Selasa, 06 Des 2022 05:03

Tingkat Literasi Ukuran Kemajuan Daerah

Nawal Lubis Lantik Pengurus GPMB Nias Utara

Nias Utara (utamanews.com)
Oleh: Hendry
Rabu, 14 Sep 2022 23:24
(DISKOMINFO SUMUT)
Nawal Lubis melantik Pengurus Daerah (PD) Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Nias Utara di Aula Tafaeri Kabupaten Nias Utara, Selasa (13/9).
Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengatakan kemajuan suatu daerah sangat ditentukan minat baca di kalangan masyarakatnya. Karena seseorang yang gemar membaca, pastinya memiliki pandangan dan wawasan yang luas.

Hal ini disampaikan Nawal Lubis usai melantik Pengurus Daerah (PD) Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) di Aula Tafaeri, Kabupaten Nias Utara, Selasa (13/9). "Saya sore hari ini merasa bangga sekali atas kepedulian Ibu Bupati ‘menjembut bola’ untuk menghadirkan pengurus GPMB di Nias Utara, ini bukti di sini lebih pintar dan ingin maju," kata Nawal Lubis.
Menurutnya, dengan menumbuhkan minat baca, sama dengan membuka mata dan pikiran menjadi lebih luas. Semakin seseorang memiliki minat baca yang tinggi, maka berbagai pengetahuan dan masukan akan diterima dengan baik dan berdampak positif, tidak hanya untuk dirinya tetapi juga lingkungan di sekitarnya.

Nawal pun berharap kehadiran PD GPMB di Nias Utara ini akan menaikkan tingkat literasi di Sumut, yang masih jauh tertinggal dengan provinsi lainnya. Untuk itu, pengurus GPMB yang terpilih diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah, agar dapat berkontribusi dalam mencerdaskan generasi muda bangsa, khususnya di Nias Utara.

“Budaya membaca tidak mengenal usia, mulai dari anak-anak sampai dewasa harus menjadikan membaca sebagai budaya,” katanya.
Sementara, Ketua PD GPMB Kabupaten Nias Utara Arismanwati Amizaro Waruwu mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas kepercayaan PD GPMB Sumut. 

Pihaknya akan segera menyosialisaikan budaya membaca dengan mengandeng pegiat literasi di Nias Utara. Arismanwati berharap kehadiran GPMB di Nias Utara ini merubah persepsi masyarakat membaca bukan sesuatu yang asing tetapi sebagai kebutuhan setiap orang.

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega mengatakan kegiatan membaca buku di sebagian kalangan masyarakat belum menjadi budaya. Apalagi teknologi digital menggantikan peran buku, sehingga budaya membaca buku saat ini mulai ditinggalkan.

Terlebih dengan hadirnya permainan dalam gadget, membuat anak-anak lebih gemar bermain game daripada membaca buku. “Tentu ini harus menjadi perhatian bersama, bagaimana mendorong upaya mereka untuk mau membaca buku dalam mengisi kekosongan,” ujarnya.
Yusman Zega juga berharap, kehadiran PD GPMB ini akan mendorong masyarakat di Nias Utara ini berlomba-lomba membaca buku untuk mencari pengetahuan. Karena kegiatan membaca buku yang membudaya dalam diri setiap anak, akan meningkatkan derajat dan mutu Sumber Daya Manusia (SDM).

Adapun Pengurus PD GPMB Kabupaten Nias Utara periode 2022 - 2026 yang lantik yakni Ketua Arisman Wati Amisaro Waruwu, Sekretaris Sukarmila Harefa, Bendahara Atiria Lase.

Turut hadir pada pelantikan ini Sekda Nias Utara Bazatulo Zebua, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Suherman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hendra Dermawan Siregar, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Nias Utara Amosi Zendrato.
Editor: Tessa

T#g:GPMBGPMB Nias UtaraMembaca
Berita Terkait
  • Sabtu, 05 Nov 2022 03:25

    Nawal Terus Dorong Lahirnya Banyak Penulis Baru di Sumut

    Ketua Gerakan Pemasyarakatkan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara Nawal Lubis terus mendorong lahirnya banyak penulis di Sumut.

  • Jumat, 28 Okt 2022 03:58

    Hadiri Talkshow Library Festival UINSU, Ijeck: Perpustakaan Penting Hindari Hoaks

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan perpustakaan berperan penting dalam meningkatkan literasi, serta mencegah masyarakat menerima hoaks.

  • Jumat, 21 Okt 2022 07:21

    DWP Sumut Dukung Budaya Baca, Sekarang Masih Minim

    Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumatera Utara (Sumut) mendukung budaya membaca sejak dini. Karena dengan membaca, anak akan terlatih untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya, serta ada

  • Kamis, 22 Sep 2022 14:32

    Kampanye Gerakan Membaca Koran di Rumah Dinas Gubernur

    Edy Rahmayadi mengharapkan surat kabar atau koran terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sehingga koran tetap eksis sepanjang masa dan dapat melaksanakan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

  • Senin, 12 Sep 2022 07:22

    Berinteraksi dengan anak-anak perbatasan Papua, Satgas Yonif 126/KC bercerita dan bagi buku

    Personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Pos Kalipao berinteraksi dalam bentuk bercerita dan berbagi buku kepada anak-anak di Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama