Sabtu, 26 Nov 2022 20:19

Rencana Rangkaian Ibadah Pemakaman WTP Simarmata Di Samosir

Taput (utamanews.com)
Oleh: Winner Simanungkalit
Sabtu, 18 Jun 2022 15:18
(Dok. Biro TIK HKBP)
Kepala Biro TIK HKBP, Fortunate Siagian
Prosesi nantinya akan dipimpin 5 Unsur Pimpinan HKBP (Huria Kristen Batak Protestan), dimana Kelima pucuk pimpinan HKBP itu terdiri dari Ephorus HKBP Pdt.Dr. Robinson Butarbutar, Sekjen HKBP Pdt.DR. Viktor Tinambunan MST, Kadep (Kepala Departemen) Koinonia Pdt.DR. Deonal Sinaga, Kadep Marturia Pdt Daniel Taruliasi Harahap, MTh dan Kadep Diakonia Pdt. Debora Purada Sinaga MTh.

Demikian diinformasikan Kepala Biro Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) HKBP Pdt. Fortunate Siagian, Sth kepada wartawan Sabtu (18/6) di kantornya.

Dari penjelasannya kepada awak media, nantinya pada ibadah pelepasan pemakaman dipimpin Ompui Eporus HKBP Dr. Robinson Butarbutar untuk seluruh rangkaian ibadah.

Sementara Sekjen Pdt Dt Viktor Tinambunan akan membawa doa pembukaan, dilanjutkan Liturgis oleh Kadep Marturia Pdt.Daniel Taruli Asih Harahap, MTh. Dan, Kadep Diakonia mewakili pimpinan HKBP menyampaikan kata belasungkawa. Untuk Kadep Kononia, akan sebagai penerjemah untuk tamu dari utusan pimpinan UEM (United Evangelical Mission).

Dia juga menjelaskan bahwa acara pelepasan pemakaman nanti dilaksanakan dari Gereja HKBP Simarmata di Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

"Sesuai intstruksi Ompui Ephorus HKBP, nanti tanggal 21 Juni 2022, 5 Pucuk pimpinan HKBP akan memimpin rangkaian ibadah pelepasan pemakaman jenazah Ephorus Emeritus Pdt Dr (CH) WTP, Simarmata, MA di Gereja HKBP Simarmata Samosir," terangnya.

"Hari ini (Sabtu,18/06) dilakukan Ibadah penghiburan bagi Kel. Alm. Ompu i Ephorus Em. Pdt. Dr. WTP. Simarmata, MA. yang dipimpin Sekjen HKBP Pdt.Dr. Victor Tinambunan, MST. Praeses HKBP Distrik X Medan-Aceh Pdt. Hendrik Napitupulu, MTh, Ompu i Ephorus Em. Pdt. Dr. J.R. Hutauruk, bersama Ompu i Ephorus Em. Pdt. Dr. Bonar Napitupulu dan keluarga Pendeta (Pdt) HKBP Distrik X Medan-Aceh" ungkapnya.

Sekilas Tentang Profil PWT Simarmata

Ephorus Emerutus (Em) Pdt. Willem T.P. Simarmata, merupakan salah satu tokoh inspiratif HKBP. Beliau terkenal sebagai sosok yang cerdas, bersahaja dan sosok panutan bagi kalangan orang Tua dan Muda. 

Beliau dikenal dengan seruan motivasi bagi kaum muda adalah “Go to the next level” agar para pemuda memiliki semangat dalam meniti karirnya dalam pelayanan dan berbagai pekerjaan.

Beliau menggantikan Ephorus (Em) Pdt. Dr. Bonar Napitupulu sebagai Ephorus HKBP pada periode 2012-2016. Setelah pensiun dari HKBP beliau terpilih menjadi angota DPD RI dari Sumatera Utara pada tahun 2019 dengan perolehan tertinggi 803.638 suara yang menjabat pada tahun 2019-2024.

Sebelum masuk pada pemilihan anggota legislatif, beliau telah banyak menduduki jabatan penting, pernah menjadi staf khusus Sekretaris Jenderal HKBP, Dosen Sekolah Pendeta HKBP Seminarium Sipoholon, Direktrur Departemen Pendidikan HKBP, Pendeta Resort Batam Distrik XX Kepri, Sekretaris Jenderal HKBP (1998-2008), Dosen STT HKBP (2008-2012), Ephorus HKBP (2012-2016), Dosen UHN Medan (2016-2018).

Selain menduduki jabatan di HKBP beliau juga aktif di beberapa organisasi Dalam Negeri maupun Luar Negeri. Beberapa organisasi tersebut dengan jabatan penting yaitu Sekretaris Cabang GMKI Pematangsiantar, Ketua Cabang GMKI Pematangsiantar, Ketua Umum PGI Wilayah Sumut dan Vice Moderator of The Asian Region For The United Evangelical Mission (UEM).

Sosok yang sangat dikenal dengan kebaikannya itu kini telah berpulang ke rumah Bapa di Surga. Pada Jumat, 17 Juni 2022 di RS. Columbia Asia Medan, Sumatera Utara beliau menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan sakit yang beliau alami.

Kecintaan jemaat dan masyarakat yang mengenalnya sangat tampak dari ucapan belasungkawa yang datang baik melaui media sosial maupun yang melayat ke rumah duka. Tampak dari laman facebook beberapa pelayat dari berbagai kalangan seperti tokoh agama, para Pelayan Gereja, pemerintah, jemaat dan keluarga.

Segenap Pelayan dan Staf Kantor Pusat HKBP juga mengucapkan Turut Berdukacita atas meninggalnya Ephorus (Em) Pdt. Willem T.P Simarmata, MA (14 Juli 1954 - 17 Juni 2022).
Editor: Robi

T#g:HKBPSamosirWTP SimarmataDukacita
Berita Terkait
  • Sabtu, 26 Nov 2022 20:06

    Jadi Orang Batak, Erick Thohir Diberi Marga Sidabutar

    Menteri BUMN, Erick Thohir resmi menyandang marga Sidabutar. Peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022).

  • Sabtu, 26 Nov 2022 13:06

    Wali Kota Pematang Siantar Hadiri Wisuda S1 Universitas HKBP Nommensen

    Wisuda bukanlah momentum untuk berhenti belajar, namun ilmu yang selama ini telah didapatkan di kampus agar dilanjutkan dan digunakan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi dan menyelesaikan tanta

  • Rabu, 23 Nov 2022 09:23

    Warga Berduka, Prajurit Satgas Yonif Raider 142/KJ Hadir dan Beri Bantuan

    Sebagai wujud rasa turut berduka cita serta kepedulian terhadap warga di sekitar penugasan yang sedang mengalami musibah, Personel Pos Kanggjme Satgas Yonif Raider 142/KJ melayat dan memberikan bantua

  • Minggu, 20 Nov 2022 20:20

    Safari Natal di Gereja HKBP Pardamean, Bobby Nasution minta dukungan untuk pembangunan Kota Medan

    Agar seluruh pembangunan yang dijalankan Pemko Medan dapat berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan, Wali Kota Medan Bobby Nasution minta doa dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, termas

  • Jumat, 11 Nov 2022 19:01

    Babinsa Koramil 1710-02/Timika Berikan Bantuan Sembako Kepada Keluarga Alm Serda Falerius

    Sebagai bentuk kepedulian kepada Keluarga Besar TNI (KBT), Babinsa Koramil 1710-02/Timika memberikan bantuan Sembako kepada keluarga Alm. Serda Falerius, Kamis (10/11/2022).

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama