Minggu, 19 Mei 2024 07:43
flash sale baju bayi
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Miris.. 1 Tahun Air Macet-Kadang Mati, Tagihan Air Jalan Terus, Warga Parapat Demo Ke PDAM Tirta Lihou

Simalungun (utamanews.com)

Oleh: Bungaran Saragih

Rabu, 17 Apr 2024 21:47

Istimewa
Warga Jln.Merdeka Parapat menuntut supaya air PDAM Tirta Lihou dihidupkan kerumah-rumah mereka, tampak juga Ka.UPT Tirta Lihou Buhat Purba dan timnya mendengar keluhan warga yang butuh solusi cepat.
Ratusan Warga Jalan Merdeka Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, ternyata sudah menahun terancam dalam hal pendistribusian airminum dari PDAM Tirta Lihou Parapat.

Kadang mati total tanpa pemberitahuan dan paling parah mati pula saat musim liburan dan banyak tamu yang gagal mengiap di Homestay mereka akibat air yang tidak mengalir.

Akibat keluhan ini, puluhan perwakilan masyarakat baik orang tua, kaum muda dan Mamak-mamak, menggeruduk kantor PDAM Tirta Lihou Unit Pelayanan Parapat, di Terminal Sosor Saba Parapat, Rabu, 17 April 2024.

Mereka mengatakan. Sudahlah airmu hidup mati dan kadang mati total,tapi tagihan kau buat pula untuk kami bayar, PDAM apa kau, hardik warga dalam ruangan kantor PDAM tersebut, sambil menyampaikan, "POKOKNYA AIR HARUS HIDUP SEKARANG".
Di kantor PDAM Tirta Lihou Parapat warga berteriak sambil geram dan silih berganti menyampaikan keluhannya. "Ari mati-mati tapi harus dibayar".

Salah seorang warga Jln Merderka, Bando Simbolon dalam keluhannya kepada awak media menyampaikan beberapa hal baik solusi dan permintaan warga diantaranya:

1. Samakan semua saluran PDAM dan jangan ada yang dibeda-bedakan. Jadi kalau memang mati,airnya mati semua. Jangan ada yang hidup ada yang mati, lalu kami warga mana rupanya,jangan ada semacam anak tiri dan anak kandung.

2. PDAM Tirta Lihou Parapat, harus menambah Bak penampungan stok air Pam sebelum disalurkan. Misalnya mereka buat dikokasi BALAI DESA samping Kantor Lurah Parapat atau disekitar SD 3 Parapat, karena areal lahan tersebut adalah lahan dan milik Pemkab Simalungun.

3. Kalau bisa dibuat aja Peraturan Daerah (PERDA) bahwasanya semua hotel dan Mess Pengunapan milik BUMN Perkebunan yang ada di Parapat memiliki sumur pompa air agar mereka bisa sedot air sendiri dan air PDAM ini mampu melayani warga dan masyarakat Parapat dan secara khusus warga yang bermukim di Jalan Merdeka dan sekitarnya,apalagi pada musim Week End (malam minggu,red).

4. Kemudian, jika air PDAM mati, petugas PDAM wajib mensuplai air melalui truk pengisi air untuk dibagikan kepada masyarakat. Karena selama ini,Penanggung jawab dan Petugas PDAM Parapat ini sepertinya lepas tanggung jawab, kecuali ada warga yang sudah mengamuk barulah mereka bergerak, itu kan konyol. Padahal kami bayar air kan, Ujar Bando.

Menjawab konfirmasi terkait aksi warga dan perbandingan suplai air PDAM Parapat ke Ajibata Kabupaten Toba, Kepala PDAM Tirta Lihou Unit Pelayanan Parapat Buhat Purba, hanya menyampaika n, "Ketepatan sudah datang dari kantor pusat,kita akan buat solusinya".

Sampai berita ini ditayangkan, entah solusi apa maksud Buhat Purba itu tidak dikabarkan lagi.

Sementara pantauan di sekitar kantor PDAM Parapat, sebahgian warga masih ada yang bertahan dan menempelkan tulisan di kertas karton berbunyi," Kerja Cuma Ngopi, Air Tak Ada, Jelas Dulu, Tidur Aja....lalu ada lagi, PAM Memalukan, Pam Parapat Pengecut.

Sementara itu, Direksi PDAM Tirta Lihou Dodi Ridowin Mandalahi yang dimintai tanggapannya melalui pesan WAnya (+62 821-8051-xxxx) hingga berita ini ditayangkan belum memberikan respon dengan pertanyaan konfirmasi terkait puluhan perwakilan masyarakat Jln.Merdeka Parapat Lakukan Aksi Demo ke Kantor PDAM Tirta Lihou Unit Layanan Parapat, mereka menuntut:

1. Satu tahun lebih air macet terus dan pas hari liburan kemarin air mati pula dan banyak homestay warga akhirnya tidak menerima tamu.

2. Mengapa air ke Ajibata (Kabupaten Toba) berlimpah sementara air yg sumbernya dari Kecamatan Girsip tidak mampu melayani warga Parapat dengan baik.

3. Air macet dan kadang mati total, tapi tagihan dan denda jalan Terus.
Apa tanggapannya Pak.

Sampai saat ini konfirmasi kita belum di jawab DIRUT PDAM Tirta Lihou.
Editor: Budi

T#g:air bersihParapatTirta Lihou
glazed
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️