Rabu, 19 Jan 2022 08:52
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Ratusan warga Binjai antri bantuan sosial, jadwal pagi molor hingga siang

Ratusan warga Binjai antri bantuan sosial, jadwal pagi molor hingga siang

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Jumat, 14 Jan 2022 18:14
Istimewa
Ratusan warga didominasi ibu-ibu antri mendapatkan bantuan pemerintah
Ratusan masyarakat Kota Binjai menggeruduk Kantor Dinas Sosial Pemko Binjai yang beralamat di Jalan Jend Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Jumat (14/1).

Pantauan di lokasi, tampak masyarakat yang didominasi oleh kaum ibu terlihat berdesak desakan dan sangat ramai serta tidak mengindahkan Protokol Kesehatan (Prokes). Kedatangan mereka untuk mengambil bantuan sosial dengan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Tidak hanya itu, selain tampak berdesak desakan, berdasarkan data yang diperoleh, bantuan yang disalurkan oleh Bank BNI Binjai ini baru terealisasi pada Pukul 13.30 Wib. 

Akibatnya, terjadi kemacetan di Jalan Gatot Subroto, tepatnya di seputaran Dinas Sosial Kota Binjai. Bahkan, setengah badan jalan tampak digunakan sebagai lokasi parkir. 

"Kami sudah menunggu dari jam 8 pagi, tapi pembagiannya baru jam setengah dua tadi dimulai. Bantuan untuk masyarakat yang terdaftar dan terdata di BNBA Bansos Sembako PPKM Kota Binjai," ungkap Dewi, salah seorang warga Binjai yang mengaku sebagai penerima Bansos.

Menindaklanjuti hal ini, awak media mencoba melakukan konfirmasi kepada Plt Kadis Sosial Kota Binjai, Hamidan. Namun saat didatangi di Kantornya sekira Pukul 15.00 Wib, menurut Staffnya bahwa Hamidan sedang tidak ada di Kantor.

"Pak Kadis lagi keluar, sedangkan Kabidnya lagi berduka," ungkap salah seorang Staffmya yang bernama Hendra F Sitorus. 

Disinggung mengapa Bank BNI menyalurkan bantuan itu di Dinas Sosial, pria berkumis ini berdalih bahwa pihak Bank BNI tidak mempunyai tempat untuk menyalurkannya.

"Mereka (Bank BNI-red) tidak punya tempat yang luas, sehingga meminjam tempat disini," ujar Hendra, seraya mengatakan bahwa bantuan itu bernama Bantuan Pangan Non Tunai.

Hendra juga menyebutkan, Banntuan Pangan Non Tunai yang seharusnya dalam bentuk beras ini kini disalurkan dalam bentuk uang tunai.

"Seharusnya dalam bentuk beras, tapi entah karena apa, bantuan itu diganti dalam bentuk uang tunai. Umumnya warga yang menerima bantuan ini selama 6 bulan sekaligus, rinciannya perbulan Rp 200.000, jadi dikalikan dengan 6 bulan sama dengan Rp 1.200.000," beber Hendra F Sitorus, seraya menambahkan jika kegiatan ini sudah berlangsung selama 3 hari ini.

Disoal ada berapa orang yang berhak menerima BPNT untuk Kota Binjai, dengan tegas Hendra menjawab bahwa dirinya tidak mengetahuinya. 

"Saya tidak tau berapa kuotanya. Tapi setau saya pihak Kelurahan yang mengusulkan. Ada aplikasinya dan langsung di- online- kan ke Kemensos, jadi Kemensos yang me-upload. Selanjutnya Kemensos bekerjasama dengan pihak Bank BNI," katanya. 

Selanjutnya, kata Hendra, pihaknya menerima data penerima bantuan, untuk selanjutnya kita menyalurkannya ke Kecamatan, untuk selanjutnya Bank BNI menyalurkan ke rekening masing masing penerima BPNT. 

Disinggung membludaknya warga yang akan mengambil bantuan tersebut, Hendra berdalih bahwa pihaknya sebelumnya sudah menjadwalkan bantuan itu kepada para penerima bantuan. 

"Sudah kita jadwalkan, jamnya pun sudah kita buat. Namun kemungkinan karena masyarakat ingin cepat, mereka datang lebih awal. Tadi pagi sudah kita halo- halokan juga," ucapnya.

Sedangkan untuk data penerima Bantuan, sambung Hendra F Sitorus, pihak Bank BNI juga mempunyai data penerimanya. "Bank BNI ada datanya," ujar Hendra, seraya meminta salah seorang Staff Dinsos Kota Binjai untuk mengantarkan awak media ke pihak Bank BNI yang saat itu sedang bertugas di belakang Kantor Dinsos Binjai.

Namun dikarenakan berjubelnya warga di seputar pembagian itu, akhirnya salah seorang Staff Dinsos tidak mampu menuju ke pihak BNI. "Gak sanggup saya bang, lihatlah penuh kali," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diterima awak media, seharusnya penerima BPNT adalah dalam bentuk beras. Namun menurut beberapa sumber, beras yang semestinya sudah dibagikan sekitar sebulan yang lalu, ternyata tidak baik dan berkutu.

"Berasnya banyak kutunya," ungkap warga yang enggan menyebutkan namanya tersebut.
Editor: Herda

T#g:BPNTBansosWarga Binjai
Berita Terkait
  • Kamis, 06 Jan 2022 15:26

    8000 Warga Kota Medan Terima Bantuan KPM Rp1,2 Juta, Bobby Minta 4 Hari Selesai

    Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau pelaksanaan penyaluran bantuan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Kelurahan Mabar, Jalan Rumah Potong Hewan, Kecamatan Medan Deli, Kamis (6/1).

  • Kamis, 06 Jan 2022 09:36

    PT. MSB Salurkan Bantuan Bencana Banjir Bandang

    Sebagai wujud kepedulian dan rasa keprihatinan yang mendalam terhadap peristiwa bencana alam banjir bandang yang melanda 16 desa di Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas, manajemen PT. Ma

  • Selasa, 04 Jan 2022 08:04

    Satgas Pamtas Yonif 126/KC Bagikan Sembako Kepada Warga Perbatasan

    Untuk membantu meringankan kebutuhan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membagikan paket sembako kepada warga di perbatasan Kampung Umuaf, Kabupaten Keerom, Papua.

  • Jumat, 31 Des 2021 21:01

    Semarakkan HUT ke-16, Bakamla RI Salurkan Bansos Korban Erupsi Semeru dan Percepatan Vaksinasi

    (Foto Humas Bakamla RI)Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menyemarakkan hari jadinya ke-16 dengan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat korban dampak erupsi gunung Semeru di Ka

  • Rabu, 01 Des 2021 17:01

    Afifi Lubis: Bansos dan stimulus ekonomi lainnya dorong peningkatan daya beli masyarakat

    Afifi Lubis menghadiri Rapat Koordinasi Provinsi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumut dengan TPID Kabupaten/Kota se-Sumut di Medan, Selasa (30/11).(Foto: Alexander AP Siahaan/Diskomin

  • Jumat, 12 Nov 2021 10:12

    Bansos BPNT Bulan Oktober Untuk Masyarakat Tapteng Masih Tahap Pengiriman

    Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Robby Edata Manik, memberikan penjelasan tentang penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Sembako Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kement

  • Kamis, 04 Nov 2021 06:04

    Hadirkan Pemerintah di tengah masyarakat, Pemkab Sergai-Kemensos RI salurkan bantuan bencana banjir

    Hujan yang mengguyur bumi akhir-akhir ini menyebabkan debit air sungai meningkat dan meluap di wilayah yang memiliki dataran lebih rendah.Kondisi ini menyebabkan beberapa desa di Kecamatan Sei Rampah

  • Kamis, 28 Okt 2021 20:08

    Ormas di Binjai Salurkan Bansos kepada masyarakat bersinergi dengan Polres dan Kodim 0203/LKT

    "Peduli Kemanusiaan" Polres Binjai dan Kodim 0203/LKT bersama Ormas Pemuda Kota Binjai, memberikan Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat yang kurang mampu, Kamis (28/10).Pembagian Bansos kepada ma

  • Sabtu, 23 Okt 2021 21:33

    Sukseskan Program Pemerintah, Kodim 1701/Jayapura Beri Bantuan Tunai Kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung

    Kodim 1701/Jayapura telah melaksanakan kegiatan Launching Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung- Tentara Nasional Indonesia (BTPKLW-TNI) kepada warga masyarakat terdampak Covid-19 yang telah ter

  • Jumat, 08 Okt 2021 15:38

    Kodim 0201/Medan Salurkan Bantuan Tunai Untuk Pedagang, Walikota Apresiasi

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengapresiasi atas bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW) yang disalurkan Kodim 0201/Medan. Bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak