Jumat, 30 Sep 2022 23:39
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Pengusulan Plasma PT Pulahan Seruwai Diduga Palsu, Maspera Akan Lapor Polisi

Pengusulan Plasma PT Pulahan Seruwai Diduga Palsu, Maspera Akan Lapor Polisi

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Darwin Marpaung
Kamis, 22 Sep 2022 07:32
Istimewa
Dr. Budi Abdillah, SH. MH. sewaktu diwawancarai wartawan di ruang kerjanya di GKBI Lt. 39 No 28 Jl. Sudirman, Jakarta Pusat.
Tiga Kepala Desa di kabupaten Asahan yang berbatasan dengan perkebunan sawit milik PT Pulahan Seruwai membuat pernyataan tidak pernah mengusulkan kelompok tani di desanya untuk menjadi penerima plasma dari perusahaan tersebut.

Hal itu dikatakan oleh Dr. budi Abdillah, SH. MH. selaku kuasa hukum dari Kepala Desa Piasa Ulu kepada Wartawan pada hari Rabu 21 September 2022.

Dijelaskannya, bahwa perkebunan milik PT Pulahan Seruwai telah melaksanakan perpanjangan HGU yang berakhir pada tahun 2020 yang lalu. Untuk memperpanjang HGU tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pengaturan dan Tata Cara Penetapan Hak Guna Usaha, pada Pasal 64, Hak Guna Usaha dengan luas 250 Ha (dua ratus lima puluh hektar) atau lebih, yang telah diberikan sebelum Peraturan Menteri ini berlaku dan belum melaksanakan kemitraan (lahan plasma), wajib memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat sekitar paling sedikit seluas 20% (dua puluh persen) dari total luas areal yang diusahakan oleh pemegang Hak Guna Usaha, pada saat perpanjangan jangka waktu atau pembaruan hak.
Pada saat ini, ujarnya, PT Pulahan Seruwai telah memperoleh izin HGU berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI No.13/HGU/KEM-ATR/BPN/11/2022 tanggal 14 Februari 2022 tentang Pembaruan Hak Guna Usaha atas nama PT. Perusahaan Perkebunan dan Perdagangan Pulahan Seruwai disingkat PT. Pulahan Seruwai atas tanah di Kab. Asahan.

Menurut informasi yang dihimpun oleh media, PT Pulahan Seruwai mendapatkan Izin HGU tersebut berdasarkan kelengkapan berkas perpanjangan yang dimohonkan kepada Kantor ATR dan BPN, dimana dalam pengusulan tersebut diantaranya PT Pulahan Seruwai telah memiliki kemitraan lahan plasma.
"Nah, menurut keterangan dari Imagustinus selaku Kepala Desa Piasa Ulu bahwa dirinya tidak pernah mengusulkan atau mengetahui siapa yang mengusulkan untuk peserta plasma dari desanya," ujar Budi.

"Namun informasi yang diterimanya dari sumber yang dipercaya, dirinya dan dua kepala desa lainnya yakni Desa Padang Sari dan Desa Terusan Tengah, ada membuat pengusulan peserta plasma perkebunan PT Pulahan Seruwai. Padahal yang diketahuinya, mereka tidak pernah melakukan pengusulan kelompok tani dari desanya untuk menjadi peserta plasma PT Pulahan Seruwai," ungkap Budi.
Kepala desa menyatakan, ‘’Tidak pernah kami membuat surat pengusulan untuk peserta plasma PT Pulahan Seruwai. Jika ada pengusulan itu berarti surat itu kami duga palsu dan saya ingat, saya tidak pernah menandatangani surat itu."

Dr. Budi Abdillah, SH., MH. selaku Bidang Hukum dan Advokasi Masyarakat Peduli Agrarira (Maspera) mengatakan bahwa Tiga Kepala Desa yang berbatas dengan Perkebunan milik PT Pulahan Seruwai telah memberikan Kuasa kepada pihaknyanya terkait persoalan adanya indikasi pemalsuan dokumen pengusulan peserta plasma perpanjangan HGU PT Pulahan Seruwai.
"Kami telah menerima kuasa dari tiga desa yang berbatasan dengan perkebunan PT Pulahan Seruwai, yakni Desa Piasa Ulu, Desa Padang Sari dan Desa Terusan Tengah. Para kepala desa ini juga telah membuat pernyataan bahwa mereka tidak pernah sama sekali membuat surat pengusulan untuk peserta plasma," ujar Budi.

"Sedangkan informasi yang kami dapatkan bahwa para kepala desa yang telah menyerahkan perkaranya kepada kami tidak pernah melakukan hal tersebut. Maka kami wajar berpendapat ada yang memalsukan dokumen atas pengusulan plasma PT Pulahan seruwai tersebut. Dan atas hal ini kami akan membuat laporan pengaduan kepada kepolisian’’, ucap Budi.
Editor: Budi

T#g:PlasmaKepala Desa
Berita Terkait
  • Kamis, 15 Sep 2022 22:35

    Nawal Lubis Wajibkan Setiap Desa Punya Perpustakaan

    Ketua Pengurus Daerah (PD) Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis terus mendorong minat baca masyarakat. Antara lain dengan mewajibkan setiap desa memiliki paling

  • Kamis, 11 Agu 2022 23:21

    Nasrullah: Luar Biasa, Batu Bara Bisa, Ketua TP. PKK Batu Bara Terima Penghargaan BKKBN RI

    Peranan Ketua TP. PKK Kabupaten Batu Bara, Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, S.E memang luar biasa, Batu Bara Bisa, atas capainnya telah mendapatkan berupa Penghargaan Mannggala Karya Kirana dari BKKBN R

  • Sabtu, 06 Agu 2022 14:06

    Dugaan kejanggalan dalam pengerjaan fisik dan penyerapan anggaran desa Pematang Terang, Sergai

    Terkait Pemberitaan Kades Pematang Terang Jarang Berkantor, Si Kades Coba - coba Intervensi Wartawan

  • Jumat, 05 Agu 2022 10:05

    Kepala Desa Pematang Terang Jarang Aktif Berkantor Masyarakat Kecewa

    Kepala Desa Pematang Terang Lammar Tua Silaen yang sudah menjabat kurang lebih 3 tahun sejak 2020 yang lalu di masa pandemi covid 19 ini disinyalir sangat jarang masuk kantor baik pagi, siang hingga p

  • Jumat, 22 Jul 2022 17:32

    Kades Sigara gara Resmi Laporkan dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Ke Polisi

    Kepala Desa Sigara gara Safi'i Tarigan merasa sebagai korban atas dugaan pemalsuan tanda tangan dan stempel Desa dalam berita acara permohonan sertifikat hak milik di atas tanah milik warganya ya

  • Selasa, 29 Mar 2022 22:29

    Ribuan Kepala Desa Kumpul di Istora

    Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menggelar kegiatan Silahturahmi Nasional Desa di Istora Senayan, Jakarta, hari ini. Kegiatan ini dihadiri oleh 15.000 kepala desa se-Indonesia dan d

  • Jumat, 21 Jan 2022 14:41

    Masih Berstatus Tenaga Pendamping, Kades Terpilih Pagaran Honas Batal Dilantik

    Kepala Desa terpilih, Heriyanto, dari Desa Pagaran Honas, Kecamaran Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, hingga saat ini belum dilakukan pelantikan.

  • Kamis, 17 Jun 2021 22:17

    Gubernur Edy Rahmayadi Minta Dana Desa Tidak Hanya Untuk Bimtek

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta para kepala desa agar menggunakan dana desa tidak hanya untuk bimbingan teknis (Bimtek), tetapi diprioritaskan untuk hal-hal yang lebih produktif.

  • Rabu, 19 Mei 2021 17:39

    Wabup Sergai: Jaga Kepercayaan Masyarakat, Kepala Desa Ujung Tombak Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

    Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP, Rabu (19/5/2021) melantik 4 (empat) orang Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) dan 2 (dua) orang Penjabat (Pj) Kepala Desa Tahun 2021.

  • Senin, 08 Feb 2021 11:38

    Donor Plasma Polri Bisa Jadi Teladan Bagi Lembaga Lain

    Pengamat Kesehatan Dr. Zainal Abidin mengungkapkan, belakangan ini para penyintas Covid-19 banyak melakukan kegiatan donor plasma konvalesen. Bahkan sejumlah lembaga pemerintahan, BUMN seperti Polri d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak