Selasa, 06 Des 2022 03:23
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Nawal Lubis Hadiri Festival Islam dan Halal Internasional Johor Malaysia

Nawal Lubis Hadiri Festival Islam dan Halal Internasional Johor Malaysia

Malaysia (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Jumat, 30 Sep 2022 05:30
(DISKOMINFO SUMUT)
Booth produk UKM asal Sumut pada kegiatan Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru, Malaysia, Kamis (29/9).
Nawal Lubis menghadiri kegiatan Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru, Malaysia, Kamis (29/9).

Dalam kegiatan itu, Dinas Koperasi dan UKM memamerkan produk unggulan dari Indonesia, khususnya provinsi ini.

Kehadiran Nawal Lubis tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Johor Baru Malaysia perihal kepesertaan FIJO 2022, dimana ada empat kementerian dan 20 daerah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia diajak berpartisipasi dalam kegiatan antarbangsa tersebut, termasuk Provinsi Sumut.
Nawal Lubis mengaku bangga karena banyak produk unggulan dari Sumut, yang dipamerkan di event FIJO 2022 Johor. Di antaranya kain songket, ulos, serta pakaian dan aksesoris dari berbagai daerah seperti Melayu, Toba, Silmalungun, Karo, Mandailing, Pakpak dan Nias, yang mencerminkan keberagaman provinsi ini.

“Kita juga menampilkan produk kuliner dan herbal dari Sumatera Utara. Kita berharap kerajinan dan produk dari provinsi kita bisa dikenal lebih baik dengan kualitas yang baik. Terutama Malaysia ini kan dekat dengan Sumut, dan banyak wisatawan mancanegara yang datang dari negara ini,” kata Nawal Lubis didampingi Kadis Koperasi dan UKM Suherman.

Beberapa produk khas yang menjadi unggulan Sumut di ajang FIJO 2022 tersebut yakni busana kontemporer, etnik dan kemeja batik. Songket Batubara, tumtuman Toba, songket Melayu dan ulos Toba. Serta kuliner seperti aneka sambal khas Medan, andaliman, ikan asin, baby cumi, teri, serta produk herbal yakni gula aren dan keloria.
Sebelumnya, Andresza S Dasuki, Konsul dari KJRI Johor Baru dalam suratnya mengatakan bahwa kegiatan yang akan berlangsung sejak 29 September hingga 2 Oktober 2022 ini diharapkan menjadi pusat promosi produk halal internasional, serta penyedia layanan dari berbagai sektor, di antaranya kerajinan.

Dengan begitu, pihaknya berharap kegiatan ini dapat diikuti lebih banyak perusahaan/UMKM dari Indonesia, sebagai partisipan sekaligus mempromosikan produk khas dari berbagai daerah. Sebab target pengunjung pada event ini sebanyak 90 ribu pengunjung dari berbagai negara, dengan jumlah 300 booth  dan 500 sesi pertemuan bisnis.
Editor: Herda

T#g:Festival Islam dan Halal Internasionalmalaysia
Berita Terkait
  • Jumat, 04 Nov 2022 19:58

    Meriahkan Indo Defence 2022 Expo & Forum, Ka Bakamla RI Terima Courtesy Call Delegasi APMM dan RPM

    Bakamla RI meriahkan Indo Defence 2022 Expo & Forum di Hall C, JIEXPO kemayoran, Jakarta, Jumat (4/11/2022)

  • Rabu, 02 Nov 2022 09:02

    Gala Dinner Pertemuan Ke-5 IMT GT GCMC, Pemko Medan Ajak Delegasi Nikmati Kuliner Lokal

    Suasana kekeluargaan nan hangat begitu terasa saat Gala Dinner The Fifth Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT GT) Green Cities Mayor Council (GCMC) Meeting Tahun 2022 di Medan Club, Selasa (1/11/2022).

  • Selasa, 25 Okt 2022 17:55

    Tim Gabungan Polda Sumut Gagalkan Penyelundupan Narkoba Skala Besar Asal Malaysia via Perairan Asahan

    Tim Direktorat (Dit) Res Narkoba Polda Sumut dan Polairud menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu melalui kapal di Perairan Asahan, Jermal Tele Sei Sembilang, Kabupaten Asahan, Kamis (20/10/2022) lalu.

  • Selasa, 11 Okt 2022 21:41

    Bakamla RI Tangkap Kapal Malaysia Curi Ikan di Perairan Kepri

    Kapal Patroli Bakamla RI yakni KN. Bintang Laut-401 berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) yang sedang melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia.

  • Sabtu, 24 Sep 2022 09:34

    Bakamla RI Ikuti Workshop Keamanan Laut di Malaysia

    Bakamla RI turut hadir dalam pertemuan internasional dengan tajuk "Operationalizing Maritime Cooperative Mechanisms Regional Workshop", di Kuala Lumpur, Malaysia, Kemarin. 

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama