Senin, 29 Apr 2024 05:06
flash sale baju bayi
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Pemkab Paluta Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2023

Paluta (utamanews.com)

Oleh: Umar Rambe

Jumat, 04 Feb 2022 08:14

Istimewa
Pelaksanaan kegiatan
Sebagai langkah untuk penyusunan rancangan awal (Ranwal) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) menggelar forum Konsultasi Publik di gedung serbaguna kantor Bupati Padang Lawas Utara, Kamis (03/02/2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten II Setdakab Padang Lawas Utara Haholongan Siregar dihadiri oleh Ketua DPRD Padang Lawas Utara Mukhlis Harahap, kepala Bapelitbang Padang Lawas Utara Ridwan Efendi Daulay, pimpinan OPD se-kabupaten Padang Lawas Utara, pimpinan BUMN, perusahaan swasta, OKP/Ormas, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta undangan lainnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber diantaranya Kabid Ketersedian dan Distribusi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara Nurhaida Pohan, Kepala Bapelitbang Padang Lawas Utara Ridwan Efendi Daulay dan Akademisi yang juga dosen dari UGN Tapanuli Selatan Muhammad Noor Hasan Siregar.

Dalam sambutan Asisten II Setdakab Padang Lawas Utara Haholongan Siregar saat membuka acara menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembangunan untuk mematangkan rancangan awal RKPD Tahun 2023 mendatang.

“Konsultasi publik ini dimaksudkan untuk menjadi forum dalam menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah,” ucapnya.

Katanya, pemerintah daerah sesuai kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah dengan prinsip-prinsip meliputi merupakan satu kesatuan yang utuh dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, dilakukan pemerintah daerah bersama pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing, mengintegrasikan rencana pembangunan daerah, dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki masing-masing daerah sesuai dengan dinamika perkembangan daerah dan nasional.

Kepala Bapelitbang Padang Lawas Utara Ridwan Efendi Daulay dalam pemaparannya mengatakan tujuan dilaksanakannya forum konsultasi publik adalah untuk menjaring aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan.

Kemudian, merumuskan masukan dan saran terhadap Ranwal RKPD Kabupaten Padang Lawas Utara tahun 2023 yang akan menjadi pedoman penyusunan rancangan Renja perangkat daerah.

Selain itu, dalam mewujudkan sinergi pembangunan dan mengatasi keterbatasan kemampuan keuangan daerah, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara juga mengupayakan pendanaan dari APBN serta sumber dana lainnya.

“Untuk menciptakan keselarasan prioritas pembangunan nasional yang searah dengan visi misi Kabupaten Padang Lawas Utara. Komitmen, konsistensi, disiplin, kerja keras, semangat dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Paluta dalam pelaksanaan RKPD sangat mutlak diperlukan untuk mewujudkan sasaran-sasaran pembangunan tahun 2023,” tukasnya.

Sementara, dalam laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Sekretaris Bapelitbang Iskandar Muda Hasibuan menyampaikan bahwa pelaksanaan forum konsultasi Ranwal RKPD Kabupaten Padang Lawas Utara tahun 2023 bertujuan untuk mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan guna mewujudkan tujuan pembangunan daerah serta mendapatkan masukan dan saran untuk penyempurnaan Ranwal RKPD Tahun 2023.

Hasil yang diharapkan dari forum kondultasi publik ini adalah penyempurnaan Ranwal RKPD Kabupaten Padang Lawas Utara tahun 2023 untuk dijadikan pedoman dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran tahun 2023.

“Kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi serta pemahaman bersama tentang arah pembangunan tahun 2023,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber salah satunya Nurhaida Pohan yang memaparkan tentang program pengembangan ketahanan pangan, pengembangan komoditas unggulan ketahanan pangan daerah serta sejumlah program upaya pengembangan komoditas pangan strategis demi peningkatan ekonomi masyarakat.
Editor: Adjie

T#g:Pemkab PalutaRanwal RKPD
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Kamis, 01 Jun 2023 13:41

    Pemkab Paluta Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila

    Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global", bertempat di Halaman Kanto

  • Senin, 22 Mei 2023 16:12

    Pemkab Paluta Gelar Peringatan Harkitnas Ke-115

    Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, bertempat di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Senin (22/05/2023).Turut hadir


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️