Jumat, 29 Mar 2024 13:35
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

PT Siringo-Ringo Uji Air Sungai Setiap 6 Bulan Sekali Untuk Kebutuhan Proses Pengolahan Kelapa Sawit

Labuhanbatu (utamanews.com)

Oleh: Junaidi

Kamis, 26 Jan 2023 12:06

Istimewa
Humas Perkebunan PT Siringo-Ringo Rantauprapat Yusri Effendi Nasution
PKS PT Siringo-Ringo yang berada di Dusun IV Singgamata Desa Bandar Kumbul Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu, memanfaatkan sumber air sungai Bilah untuk memenuhi kebutuhan proses pengolahan kelapa sawit dan kebutuhan domestik karyawan serta kantor.

Dalam memenuhi kebutuhan air untuk proses pengolahan kelapa sawit dan kebutuhan domestik karyawan dan kantor. PT Siringo-Ringo tetap mematuhi aturan yang berlaku dengan melakukan pengujian air bersih dan air sungai setiap 6 bulan sekali di laboratorium yang terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional).

Selain itu, PT Siringo-Ringo di dalam menggunakan air sungai Bilah telah memperoleh izin sesuai dengan proses dan prosedur hukum yang berlaku, serta melakukan pembayaran pajak penggunaan air permukaan secara rutin kepada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara UPT. Daerah Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu

Hal itu terungkap setelah utamanews mengkonfirmasi Humas PT Siringo-Ringo Yusri Effendi Nasution, Kamis (26/01) di Rantauprapat. Menindak lanjuti investigasi tim dilapangan terkait penggunaan air sungai Bilah untuk kebutuhan proses pengolahan kelapa sawit di pabrik kelapa sawit.

Saat ditemui, Yusri Effendi Nasution yang dikenal sangat ramah dan bersahaja kepada utamanews menjelaskan dengan gamblang, tentang proses pengambilan air sungai bilah untuk digunakan proses pengolahan kelapa sawit dan kebutuhan domestik karyawan.

Menurut Yusri, air dari sungai bilah dipompakan dengan mesin pompa menuju kolam penampungan di lokasi pabrik untuk dilakukan pengendapan. Kemudian air dari kolam penampungan air yang telah diendapkan, dipompakan menuju WTP (Water Treatment Plan) untuk dilakukan proses penjernihan air.

Setelah dilakukan penjernihan, barulah air tersebut dipergunakan untuk proses pengolahan kelapa sawit dan kebutuhan domestik perumahan serta kantor.

Untuk pengujian air bersih dan air sungai dilakukan setiap 6 (enam) bulan sekali oleh Laboratorium yang telah diakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional), ungkap Yusri menjelaskan.

Bahkan tambahnya, "air bersih tersebut, disalurkan juga ke masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik di Dusun Singgah Mata Desa Bandar Kumbul dan dipergunakan untuk keperluan sehari-hari".

"Berkenaan dengan pengunaan air untuk proses pengolahan kelapa sawit dan kebutuhan domestik perumahan, PT Siringo-Ringo melakukan uji laboratorium di PT Itec Solution Indonesia dengan nomor Sertifikat Akreditasi KAN : LP-894-IDN," pungkas Yusri menegaskan.
Editor: Budi

T#g:PT Siringo-RingoPT Siringo RingoSungai BilahUji Air Sungai
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️