Rabu, 19 Jan 2022 08:36
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Satu Tahun Honor Kader Posyandu Kecamatan Rantau Utara Belum Dibayar

Satu Tahun Honor Kader Posyandu Kecamatan Rantau Utara Belum Dibayar

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Minggu, 09 Jan 2022 20:09
Istimewa
Ilustrasi kader Posyandu
Tahun 2021 sudah berlalu, kini sudah memasuki bulan Januari tahun 2022, namun masih ada tunggakan pemerintah daerah tahun lalu yang belum direalisasikan.

Salah satu tunggakan pemerintah daerah kabupaten Labuhanbatu yang belum direalisasikan yakni pembayaran honor kader Posyandu yang ada di kelurahan se-kecamatan Rantau Utara.

Kader posyandu yang ada dikecamatan Rantau Utara hingga kini belum menerima honor terhitung satu tahun. Lambat dan belumnya ada kepastian kapan diberikan membuat para kader Posyandu yang sudah menjalankan kewajibanya mengeluh dan merasa kecewa.

Pasalnya, honor tersebut sangat diharapkan mereka untuk dapat digunakan berbelanja kebutuhan hidup sehari-hari di tengah masih sulitnya ekonomi dimasa pandemi covid-19.

Terkait hal tersebut, utamanews coba meminta konfirmasi kepala kecamatan Rantau Utara, lewat selulernya Turing Ritonga selaku Camat membenarkan bahwa satu tahun kader posyandu yang ada di kelurahan-kelurahan belum menerima honor.

"Ooh iya, gini itu pak, karena waktu itu masih banyak potongan untuk covid, kan gitu, jadi di tahun 2022 ini dibayarkan bulan dua nanti." ujarnya.

"Karena belum tertampung anggarannya hari itu gara-gara covid itu, bulan dua ini dibayarkan lah itu langsung, sudah dimasukan itu ke DPA," jelas Camat.

Saat disinggung utamanews untuk honor kader posyandu yang ada di kecamatan Rantau Selatan telah selesai dibayar pada akhir bulan Desember tahun 2021, sedangkan kecamatan Rantau Utara hingga kini belum dibayarkan, dalam hal ini, Camat Rantau Utara beralasan bahwa anggaran kelurahan yang ada di kecamatan Rantau Selatan lebih besar dibandingkan dari anggaran kelurahan di kecamatan Rantau Utara.

"Betul, karena anggaran di Rantau Selatan kelurahannya lebih besar dibandingkan anggaran kelurahan yang ada di kecamatan Rantau Utara, bisalah membayarkan dana posyandu di Rantau Selatan, di Rantau Utara lebih kecil anggarannya," ungkap Camat Minggu (9/01/2021) Sekira pukul 11:25 Wib.

Terpisah sebelumnya, Kepala Kelurahan Sirandorung M. Khamisdan Ritonga melalui selulernya, Selasa (4/01/21) sekira pukul 16:29 Wib saat dikonfirmasi mengakui belum membayarkan honor kades posyandu yang ada di kelurahannya.

"Belum dibayarkan bang, kemarin sudah kita bawakan tapi setelah ketok APBD nanti dibayarkan." katanya.

"Belum tahulah, ketemu dewanlah bang, memang se-Rantau Utara itu belum, anggarannya ada di kecamatan, nanti masuk ke rekening kecamatan baru kami membagikannya," ucap Lurah saat dicecar pertanyaan kapan honor kader posyandu dibayarkan.

Di sisi lain, salah seorang kader posyandu kelurahan Sirandorung yang enggan disebutkan namanya kepada utamanews menyampaikan harapan agar Bupati Labuhanbatu mendengar keluhan ini dan dapat segera membayarkan honor mereka.

"Harapannya, kiranya bapak Bupati mendengar keluhan ini dan dapat segera membayarkan honor kami," ucapnya penuh harap.

Informasi dihimpun besaran honor untuk kader posyandu yang ada di kelurahan se-kecamatan Rantau Utara, satu bulannya sebesar Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) perorang, satu posyandu di isi sebanyak lima orang kader.

Posyandu merupakan upaya pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh masyarakat. Kegiatan ini meliputi pemeliharaan kesehatan bayi, balita, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Posyandu berfungsi untuk melayani peningkatan kesehatan masyarakat, antara lain penimbangan balita, pelayanan KB, pemeriksaan ibu hamil, penambahan gizi balita, dan imunisasi.

Pada pelaksanaannya, kegiatan posyandu diawasi oleh kader-kader kesehatan. Kader kesehatan tersebut adalah ibu-ibu yang telah memperoleh pendidikan dan pelatihan dari puskesmas tentang pelayanan kesehatan dasar.
Editor: Budi

T#g: Rantau UtaraPosyandu
Berita Terkait
  • Rabu, 15 Des 2021 18:25

    Satgas Yonif 126/KC Berikan Layanan Kesehatan Posyandu Bagi Warga Perbatasan Papua

    (Foto: Satgas Yonif 126/KC)Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC berkerjasama dengan Puskesmas Towe Hitam, memberikan pelayanan kesehatan Posyandu kepada anak-anak dan Balita perbatasan papua tep

  • Selasa, 23 Nov 2021 18:53

    Ny Rita Panca Putra Kunjungan Kerja ke Binjai

    Ketua pengurus Bhayangkari Sumatera Utara Ny Rita Panca Putra, beserta rombongan, hadir ke Polres Binjai dan disambut langsung oleh Ketua Bhayangkari Binjai Ny Junika Ferio Sano Ginting, sekaligus Kap

  • Jumat, 09 Jul 2021 20:09

    Satgas TMMD Kodim 0204/DS Bantu Posyandu Timbang Balita

    Personel Satgas TMMD 111 Kodim 0204/Deliserdang ikut membantu proses penimbangan balita di Posyandu Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deliserdang, Jumat (9/7/2021).Kegiatan ini dilakukan personel Satga

  • Selasa, 22 Jun 2021 15:12

    Satgas TMMD Kodim 0204/DS Sosialisasi Pos Bindu PTM

    TMMD ke-111 Kodim 0204/DS sangat peduli dengan kesehatan warga. Selain sosialisasi protokol kesehatan (prokes) covid-19 yang terus dilakukan personel Satgas di lokasi sasaran, beberapa program sasaran

  • Senin, 24 Mei 2021 17:24

    Peran Aktif Serda La Rosulu Babinsa Sebubus Dampingi Kegiatan Posyandu Saat Pandemi Covid-19

    Bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di tengah Pandemi Covid 19 saat ini, khususnya bagi ibu hamil dan balita di wilayah binaan, Babinsa Koramil 08/Paloh Kodim 1208/Sambas, Serda La Rasulu

  • Sabtu, 24 Apr 2021 12:24

    Wujudkan Keluarga dan Balita Sehat di Papua, Babinsa Merauke Bantu Posyandu

    Dalam rangka ikut serta mewujudkan keluarga bahagia dan balita yang sehat, Babinsa Koramil 1707-14/Senggo jajaran Kodim 1707/Merauke Serda Hendro Triwibowo membantu petugas kesehatan Puskesmas Senggo

  • Minggu, 18 Apr 2021 10:18

    Tim Kesehatan Satgas Yonif 512 Bantu Program Posyandu Di Wilayah Perbatasan

    Demi terwujudnya keluarga kecil bahagia dan sejahtera, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Kotis bekerjasama dengan anggota Puskesmas setempat untuk memberikan pelayanan kesehatan Posyandu d

  • Jumat, 09 Apr 2021 17:39

    Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Bagi Kader Posyandu se-Kota Tebing Tinggi

    Pemko Tebing Tinggi melalui Dinas PMK melaksanakan kegiatan Metodologi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat bagi Kader Posyandu se-Kota Tebing Tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas S

  • Senin, 29 Mar 2021 18:39

    Kahiyang Teteskan Imunisasi Polio untuk Balita di Medan Tuntungan

    Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution melakukan kunjungan kerja ke Posyandu Balita dan Ibu Hamil di Jalan Flamboyan, Gang Manan, Lingkungan 3, Kelurahan Tanjung Selamat, Me

  • Sabtu, 20 Mar 2021 03:20

    TNI Bantu Masyarakat Papua Melaksanakan Posyandu

    Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam hal ini Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Koya Koso turut serta melaksanakan kegiatan Komsos bersama masyarakat yaitu Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Ka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak