Wilayah I Direktorat I Koordinasi Supervisi KPK, Maruli Tua Manurung menyampaikan kata sambutan di hadapan Gubsu, Pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kades dan DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah dan para tamu undangan.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengingatkan Kepala Desa agar tidak melakukan tindak pidana korupsi. Ungkapan itu disampaikan oleh Maruli Tua Manurung, sebagai Ketua Satuan Tugas Wilayah I Direktorat I Koordinasi Supervisi KPK, di Gedung Olah Raga (GOR) Pandan, Kabupaten Tapteng, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (27/9/2022).

Dalam rapat koordinasi penanganan pemberantasan korupsi di Tapteng, bersama Gubernur Sumut dan KPK. Maruli menyampaikan, ada dugaan korupsi di salah satu Desa yang ada di Tapteng. Namun menurut Maruli, berkas dugaan korupsi tersebut ditindak lanjuti oleh Inspektorat Sumut.
"Kepala Desa Siap? Ada satu yang bapak ibu sekalian, saya tak sebut. Ada satu kepala Desa yang masuk sampai ke KPK, di Tapanuli Tengah. Itu kami teruskan meminta inspektorat Sumut untuk ditindaklanjuti," bebernya.

Ketua Satuan Tugas Wilayah I Direktorat I Koordinasi Supervisi KPK, menduga ada proyek di Tapteng yang fiktif.
"Ada proyek besar nilainya. Bahkan kalau dibandingkan dengan nilai keuangan dana Desa, itu pantas diduga, diduga proyek itu fiktif. Jadi sangat berbahaya bapak ibu sekalian. Saya tak perlu sebutlah, kayaknya disini ada, dan itu yang sampai ke KPK. Nah di KPK ini seperti gunung ES. Gak tau bagaimana yang lain, biarlah waktu yang mengungkap," sebutnya.

Lasro Baru Periksa Kades & Kasek

Masih di tempat serupa, Kepala Inspektorat Provinsi Sumut. Lasro Marbun, menyampaikan baru memeriksa beberapa Kepala Desa (Kades) dan Kepala Sekolah (Kasek) yang ada di wilayah Kabupaten Tapteng. Eks Anak Buah Ahok ini, mengklaim punya data Kades dan Kasek di Tapteng.
"Saya baru periksa saudara saudara ku kepala Desa dan Kepala Sekolah di Tapteng, jadi saya punya datanya," tandasnya.
Editor: Arman Junaedy

T#g:KPK RIkadesLasro MarbunTapteng
Berita Terkait
  • Kamis, 01 Des 2022 14:41

    Ribuan Pengunjung Ramaikan Road to Hakordia di Sumut

    Ribuan pengunjung tercatat meramaikan rangkaian Road to Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022. Sedikitnya 8.650 orang mengunjungi 81 booth pelayanan publik yang ada pada kegiatan tersebut. 

  • Rabu, 30 Nov 2022 20:30

    Edy Rahmayadi Dukung Sertifikasi Spesifik Pengusaha yang Diinisiasi KPK

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendukung upaya Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) untuk menyertifikasi secara spesifik pengusaha-pengusaha di Indonesia.

  • Selasa, 29 Nov 2022 19:19

    Ngopi Bareng Wartawan, Colia Paparkan Program Quick Wins Polri Presisi Polres Tapteng

    KBO Sat Intelkam Polres Tapteng, Iptu OS Colia mengatakan, hubungan polisi dengan masyarakat maupun setiap elemen harus baik, bagaimanapun kondisi dan keadaannya di lapangan.

  • Selasa, 29 Nov 2022 18:59

    Aliansi BEM Sibolga - Tapteng Desak Pertamina Evaluasi SPBU Sorkam

    Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), mendesak PT Pertamina (Persero), melakukan evaluasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Nomor 15.225.607.

  • Selasa, 29 Nov 2022 18:19

    Wakil Ketua KPK Akui Pencegahan Korupsi di Sumatera Utara Membaik

    Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Alex Marwata mengatakan pencegahan korupsi di Sumatera Utara (Sumut) membaik. Salah satu tandanya yaitu tingginya laporan masyarakat atas dugaan korupsi di Sumut.

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama