Selasa, 06 Des 2022 04:37
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Pengerahan anak ke acara Anies di Medan berujung protes ke Bawaslu

Pengerahan anak ke acara Anies di Medan berujung protes ke Bawaslu

Medan (utamanews.com)
Oleh: Andri Hasyim
Sabtu, 05 Nov 2022 16:35
Dok. Istimewa
Koordinator aksi Aliansi Pemuda Merdeka di kantor Pos, Sabtu (5/11), saat menunjukkan rekaman foto dan video dugaan eksploitasi anak dan penggunaan simbol organisasi terlarang di lokasi kampanye Anies Baswedan di Medan yang berlangsung Jum'at (4/11)
Kampanye Anies Baswedan selaku bakal calon presiden usungan partai Nasdem ke kota Medan mendapat kecaman dari kawula muda di ibukota provinsi Sumatera Utara ini.

Aksi Aliansi Pemuda Merdeka di titik 0 kota Medan, di depan kantor Pos, memprotes tindakan curi start kampanye Anies Baswedan dan partai Nasdem serta dugaan eksploitasi anak dan penggunaan simbol terlarang, Sabtu (5/11)
"Pengumpulan massa dengan jumlah besar sebelum waktunya, yang dipertontonkan oleh Anies Baswedan dan partai Nasdem, berpotensi kuat memicu perpecahan di tengah masyarakat, padahal negara sedang berjuang terhindar dari resesi," tegas Irvan Hafiz, koordinator Aliansi Pemuda Merdeka, di sela-sela aksi unjuk rasa para pemuda ini di kantor Bawaslu dan di depan kantor Pos Medan, Sabtu (5/11) siang.

Adapun tuntutan Aliansi Pemuda Merdeka kepada Bawaslu untuk mendesak lembaga penegak aturan dan rambu-rambu pemilihan umum ini memberikan sanksi kepada Anies Baswedan dan partai Nasdem.
"Ada beberapa poin yang kami kecam dari cara-cara kampanye Anies di Medan, di antaranya, seperti banyak beredar di media sosial, diduga bendera HTI, Ormas terlarang, saat Kedatangan Anies di bandara Kuala Namu. Berikutnya adanya pengerahan anak-anak untuk menyambut Anies di lokasi," ungkap Hafiz sambil menunjukkan rekaman pengerahan anak-anak berseragam sekolah dasar dan penampakan spanduk organisasi terlarang di lokasi kedatangan Anies Baswedan.
"Stop eksploitasi anak dalam perpolitikan! Anak-anak tidak harus dilibatkan dalam politik. Harusnya mereka fokus pada pendidikan bukan dikambinghitamkan dalam urusan politik," tegas Hafiz.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Medan, Payung Harahap yang menerima aksi massa di depan kantornya, jalan Sei Bahorok, dalam tanggapannya menyatakan bahwa Anies Baswedan belum ditetapkan sebagai calon presiden, begitu juga dengan partai Nasdem, belum ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024.
Aksi Aliansi Pemuda Merdeka mendesak Bawaslu Medan untuk menjatuhkan sanksi kepada Anies Baswedan yang dinilai mencuri start kampanye, Sabtu siang (5/11/2022), di kantor Bawaslu Medan.
"Jadi apa yang dia lakukan di tengah-tengah masyarakat, menyatakan diri sebagai calon presiden, atau dianggap mencuri start kampanye, biarlah masyarakat yang menilai. Belum ranah Bawaslu untuk memberikan tanggapan," tutur Payung.
"Terkait adanya simbol ormas terlarang, seperti HTI saat kedatangan Anies Baswedan di Kualanamu, ini juga bukan ranah kami. Bahwa melarang HTI itu bukan ranah kami. Melarang HTI adalah keputusan pemerintah, sebagai ormas yang dilarang di Indonesia. Sehingga dengan demikian bukanlah ranahnya Bawaslu untuk campur tangan dan melarang itu," pungkasnya.

Hal yang sama, juga dinyatakan Ketua Bawaslu untuk pengaduan adanya eksploitasi anak, pengerahan anak saat kedatangan Anies. Walau demikian, Bawaslu mengapresiasi kepedulian Pemuda terhadap proses demokrasi di kota Medan.
Editor: Budi

T#g:Anies Baswedananak Medancuri start kampanyeMahasiswa MedanPolitisi Nasdem
Berita Terkait
  • Jumat, 02 Des 2022 22:02

    Aceh Darurat Demokrasi! Aksi Damai Aliansi Tolak Anies Dibubarkan Garda Partai NasDem

    Ternyata menyuarakan pendapat berbeda dari yang lain masih menjadi ancaman di Aceh. Hak demokrasi terancam di sini. Hal tersebut tampak dari serangan fisik langsung terhadap sekelompok pemuda yang tergabung dalam Aliansi Milenial Cinta Demokrasi.

  • Jumat, 02 Des 2022 17:12

    Kabar duka, mantan Menteri Agraria ditemukan meninggal dalam mobil di parkiran hotel

    Mantan Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan meninggal dunia. Almarhum ditemukan meninggal dunia di dalam mobilnya di parkir VIP Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan.

  • Selasa, 29 Nov 2022 20:09

    Dua Oknum DPRD Medan Dilaporkan ke Polisi, Ketua Belum Terima Laporan

    Ketua DPRD Medan, Hasyim menegaskan sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan dari kedua oknum Anggota DPRD Medan yang dilaporkan ke Polisi terkait perkara kasus dugaan penganiayaan di lokasi tempat hiburan malam.

  • Jumat, 25 Nov 2022 21:55

    Kakak Kandung TGB Zainul Majdi Mundur sebagai Ketua DPW Nasdem NTB

    Ketua DPW Partai Nasdem NTB Sitti Rohmi Djlalilah mengundurkan diri dari Partai Nasdem. Surat pengunduran diri Sitti Rohmi sudah disampaikan kepada DPP Partai Nasdem.

  • Jumat, 25 Nov 2022 15:45

    Sekjen Partai di Sumut Dicopot Gegara Foto Bareng Anies? Ini Kata Gerindra

    Partai Gerindra mencopot Wakil Wali Kota (Wawalkot) Medan Aulia Rachman dari posisi Sekretaris DPD Gerindra Sumatera Utara (Sumut). Apakah Aulia Rachman dicopot gegara sempat foto bareng dengan capres usungan NasDem, Anies Baswedan?

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama