Jumat, 29 Mar 2024 18:26
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Pelantikan DPP Paguyuban Wargi Sunda Sumut

Medan (utamanews.com)

Oleh: Tony

Kamis, 27 Jan 2022 08:27

Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Paguyuban Wargi Sunda (DPP PWS) Sumut Periode 2021 - 2026 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Jabatan Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan, Rabu (26/1/2022).
Gubernur Edy: Di Mana Bumi Dipijak, Di Situ Langit Dijunjung

Peribahasa populer di masyarakat, ‘di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung’ menjadi catatan yang disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat menghadiri acara pelantikan Dewan Pengurus Pusat Paguyuban Wargi Sunda (DPP PWS) Sumut masa bakti 2021-2026, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (26/1).

Hadir di antaranya Ketua Dewan Pembina PWS Tatang Subratang, Ketua Umum DPP PWS Sumut Dadan Ramdan dan Sekretaris Mustapid, Ketua Umum PB Masyarakat Adat Budaya Melayu Indonesi (MABMI) Datok Seri H Syamsul Arifin serta jajaran pengurus paguyuban dan undangan.

Gubernur yang menyampaikan bahwa dirinya bertugas selama 32 tahun di TNI, dimana 22 tahun di antaranya berada di Jawa Barat, tempat asal orang Sunda. Dengan begitu, ia mengaku mengenal bagaimana karakter dari warga suku ini. Karenanya, kepada organisasi PWS tersebut disampaikan tiga hal untuk dijadikan pegangan bagi para warganya yakni loyalitas, semangat kesatuan atau guyub dan kerja sama.

“Loyalitas, itu tidak boleh ditawar-tawar. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Anda berada di tanah Deli, harus tahu kapan saatnya menyebut sampurasun (salam dalam bahasa Sunda). Dan inilah (kekayaan budaya) Indonesia,” kata Gubernur yang hadir bersama Ketua TP-PKK Sumut Nawal Lubis.

Selanjutnya tentang semangat kesatuan atau guyub, menurut Gubernur, adalah merasa bahwa satu orang warga Sunda menjadi bagian penting untuk dijaga. Begitu juga diri sendiri, terutama pengurus wajib menjaga nama baik paguyuban tersebut dengan berperilaku kehidupan yang baik. Sebab, jika ada yang membuat cela, maka akan berpengaruh kepada nama besar organisasi.

“Ketiga kerja sama, di mana organisasi ini sifatnya sosial. Jadi jangan sampai ada di perantauan ini yang tidak makan. Makanya saya fasilitasi paguyuban ini di Sumut, bukan karena kita hebat, tetapi karena kita diberikan kemudahan oleh Allah. Teruslah berjuang, dengan keberhasilan orang Sunda, maka semakin cepat menjadi Sumut Bermartabat,” kata Gubernur.

Sementara Ketum DPP PWS Sumut Dadan Ramdan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur yang telah memfasilitasi kegiatan pelantikan yang cukup meriah tersebut. Sebagai organisasi kedaerahan, pihaknya berkomitmen memberikan kontribusi dan berperan aktif untuk kemajuan Sumatera Utara, sekaligus juga menjaga persatuan dan keutuhan NKRI.
Editor: Herda

T#g:Dadan RamdanMABMIPaguyuban Wargi SundaSunda Sumut
makeup remover
Berita Terkait
  • Kamis, 02 Nov 2023 23:02

    Ribuan Masyarakat Sambut Anies di Gedung MABMI Langkat

    Kedatangan Anies Rasyid Baswedan ke gedung Majelis Adat dan Budaya Melayu (MABMI) Kabupaten Langkat, Kamis (2/11) sore, disambut ribuan massa yang terdiri dari kader partai dan simpatisan calon Presid

  • Rabu, 26 Okt 2022 18:36

    Edy Rahmayadi Berharap Masyarakat Melayu Bersatu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap masyarakat Melayu dapat bersatu, saling bahu-membahu dan tolong-menolong antarsesama. Sehingga dapat bersama-sama membangun Sumut yang bermartabat.


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️