Kamis, 25 Jul 2024 06:57
men glow

Pj Bupati & Ribuan Umat Muslim Salat Idul Adha di Lapangan T Raja Muda

Deli Serdang (utamanews.com)

Oleh: Jonas

Senin, 17 Jun 2024 17:17

Humas Pemkab Deli Serdang
Salat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Tengku Raja Muda, Kecamatan Lubuk Pakam, Senin (17/6/2024).
adidas sale
Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM dan Sekretaris Daerah, H Timur Tumanggor SSos MAP bersama ribuan umat muslim melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Tengku Raja Muda, Kecamatan Lubuk Pakam, Senin (17/6/2024).

Ustaz H Khairul Anwar MA MSi dalam khutbahnya mengatakan, dalam menunaikan ibadah haji dituntut tiga hal utama, yaitu tenaga, harta dan jiwa. Rangkaian ibadah haji membutuhkan tenaga, seperti saat tawaf, sa'i dan melontar jumrah serta rangkaian rukun dan wajib haji lainnya.

Selama dalam perjalanan haji juga harus menyiapkan perbekalan harta yang cukup untuk dirinya dan keluarga yang ditinggalkan. Oleh karena itu, mengerjakan haji adalah kewajiban setiap muslim yang mampu, yakni mampu biaya, kesehatan dan ilmu pengetahuan tentang manasik haji.

Ketiga adalah mengenai jiwa. Idul Adha yang dikenal juga sebagai Hari Raya Kurban berasal dari kata Qoruba, berarti dekat. Jika posisi seseorang jauh dari Allah SWT, maka seseorang akan merasa lebih baik bersenang-senang, keliling dunia dengan hartanya dari pada pergi ke Mekkah menunaikan ibadah haji.

"Sebagai bentuk kepatuhan pada perintah Allah SWT, ibadah kurban merupakan bentuk solidaritas bagi mereka orang-orang fakir dan miskin," jelas Ustaz Fahcrizal.

Dalam Islam, ibadah kurban bukan hanya ritual persembahan untuk meningkatkan spiritualitas seseorang, bukan juga tontonan kesalehan orang kaya semata. Tapi lebih dari itu, kurban untuk memperkuat kepekaan sosial, menyantuni fakir miskin dan membuat gembira orang sengsara. Kurban mencerminkan pesan Islam, yakni seseorang hanya dekat dengan Allah SWT bila ia sebelumnya telah dekat dengan saudaranya yang kekurangan.

Distribusikan & Sembelih 42 Ekor Hewan Kurban

Seusai salat, Pj Bupati didampingi Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serdang, Ny Ismiralda Wiriya Alrahman bersama Sekretaris Daerah, H Timur Tumanggor dan Ketua Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny Hj Boya Timur Tumanggor serta pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang lainnya melepas dan memimpin prosesi penyembelihan hewan kurban di pelataran parkir Kantor Bupati Deli Serdang.

Pada Idul Adha kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang mendistribusikan dan menyembelih 42 ekor hewan kurban, terdiri dari 37 ekor lembu dan lima ekor Kambing.

Dari 42 ekor hewan kurban itu, 13 ekor lembu didistribusikan untuk Brigif 7/RR, Kodim 0204 DS, Yonif Mekanis 121/MK, Polresta Deli Serdang, Lapas Kelas IIB Lubuk Pakam, LVRI Sumatera Utara, Kejari Deli Serdang, PC NU Deli Serdang, Universitas Nahdlatul Ulama (UNUSU), Kecamatan Percut Sei Tuan, Kecamatan Biru Biru, Kecamatan Namorambe dan Kecamatan STM Hilir. Sedangkan, 24 ekor lembu dan lima ekor kambing disembelih di pelataran parkir Kantor Bupati Deli Serdang.

"Kurban yang diadakan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang ini bukanlah budaya, tetapi kewajiban sebagai umat Muslim yang taat dalam menjalankan syariat Islam," kata Pj Bupati.
Editor: Herda

T#g:Salat Idul AdhaWiriya Alrahmankurban
CRYPTO
Berita Terkait
  • Jumat, 21 Jun 2024 15:21

    Pj Bupati Launching Gerakan Menanam Cabai

    Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM melaunching Gerakan Menanam Bibit Cabai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Jumat (21/6/2024)."Semoga cabai yang kita tan


Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
girl underwear 1 girl underwear 2 girl underwear 3 girl underwear 4
tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️