Jumat, 23 Feb 2024 14:15

Pj Gubernur Hassanudin Ingatkan Generasi Muda Lanjutkan Perjuangan Pahlawan

Medan (utamanews.com)

Oleh: Tony

Jumat, 10 Nov 2023 13:50

Dinas Kominfo Sumut /Munawar Hrp
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Arief S Trinugroho menghadiri Upacara Tabur Bunga di Laut Belawan dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 di Perairan Buoy 2 Laut Belawan, Jumat (10/11/2023).
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengingatkan kepada generasi penerus bangsa agar terus melanjutkan perjuangan pahlawan bangsa. Kewajiban generasi saat ini menurutnya adalah mengisi hasil perjuangan para pahlawan terdahulu.

Salah satu cara meneruskan perjuangan pahlawan adalah dengan tetap mengingat perjuangan mereka. Hal tersebut menurut Hassanudin akan memumbuhkam rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

"Generasi sekarang harus menghormati dan menghargai nilai-nilai kepahlawanan, sebagai generasi penerus mari kita lanjutkan, kita isi perjuangan pahlawan kita," kata Hassanudin, usai menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Hari Pahlawan Nasional, Jumat (10/11) di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Salah satu ancaman yang merusak generasi muda saat ini adalah Narkoba, terutama di Indonesia. Saat ini, Sumut berada di peringkat pertama pengguna Narkoba sehingga perlu mendapat perhatian khusus.

"Ini menjadi perhatian kita bersama, Polri dan TNI bersinergi memberantas Narkoba di Sumut, karena kita harus menyelamatkan generasi kita," kata Hassanudin.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan upaya penegakan hukum, melayani dan mengayomi masyarakat. "Seperti itu cara kita memaknai hari pahlawan, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Kapolda.

Terkait Narkoba, Kapolda menjelaskan, sejak September pihaknya sudah menangkap 1.746 tersangka. Polda Sumut, menurutnya, akan terus belerja keras dalam memberantas Narkoba di Sumut.

"Langkah konkretnya kita harus menangkap pelaku, sudah 1.746 orang kita tangkap sejak November ditambah 1 kemarin DPO, kita amankan di Karo," kata Kapolda.

Ziarah Nasional kali ini juga diikuti Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mohammad Hasan, serta unsur Forkopimda lainnya. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut, veteran TNI dan Polri serta organisasi-organisasi kemasyarakatan.

Ziarah Laut di Belawan

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho mengikuti upacara dalam rangka memperingati hari pahlawan. Upacara dilaksanakan di atas dek KRI Lemadang 632 dalam rangka penghargaan dan penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut, untuk  merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia.

Upacara diikuti para Pejabat Utama Lantamal I Belawan, Anggota DPRD Sumut dan OPD Pemprov Sumut. KRI Lemadang 632 berangkat pukul 7.35 WIB dari Dermaga Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah Nomor 1 Belawan, menuju lokasi upacara di Perairan Buoy 2 laut Belawan, Jumat (10/11).

Upacara Tabur Bunga di laut diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan,  mengheningkan cipta dengan diiringi suara sirine. Selanjutnya, prosesi pelarungan karangan bunga dan penaburan bunga di laut dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal ) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, didampingi Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho dan selanjutnya diikuti para peserta dan undangan yang hadir.

Tema Hari Pahlawan Nasional 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Artinya, generasi penerus bangsa diminta untuk memaknai semangat para pahlawan yang telah berjuang dan mempertahankan nilai-nilai dan identitas bangsa.
Editor: Herda

T#g:Hari PahlawanPj Gubsu
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Nov 2023 08:51

    Pj Gubernur Sumut Naikkan UMP 2024 hingga 3,67%

    Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2024 sebesar Rp2.809.915. Jumlah tersebut naik 3,67% dari UMP tahun lalu yang sebesar Rp2.710.493.

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️