Senin, 04 Jul 2022 04:34

Rencana Rangkaian Ibadah Pemakaman WTP Simarmata Di Samosir

Taput (utamanews.com)
Oleh: Winner Simanungkalit
Sabtu, 18 Jun 2022 15:18
(Dok. Biro TIK HKBP)
Kepala Biro TIK HKBP, Fortunate Siagian
Prosesi nantinya akan dipimpin 5 Unsur Pimpinan HKBP (Huria Kristen Batak Protestan), dimana Kelima pucuk pimpinan HKBP itu terdiri dari Ephorus HKBP Pdt.Dr. Robinson Butarbutar, Sekjen HKBP Pdt.DR. Viktor Tinambunan MST, Kadep (Kepala Departemen) Koinonia Pdt.DR. Deonal Sinaga, Kadep Marturia Pdt Daniel Taruliasi Harahap, MTh dan Kadep Diakonia Pdt. Debora Purada Sinaga MTh.

Demikian diinformasikan Kepala Biro Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) HKBP Pdt. Fortunate Siagian, Sth kepada wartawan Sabtu (18/6) di kantornya.

Dari penjelasannya kepada awak media, nantinya pada ibadah pelepasan pemakaman dipimpin Ompui Eporus HKBP Dr. Robinson Butarbutar untuk seluruh rangkaian ibadah.

Sementara Sekjen Pdt Dt Viktor Tinambunan akan membawa doa pembukaan, dilanjutkan Liturgis oleh Kadep Marturia Pdt.Daniel Taruli Asih Harahap, MTh. Dan, Kadep Diakonia mewakili pimpinan HKBP menyampaikan kata belasungkawa. Untuk Kadep Kononia, akan sebagai penerjemah untuk tamu dari utusan pimpinan UEM (United Evangelical Mission).

Dia juga menjelaskan bahwa acara pelepasan pemakaman nanti dilaksanakan dari Gereja HKBP Simarmata di Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

"Sesuai intstruksi Ompui Ephorus HKBP, nanti tanggal 21 Juni 2022, 5 Pucuk pimpinan HKBP akan memimpin rangkaian ibadah pelepasan pemakaman jenazah Ephorus Emeritus Pdt Dr (CH) WTP, Simarmata, MA di Gereja HKBP Simarmata Samosir," terangnya.

"Hari ini (Sabtu,18/06) dilakukan Ibadah penghiburan bagi Kel. Alm. Ompu i Ephorus Em. Pdt. Dr. WTP. Simarmata, MA. yang dipimpin Sekjen HKBP Pdt.Dr. Victor Tinambunan, MST. Praeses HKBP Distrik X Medan-Aceh Pdt. Hendrik Napitupulu, MTh, Ompu i Ephorus Em. Pdt. Dr. J.R. Hutauruk, bersama Ompu i Ephorus Em. Pdt. Dr. Bonar Napitupulu dan keluarga Pendeta (Pdt) HKBP Distrik X Medan-Aceh" ungkapnya.

Sekilas Tentang Profil PWT Simarmata

Ephorus Emerutus (Em) Pdt. Willem T.P. Simarmata, merupakan salah satu tokoh inspiratif HKBP. Beliau terkenal sebagai sosok yang cerdas, bersahaja dan sosok panutan bagi kalangan orang Tua dan Muda. 

Beliau dikenal dengan seruan motivasi bagi kaum muda adalah “Go to the next level” agar para pemuda memiliki semangat dalam meniti karirnya dalam pelayanan dan berbagai pekerjaan.

Beliau menggantikan Ephorus (Em) Pdt. Dr. Bonar Napitupulu sebagai Ephorus HKBP pada periode 2012-2016. Setelah pensiun dari HKBP beliau terpilih menjadi angota DPD RI dari Sumatera Utara pada tahun 2019 dengan perolehan tertinggi 803.638 suara yang menjabat pada tahun 2019-2024.

Sebelum masuk pada pemilihan anggota legislatif, beliau telah banyak menduduki jabatan penting, pernah menjadi staf khusus Sekretaris Jenderal HKBP, Dosen Sekolah Pendeta HKBP Seminarium Sipoholon, Direktrur Departemen Pendidikan HKBP, Pendeta Resort Batam Distrik XX Kepri, Sekretaris Jenderal HKBP (1998-2008), Dosen STT HKBP (2008-2012), Ephorus HKBP (2012-2016), Dosen UHN Medan (2016-2018).

Selain menduduki jabatan di HKBP beliau juga aktif di beberapa organisasi Dalam Negeri maupun Luar Negeri. Beberapa organisasi tersebut dengan jabatan penting yaitu Sekretaris Cabang GMKI Pematangsiantar, Ketua Cabang GMKI Pematangsiantar, Ketua Umum PGI Wilayah Sumut dan Vice Moderator of The Asian Region For The United Evangelical Mission (UEM).

Sosok yang sangat dikenal dengan kebaikannya itu kini telah berpulang ke rumah Bapa di Surga. Pada Jumat, 17 Juni 2022 di RS. Columbia Asia Medan, Sumatera Utara beliau menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan sakit yang beliau alami.

Kecintaan jemaat dan masyarakat yang mengenalnya sangat tampak dari ucapan belasungkawa yang datang baik melaui media sosial maupun yang melayat ke rumah duka. Tampak dari laman facebook beberapa pelayat dari berbagai kalangan seperti tokoh agama, para Pelayan Gereja, pemerintah, jemaat dan keluarga.

Segenap Pelayan dan Staf Kantor Pusat HKBP juga mengucapkan Turut Berdukacita atas meninggalnya Ephorus (Em) Pdt. Willem T.P Simarmata, MA (14 Juli 1954 - 17 Juni 2022).
Editor: Robi

T#g:HKBPSamosirWTP SimarmataDukacita
Berita Terkait
  • Jumat, 01 Jul 2022 19:01

    Presiden Jokowi Berduka MenpanRB Tjahjo Kumolo Meninggal

    Presiden Joko Widodo berduka atas meninggalnya Menpan RB Tjahjo Kumolo. Ucapan duka itu disampaikan oleh Mensesneg Pratikno saat melayat ke rumah sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pus

  • Sabtu, 25 Jun 2022 09:45

    Kasrem 172/PWY Pimpin Pengantaran Jenazah Anggota Satgas Yonif 126/KC

    Kepala Staf Korem (Kasrem) 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto selaku Wadankolakops bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara pengantaran jenazah personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/Kala Ca

  • Selasa, 21 Jun 2022 16:01

    Prosesi Pemakaman Pdt WTP Simarmata Dipimpin Ompu i Ephorus HKBP

    Jenazah Pdt. WTP Simarmata dikebumikan di tempat kelahirannya di Simarmata Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara, Selasa, 21 Juni 2022.Ibadah pelepasan dan penguburan dihadiri

  • Senin, 20 Jun 2022 20:40

    Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah Kunjungi Rumah Duka WTP Simarmata

    Sumut Kehilangan Tokoh Nasional

  • Senin, 13 Jun 2022 20:53

    Datangi Gedung Pakuan Bandung, Kasad Doakan Almarhum Emmeril Khan Mumtadz (Eril)

    Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M, atas nama Keluarga Besar TNI AD menyampaikan ucapan bela sungkawa atas berpulangnya almarhum Emmeril Khan Mumtadz ata

  • Senin, 06 Jun 2022 01:06

    Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Eril

    Presiden Jokowi turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Eril, putra sulung Ridwan Kamil yang tenggelam di Sungai Aare.Jokowi menyampaikan hal tersebut

  • Jumat, 03 Jun 2022 10:33

    Edy Rahmayadi dan Paguyuban Wargi Sunda Sumut Gelar Doa Bersama untuk Anak Ridwan Kamil

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan doa bersama dengan Paguyuban Wargi Sunda (PWS) Sumut untuk anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz. Mendoakan agar harapan Ridwan Kamil dan kelu

  • Kamis, 02 Jun 2022 18:02

    Hadiri Pemakaman Ibunda Tuan Guru Batak, Kapolda Sumut Ucapkan Belasungkawa

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi menghadiri pemakaman Syarifah HJ Zahara Siregar Ibunda Tuan Guru Batak Syeh Dr Ahmad Sabban Elrahmaniy Rajagukguk, Kamis (02/06/2022).Selain

  • Kamis, 02 Jun 2022 11:32

    Satgas Yonif 126/KC Bantu Pemakaman Warga Perbatasan Papua

    Satgas Yonif 126/KC Pos Kalibom terjun langsung untuk membantu dalam prosesi pemakaman warga mulai dari proses ibadah pelepasan jenazah hingga ke tempat penguburan dengan membantu memikul peti jenazah

  • Selasa, 31 Mei 2022 16:41

    Mewakili Kapolres, Kasat Lantas AKP Rusbenny Melayat Ke Rumah Duka

    Atas meninggalnya Istri Kapos Lantas Polsek NA IX-X Ny.Tuty Erawani Sitompul, Kasat Lantas Polres Labuhanbatu AKP Rusbenny.,S.H.,M.H mewakili Kapolres Labuhanbatu didampingi Perwira Sat Lantas dan per

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak