Jumat, 29 Mar 2024 13:18
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Sarasehan LSM Martabat tentang ancaman terorisme di Sumut

MEDAN (utamanews.com)

Oleh: Utama News

Sabtu, 08 Feb 2014 06:38

Permasalahan terorisme terus menjadi ancaman nyata di Indonesia, khususnya di wilayah Sumut yang berulang kali menjadi target penggerebekan teroris ataupun menjadi wilayah yang teridentifikasi memiliki potensi gangguan keamanan yang tinggi.

Hal ini menjadi dasar pelaksanaan sarasehan oleh LSM Martabat Sumut bekerja sama dengan Markas Daerah Laskar Merah Putih (LMP) Sumatera Utara, bertema “Ancaman Faktual Terorisme di Sumut,” dengan pembicara Samson Sihombing, S.Pd (Ketua LSM Martabat Sumut), dihadiri perwakilan FKPT Sumut, dan sekitar 100 orang pengurus LMP Sumut, di Markas Daerah LMP Sumut, jalan Pinang Baris No.89-d, pada Kamis, 6/2/2014, Pukul 18.00 wib s/d selesai. 

Samson Sihombing, mengemukakan bahwa ancaman bahaya terorisme di Sumut akan terus menjadi masalah laten yang rawan terjadi. Hal ini disebabkan aspek geostrategis Provinsi Sumut yang rentan untuk dimanfaatkan sebagai basis atau transit bagi pergerakan teroris. Karenanya, masyarakat harus terus mewaspadai ancaman pergerakan terorisme di wilayah Sumut.

“Terorisme adalah perbuatan sewenang-wenang untuk menciptakan ketakutan terutama dengan jalan kekerasan untuk mencapai tujuan yang biasanya bersifat politis. Hal ini murni tindakan kriminal karena ditempuh dengan cara-cara kekerasan. Oleh karena itu, terorisme yang menggunakan alasan agama dan ideologi hanyalah kedok untuk membenarkan gerakan teror tersebut,” tambahnya dengan tegas.

Samson mengemukakan, secara umum, ideologi terorisme berakar dari radikalisme berupa pemahaman sempit terhadap suatu keyakinan dan agama. Hal ini menantang dan mengancam masyarakat karena saat ini pelaku terorisme dapat berasal dari kalangan dan rentang umur mana pun.
Masyarakat, utamanya kader LMP Sumut diharapkan tetap menekankan aspek rasionalitas sebagai dasar dalam tindakan dan pemikiran untuk mencegah semakin berkembangnya gerakan terorisme.

Sosialisasi tersebut mendapat tanggapan positif dari para kader LMP Sumut yang mengaku kerawanan terorisme memang masih menjadi bahaya yang perlu diantisipasi dalam rangka menjaga kemanan masyarakat. Hendra Raja Munthe, Ketua LMP Sumut, mengatakan bahwa segenap jajaran pengurus sampai simpatisan Laskar Merah Putih telah berkomitmen untuk mengawal negara dan rakyat Indonesia dari segala macam ancaman teror dari manapun. LMP akan terus mendukung kegiatan sarasehan yang memperkaya pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang bahaya dan ancaman terorisme yang masih terjadi di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. 

BM. Aritonang,Wakil Ketua LMP Sumut, memberikan tanggapan bahwa saat ini di Indonesia banyak konsep sempit tentang terorisme yang menggambarkan ciri-ciri pelaku teroris seperti berjenggot dan sebagainya. Hal ini mengganggu HAM individu di Indonesia. Sementara itu, AS sebagai negara yang pertama kali menyatakan perang terhadap terorisme justru yang memulai penyerangan ke negara-negara Timur Tengah.

Menanggapi hal tersebut, Samson Sihombing menjawab bahwa perspektif penetapan konsep terorisme di Indonesia saat ini memang masih diperdebatkan. Namun, ancaman terorisme tetap nyata. Oleh karena itu, kewaspadaan terhadap terorisme tetap perlu terus ditanamkan di masyarakat khususnya elemen organisasi dan generasi muda. 

Putra, mahasiswa/anggota LMP Sumut, dalam tanggapannya mengemukakan bahwa usaha pencegahan penyebaran terorisme di kalangan organisasi LMP Sumut dapat dilakukan dengan meningkatkan penanaman anti terorisme di kalangan anggota dan mengoptimalkan fungsi humas untuk pertukaran informasi bila terdapat kemungkinan atau kerawanan gejala aksi radikal atau tindakan mencurigakan yang dapat menjadi aksi terorisme di masyarakat. (*)
T#g:LSMmartabatteroris
makeup remover
Berita Terkait
  • Senin, 20 Nov 2023 07:40

    Kompolnas Ajak Masyarakat Berantas Radikalisme

    Upaya Cooling System terus dilakukan Polri dengan menggandeng sejumlah pihak. Kali ini, dilakukan dengan bedah buku Radikalisme, Terorisme, dan Deradikalisasi di Indonesia karya Asisten Kapolri bidang

  • Rabu, 13 Sep 2023 19:03

    Kenduri Ajak Masyarakat Tanggulangi Ancaman Terorisme

    Mewakili Walikota Binjai, Kaban Kesbangpol Kota Binjai Drs. Ruslianto, M.Pd, menghadiri kegiatan Kenali dan Peduli Lingkungan Sendiri (Kenduri) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Ut


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️