Sabtu, 26 Nov 2022 20:40
  • Home
  • Sosial Budaya
  • NIKSON NABABAN BERSIKUKUH MEWUJUDKAN TAPUT HEBAT DAN BERMARTABAT DALAM BINGKAI BERKARYA DENGAN BERKELANJUTAN

NIKSON NABABAN BERSIKUKUH MEWUJUDKAN TAPUT HEBAT DAN BERMARTABAT DALAM BINGKAI BERKARYA DENGAN BERKELANJUTAN

Taput (utamanews.com)
Oleh: Winner Simanungkalit
Selasa, 01 Nov 2022 08:51
Dok. Istimewa
Drs. Nikson Nababan M.Si
Pembangunan suatu daerah tidak terlepas pengelolaannya, dari kualitas dan kuantitas sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). Hal ini akan terpadu baik terhadap pembangunan daerah, untuk menjadikan suatu daerah tersebut makmur dan sejahtera. Bersama-sama saling bahu membahu, melakukan sesuai yang sudah direncanakan bersama untuk suatu harapan. Hal inilah diharapkan, menjadi suatu kemampuan seorang pemimpin daerah bekerja menggali,menggagasi dan mengayomi masyarakatnya pada pencapaian visi dan misi.

Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Provinsi Sumatera Utara (Sumut),terletak didataran tinggi dengan ketinggian 300-1700 meter dpl (dari permukaan laut). Dan memiliki kondisi geografis yang diapit atau berbatasan langsung,dengan lima kabupaten. Sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Toba, sebelah Timur berbatasan dengan Labuhan Batu Utara, sebelah Selatan berbatasan dengan Tapanuli Selatan dan sebelah Barat berbatasan dengan Humbang Hasundutan dan Tapanuli Tengah. Yang secara administrasi negara memiliki 15 Kecamatan dan 241 desa dan 11 kelurahan.

Topografi Taput berbukit dan berlembah, dengan suhu antara 12°C-28°C,dengan ketinggian antara 300-1700 meter dpl, menjadikan daerah ini sebagai kawasan Pertanian dan Agrobisnis. Terlihat dari cara hidup masyarakatnya, yang mayoritas ( kurang lebih 85%) melakukan aktivitas sehariannya untuk mencari nafkah dengan cara bertani.

Dari sumberdaya energi alamnya, daerah Taput sangat memiliki potensial yang baik. Karena ditandai adanya perusahaan SOL (Sarulla Operation Ltd) yang bergerak dibidang Geotermal pembangkit listrik, dan sungai berpotensi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). 

Dari banyaknya perbukitan di daerah Taput, yang merupakan Jajaran Bukit Barisan. Didaerah ini juga banyak menyimpan potensi alamnya, yang mana bahan Tambangnya merupakan komoditi ekspor. Diantaranya adalah Kaolin, Batu Gamping, Batu Apung, Belerang, Fedspar, Sirtu, Oker, Zeloit, Trass, Lempung, Batu setengah mulia, Slate/sabak, Mika, Silika, Seresit, Tanah diatomae, dan Dolomit magnesit. (e.Marsada Perizinan Taput).   

Danau Toba merupakan air tawar banyak jenis ikan, dan hayati lainnya yang tersimpan di dasarnya. Juga memiliki panorama yang indah, daerah ini juga banyak memiliki tempat-tempat sebagai objek wisata. Diantaranya, Panorama Alam Hutaginjang, Pantai Muara dan Pulau Sibandang yang dijadikan wisata Sport Tourism. Dan masih banyak lagi tempat objek wisata lainya, Air Panas Sipoholon, Air Soda, Salib Kasih dan lainya yang memiliki pesona berbeda dan ketertarikan wisata.

Dalam hal ini, Bupati Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) yang terpilih Drs.Nikson Nababan yang memulai pemerintahannya pada tahun 2014 sampai saat ini. Melihat potensi di tempat kelahirannya tersebut. Yang mana sumber daya alam (SDA) adanya hutan, Danau, tambang, lahan kosong yang luas dan subur. Dalam hal ini dipecayai masyarakat Taput, memimpin untuk mengelola SDA dan SDM kearah yang lebih baik lagi.

Melalui komitmennya memajukan daerah kabupaten Taput, Nikson Nababan menyampaikan visi dan misinya kepada masyarakat, sehingga mampu menggugah harapan masyarakat untuk bersama-sama membangun Taput. 

Pembangunan yang diperbuatnya dari berbagai aspek, salah satunya dengan menggagasi kualitas infrastruktur pada program peningkatan jalan kabupaten jenis hotmix, Irigasi dan jembatan. Yang mana juga, pembangunan infrastruktur ini sebagian penunjang program pada aspek pertanian, untuk menjadikan daerah Taput sebagai lumbung pangan dan hasil komoditi pertanian yang berkualitas.

Kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, merupakan tujuan Bupati Taput Drs.Nikson Nababan,MSi. Sehingga, Jalan, Jembatan dan Irigasi merupakan program yang setiap tahunnya di anggarkan. Dalam memudahkan angkutan muatan hasil pertanian masyarakat, dan juga tidak terlepas diharapkan menjadi daya tarik pengusaha yang mau menginvestasikan uangnya di Taput. Yang mana, jika jalan terkoneksi baik di dalam antar kecamatan Taput, maka diharapkan hasil komoditi pertanian masyarakat Taput dapat memiliki harga baik dan memudahkan pengusaha menampung langsung ke lokasi lahan pertanian petani tersebut.

Dapat terlihat penulis dari ruas jalan Silangkitang-Parmonangan jalan kualitas hotmix sampai ke kantor Camat Parmonagan, dan begitu juga ruas jalan dari Desa Huta Tinggi (kecamatan Parmonagan)-Kecamatan Pagaran. Yang merupakan salah satu perwujudan misi dari Nikson Nababan. Juga di 15 kecamatan pembangunan jalan kabupaten dengan kualitas hotmix dapat terlihat, walaupun belum sesempurna jalan tol. Dari pembangunan peningkatan jalan kabupaten ini, banyak dari masyarakat merasakan kenyamanan dan keuntungannya, yang melontarkan rasa senang dan apresiasi ucapan terima kasih kepada pemerintah.

Di masa jabatan Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, MSi telah melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan Jembatan normalisasi sungai dan saluran irigasi,dan membantu masyara dimana bapak Nikson Nababan berhasil membuka Jalan/ pelebaran Jalan sepanjang 776,09 km, hotmix: 324,53km, Lapen: 339,33 km, Telford: 70,59 km, Rabat beton: 18,972km, pada masa 2014- 2021 dan pada tahun ini beliau juga masih bekerja dan bekerja diman telah terbangunnya jalan hotmix sepanjang 40.36km, lapen sepanjang 25,54km, Telford sepanjang 8,22km dan rabat beton sepanjang 3,47km.

Jeritan hati masyarakat tapanuli utara yang masih belum merasakan indahnya gemerlap lampu dan tehnologi sampai pada pendengaran bapak Drs. Nikson Nababan MSi, sehingga beliau pun membuat Program “Merdeka Dari Kegelapan”, pelatihan TURBIN. Dengan sigap dan semangat melayani yang tulus bapak Drs. Nikson Nababan MSi pun langsung turun lapangan dan ikut membantu masyarakat secara gotong royang dalam pembukaan jalan suapaya mobilisasi material / bahan pembangkit listrik dapat dilalui oleh alat transportasi, dengan jerih payah dan usaha ini program bapak Drs. Nikson Nababan MSi berhasil membangun 57 titik jaringan listrik , membuka jalan di 29 dusun,16 desamasuk listrik dan tidak hanya didesa bahkan program penerangan/ lampu jalan di kota dan desa mencapai 4583 unit. 

Di sisi lain Drs. Nikson Nababan MSi juga sangat peka akan kebutuhan masyarakat desa khususnya petani yang sangat membutuhkan bantuan prasarana jalan dan jembatan agar mereka mampu membawa hasil produki pertanian mereka kepasar, Beliau bekerja sama dengan dinas pertanian dan PUPR membangun jalan usaha tani dan membangun jembatan jembatan penghubung antara dusun ke dusun dan desa yang lainnya, dimana hasil kinerja bupati tapanuli utara ini tampak dalam terbangunnya sebanyak 111 unit jembatan.

Pembangunan dan program program yang memajukan kabupaten tapanuli utara pun terus bergulir dan berkesinambungan di tangan bapak Drs. Nikson Nababan MSi, dengan adanya prasarana jalan dan jembatan yang baik beliau juga membangun pasar pasar tradisonal menjadi pasar tardisonal modern, dimana Drs. Nikson Nababan MSi berpikir “apabila pasar tempat penjualan hasil bumi para petani baik dan nyaman tentunya para pengepul dan pembeli hasil bumi dari luar kota akan sangat senang dan mudah menemukan barang yang mereka butuhkan” hingga Drs. Nikson Nababan MSi pun membangun beberapa pasar tradisonal di kecamatan tarutung, sipahutar, siborongborong dan pagaran.

Beberapa perwujudan dari upaya pemerintahan Taput saat ini,dapat terlihat dari banyaknya pembangunan dari pemerintah provinsi sampai dari kementerian. Yang mana dalam memenuhi kebutuhan ketersediaan air minum, ada kurang lebih puluhan Intek sebagai sumber air dibangun.dilanjutkan dengan jaringan transmisinya. Jalan dan jembatan provinsi di kabupaten Taput, juga bendungan dan irigasi kebutuhan pada masyarakat dan petani terbangun dengan pesatnya. Bantuan Bibit dan Alat-alat pertanian,juga ternak untuk masyarakat yang memiliki kelompok terdaftar di pertanian Taput.

Selain Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Mual Na Tio,yang menjadi perhatian pemerintah kabupaten Taput. Juga,untuk mendapatkan penerimaan daerah, pemerintah kabupaten Taput saat ini mendirikan dua Perusahaan daerah di bidang pertanian dan pertambangan.

Dari jenis komoditi pertanian di Taput,ada beberapa komoditi unggulan hasil pertanian di Taput. Padi, jagung, kacang, cabai, bawang, kentang, nenas, kopi, cokelat, karet dan banyak lagi jenis tanaman holtikultura yang ada di daerah Taput. Juga tanaman hutan merupakan habitat alam Taput seperti kemenyan, rotan dan lainnya.

Yang mana diprogramkan beberapa kegiatan membantu ditengah-tengah masyarakat dalam bidang pertanian. Yang mana Program meningkatkan hasil pertanian dengan pemberian benih dan bibit unggul. Pembukaan jalan usaha tani, irigasi, embung serta dam parit. Pengolahan lahan gratis, pemberian pupuk pasca panen, dan subsidi harga untuk tiga jenis komoditi yaitu cabe merah, bawang merah dan gabah. Dan pemberian alat-alat pertanian kepada masyarakat tani melalui kelompok tani. Juga paling dirasakan masyarakat, dalam hal ini pada peningkatan SDM masyarakat di kelompok tani, mampu mengoperasikan dan melakukan produksi pupuk organik dan bahan pestisida dengan baik.

Banyaknya bantuan dan pemberdayaan yang dilakukan pemerintahan kabupaten Taput, belum bisa menjamin keberhasilan keseluruhan masyarakatnya dalam sisi pengelolaan lahan pertaniannya masing-masing dan produksi yang berkelanjutan. Hal ini, dapat terlihat dari pola pikir masyarakat dan kebutuhan ekonomi setiap harinya membedakan penghasilan dan kemapuan masyarakat dalam mendapatkan hasil yang diharpkannya dari lahan pertaniannya. 

Perlu keseragaman pola pikir, evaluasi dan kemampuan masyarakat tani di Taput untuk memanajemen pertaniannya. Dan, dari sini pemerintah bisa menyeragamkan niat dan keinginannya memajukan suatu tempat atau desa pada produk-produk komiditi yang unggul. Untuk mewujudkan ‘One produk,one village’.    

Pembangunan yang diharapkan merata, sering dilontarkan para lembaga di DPRD Taput. Dalam memberikan kritik dan saran untuk mengujudkan Taput hebat dan bermartabat. Kritik dan saran dari DPRD Taput ini, menyelaraskan program-program pembangunan pemerintah. Yang mana dari 15 kecamatan.

Juga pemerintahan Bupati Drs.Nikson Nababan, MSi mengangkat aspek pendidikan kearah yang lebih baik. Meningkatkan kompetensi pihak pengajar yang berkualitas, pembangunan ruang belajar dan memperbaiki fasilitas sekolah di Taput. Dengan sebagian cara ini, diharapkan dapat memberikan semangat dan keceriaan para siswa/i Taput di lingkungan sekolah. Sehingga bisa mendapatkan siswa/i yang terampil dan cerdas sebagai generasi andalan Taput.

Dari beberapa program pendidikan Taput yaitu sekolah gratis, pemberian insentif kepada tenaga pendidik disekolah terpencil dan sangat terpencil. Insentif guru honor PAUD, SD dan SMP, dan Pengembangan kualifikasi akademik guru mata pelajaran ketingkat sarjana (S-1). Juga Pemberian bea siswa bagi siswa-siswa yang berprestasi dan yang kurang mampu, bantuan beasiswa bagi siswa-siswi yang berprestasi dan kurang, mampu untuk melanjutkan kuliah keperguruan tinggi dan beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswi.

Dan pemerintah Kabupaten Taput pada program pendidikan, juga berupaya memberikan pelayanan ke siswa-siswi di tempat daerah terpencil dengan pengadaan Bus sekolah. Juga pembangunan unit sekolah baru SMAN-1 Purbatua, SMAN-2 Parmonangan, SMPN-7 Tarutung dan SMPN-6 Garoga.

Dimana motto suku Batak 'Anakkon hi do hamoraon di ahu' (anakku kekayaanku), menginspirasi Nikson Nababan membangun Taput berfokus pada aspek pertanian dengan menunjang peningkatan pendidikan di Taput. Diharapkannya, jenjang pendidikan generasi Taput tidak hanya pada program 12 tahun bersekolah. Mereka generasi Taput, mampu melanjutkan pendidikan perguruan tinggi hingga lebih.

Untuk mengujudkan harapannya tersebut, Bupati Taput Drs.Nikson Nababan,MSi tidak pernah lelah menyuarakan motto orang Batak tersebut. Sembari beliau melakukan usulan adanya Universitas Negeri di kabupaten Tapanuli Utara ini. Dengan tujuan agar siswa/i generasi Taput ini, tidak lagi jauh-jauh melanjutkan jenjang pendidikannya keluar daerah Taput dan begitu juga dengan nilai ekonomi masyarakat. Namun, harapan dan niatnya ini selaras dengan dukungan masyarakat Taput, agar terwujud kesejahteraan dan kemakmuran daerah kabupaten Tapanuli Utara.

Beliau tidak menyerah untuk mewujudkan adanya Universitas Negeri di Taput, walaupun ada kritik dan saran yang sarat melunturkan niat Nikson Nababan. Namun beliau terlihat bersikukuh meraih harapan dan keinginan masyarakat Taput untuk adanya kehadiran Universitas Negeri di Taput. Dari meminta dukungan beberapa kabupaten tetangga dekat dengan Taput, pemerintah Provinsi Sumatera Utara, sampai dengan pemerintahan pusat, hingga ke Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo. 

Juga, dalam mewujudakan visi-misi Nikson Nababan, kesehatan masyarakat sangat mendukung pada proses peningkatan dan jalannya pembangunan suatu daerah. Dalam pemerataan pelayanan kesehatan kabupaten Taput memprogramkan beberapa kegiatan untuk memenuhin kesehatan masyarakatnya. Yaitu berobat gratis,pelayanan pukesmas 24 jam, publik safety center (psc) 119 yang siap melayani disetiap kecamatan, pemberian makanan tambahan bagiu ibu hamil,bayi,balita dan lansia. Juga pembinaan lansia dengan senam dan periksa kesehatan. Dan pemberian premi jamkesda untuk 36.000 jiwa.
          
Juga program pembenahan mulai dari sumber daya manusia, alat kesehatan,infrastruktur, ambulance dan pukesmas keliling. Pendirian rumah sehat jiwa yang terdapatr di kecamatan Pangaribuan. Dalam memicu hal ke profesionalan tenaga kesehatan, ada program pemberian insentif kepada tenaga kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil. Dan pemberian kesehatan sukarela seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Taput.

Pembenahan rumah sakit yang sangat tampak oleh publik,juga merupakan ujud pengimplementasian program kabupaten Taput. Yang mana Program peningkatan pelayanan rumah sakit umumdaerah Tarutung yang telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan sudah terakreditasi paripurna (bintang 5). Penempatan dokter spesialis dan pemberian insentif dokter specialis full timer sebanyak 30 orang. Penyediaan fasilitas medical check up,CT Scan, mesin Haemodolisa, sertaq pelayanan gawat darurat melahirkan 24 jam. Pembangunan dan penyediaan fasilitas pelayanan covid-19 dan menjadi pusat rujukan Tapanuli raya. Dan program berikutnya pembangunan therapeutik dalam penangan stunting.

Dari sekian banyaknya program di dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang dilakukan pemerintah, masih banyak masyarakat di Taput yang belum menyadari perlunya hidup sehat dengan menjaga kebugaran tubuh dengan berolah raga dan makan makanan sehat.  

Kata 'Taput Hebat' akrab terdengar penulis, dan perkataan ini juga beberapa kali didengar penulis dari pidato dan sambutan Bupati Taput Drs.Nikson Nababan, MSi. Merupakan motivasi yang kuat dari Bupati kepada masyarakat Taput, untuk dapat mengujudkan Taput Hebat tersebut.

Evaluasi dan koreksi yang lebih intens, sudah seharusnya dilakukan pemerintah kabupaten Tapanuli Utara. Agar dapat mempercepat perujudan 'Taput Hebat' yang diharapkan masyarakat Taput, melalui visi dan misi Nikson Nababan di awal beliau mencalonkan di 2013 yang lalu 'Menjadikan Taput lumbung pangan dan lumbung SDM' dari beberapa poin-poin yang ada di visi dan misi Nikson Nababan. 

Dengan pondasi yang kuat, fokus pada program pembangunan dan peningkatan aspek pertanian yang berkelanjutan. Merupakan masukan penulis kepada pemerintah, untuk mampu membawa daerah Taput kearah yang lebih baik.

Beberapa perwujudan yang dapat dihimpun penulis sebagai objek usaha swasta dan BUMN,di masa 2014-2022 ini. Yang merupakan tidak terlepas campur tangan pemerintah yang dipimpin Drs.Nikson Nababan,MSi. DimanaPembangunan dan berproduksinya perusahaan PT.SOL di kecamatan Pahae Jae, pembangunan beberapa PLTMH, Bandara internasional Silangit, beberapa hotel dan usaha lainnya yang memberikan dampak baik bagi pendapatandaerah Taput.

Akhirnya penulis merasakan dari banyaknya program-program yang langsung ke masyarakat, belum bisa menjamin terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran masyrakat itu sendiri. Namun, beberapa dari masyarakat mensyukuri kehadiran pemerintah pada pemberdayaan penunjang pemingkatan daya pikir dan daya giat masyrakat dalam membangun dan membenahi ekonomi keluarganya.

Pemerintah hendaknya lebih aktif mengkelola dan mengevaluasi langsung ke masyarakat penerima manfaat bantuan. Agar lebih terarah dan memahami kondisi yang aktual cara hidup dan keadaan masyarakat tersebut. Dengan begitu, masyrakat akan mampu memahami kekurangan dan kemampuannya secara baik, juga merasakan pengayoman dan kehadiran pemerintah tersebut.
 
"Setiap mahkluk tidak memiliki rasa puas,yang ada adalah rasa terbutuhi" dari penulis.
Editor: Robi

T#g:Bupati Taputnikson nababanPemkab Taput
Berita Terkait
  • Selasa, 08 Nov 2022 16:08

    Perjuangan Bupati Taput, Pengusulan TORA Disetujui

    Bupati Kabupaten Tapanuli Utara (Kab.Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si, didampingi Kepala dinas Lingkungan Hidup (lindup) Heber Tambunan bersama Kepala dinas Perimahan Permukiman Budiman Gultom dan tur

  • Sabtu, 29 Okt 2022 09:59

    Keakraban yang harmonis antara Bupati Taput Nikson Nababan dan masyarakat desa Gonting Garoga

    Di sela kesibukannya, Bupati Kabupaten Taput (Tapanuli Utara) provinsi Sumatera Utara Drs.Nikson Nababan, MSi bersama anggota DPRD Taput Rudi Nababan, Kadis PMD Donny Simarmora dan beberapa pimpinan O

  • Sabtu, 22 Okt 2022 17:32

    Bupati Taput Nikson Nababan Turun Langsung Tinjau Peningkatan Jalan Hotmix

    Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi oleh Anggota DPRD Rudi Nababan dan Staff Dinas PUTR Tapanuli Utara Guntur Hutabarat meninjau Rekonstruksi Jalan Simpang Sihatandohan - Sihata

  • Minggu, 16 Okt 2022 16:46

    Pasca Bencana Gempa, Pemkab Taput Berkunjung dan Beribadah Bersama Masyarakat Terdampak

    Pasca Gempa Bumi tanggal 01 Oktober lalu, Pemkab Taput (Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara) provinsi Sumatera Utara melakukan pemberian bantuan dan pendampingan ibadah bersama.

  • Jumat, 14 Okt 2022 23:04

    Pasca Gempa, Pemkab Taput beri bantuan untuk rumah ibadah yang alami kerusakan

    Pasca gempa bumi di tanggal 01 Oktober 2022 lalu, banyak tempat rumah ibadah yang rusak diakibatkan kekuatan gempa tersebut.

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama