Selasa, 30 Apr 2024 09:30
flash sale baju bayi
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Tak Tegak Lurus Dengan "Batu Bara Bangkit," KOMPI Minta Pj. Bupati Evaluasi Kadisperpusda

Batu Bara (utamanews.com)

Oleh: Mukhlis Aci

Jumat, 01 Mar 2024 18:11

Istimewa
Ketua Komunitas Peduli (Kompi) Kabupaten Batu Bara, Arwan Syaputra, S.H
Slogan atau Tagline Batu Bara Bangkit yang digaungkan Pj. Bupati Nizhamul didukung penuh oleh Komunitas Peduli (Kompi) Batu Bara. Kehadiran slogan itu dianggap sebagai reformasi birokrasi di pemerintahan Kabupaten Batu Bara. 

Kompi menilai pengalaman Pj Bupati, mulai dari kasatpol-PP Provinsi Riau ditahun 2012 yang sudah pasti ia adalah PPNS yang paham betul menjaga kondusifitas daerah.

"Kita pelajari rekam jejak Pj ini, banyak prestasi Nizhamul seperti saat memimpin satpol-PP Riau dapatkan pujian sebagai Satpol-PP yang terbaik se-Indonesia, yaitu Direktur Pol-PP Dan Linmas Kemendagri," ujar sang aktivis Kompi Batu Bara Arwan kepada Utamanews.com, Jum'at (01/03/2024).

Diketahui oleh Arwan, bahwa Nizhamul ini juga Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi di Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) itu dianggap perlu "extra hati-hati" terhadap beberapa kepala OPD yang kurang singkron dan dinilai tidak memiliki semangat "Batu Bara Bangkit".

"Pertama kita perlu apresiasi dan mendukung kepemimpinan Nizhamul dalam membangun Batu Bara selama di tahun 2024 ini dengan segala strategi jitunya," ungkapnya.

Namun kata pemerhati kebijakan Publik itu, jangan sampai segudang program baik dikalahkan satu titik "noda hitam".

Namun usut punya usut Kompi menilai masih ada Kepala Dinas di Batu Bara yang dianggap "Tidak Tegak Lurus dengan semangat Batu Bara Bangkit," seperti Oknum Kadis Perpusda Batu Bara. 

"Ini bisa dibuktikan dengan pelayanan publik yang kurang maksimal, dan kurang komunikatifnya saudara Elpandi dalam memimpin kedinasannya," ucapnya.

Seperti, adanya permintaan klarifikasi anggaran yang direalisasikan kantornya pada tahun anggaran 2022 senilai Rp.651.305.617 dan telah disurati sejak 03 oktober 2023 lalu yang sampai saat ini tidak ditanggapi secara positif dan tidak adanya i'tiqad baik Kadisperpusda.

Padahal lanjutnya, pemerintahan kita telah lama mendukung pelayanan publik yang baik, seperti ditandai banyak prestasi dari 2021 hingga 2023 lalu dibidang pelayanan publik, dan juga prestasi dibidang KIP.

"Tapi pencapaian ini tidak didukung dengan kinerja yang baik oleh kepala OPD disperpusda Batu Bara sebagai aparatur sipil negara," berangnya.

Bahkan disinyalir oknum Kadis Perpusda diduga tidak punya semangat literasi yang maksimal, padahal itu ia membidangi OPD itu. Hal ini ditandai dengan mendukung karya anak lokal.

"Kita telah kantongi ada penulis lokal di Batu Bara ini yang punya karya, bahkan telah menyiapkan pembukuan sejarah kebudayaan Batu Bara ini, dan keterhubungan budaya kita dengan Melayu lainnya. Dan seharusnya ini perlu didukung oleh pemkab Batu Bara melalui perpustakaan agar bisa dibukukan dan jadi arsip daerah, tapi faktanya menurut hemat kami ini tidak dilakukan oleh saudara Elpandi," cecarnya

Dengan tidak adanya semangat pembaharuan di tubuh dinas perpustakaan daerah Kabupaten Batu Bara ditandai dengan bidang pelayanan publik, keterbukaan informasi publik, dan program yang dinilai kurang cermat, hal ini bisa menjadi dasar bagi Pj. Bupati dan seluruh staf ahli dan staf khusus Pj Bupati agar memanggil Kadisperpusda Elpandi.

Ia juga mendorong Pj Bupati memberi peringatan keras dan evaluasi pada Kadis Perpusda Batu Bara.

"Maka harus ditegur dan evaluasi, agar mereka oknum pejabat eslon II yang minim gagasan ini segera berbenah," tambah Arwan.

Pentolan Kompi Batu Bara itu menyarankan Pj. Bupati agar tidak melanggengkan oknum pejabat yang tidak menghormati semangat "Batu Bara Bangkit (bersih, amanah, network, global, kualitas, inovatif dan transparan)". 

"Dengan mempertahankan oknum pejabat seperti petinggi Perpusda itu, sama saja merusak citra slogan Pj. Nizhamul itu sendiri. Alasannya jelas, dengan kurang maksimalnya pelayanan publik dan prosedur keterbukaan informasi publik disana (Perpusda) sama saja mencoreng slogan Pj. Bupati itu sendiri, dan kami sampaikan tawaran ini pada orang nomor satu di bumi Batu Bara Bangkit agar Kadisperpusda segera di evaluasi," tandasnya.

Terkait statement yang dilontarkan Kompi Batu Bara tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Batu Bara Elfandi saat dikonfirmasi melalui WhatsAppnya tidak ada jawaban.

Untuk diketahui sampai saat ini, Utamanews.com berupaya menunggu soal kebenaran muatan statement Kompi, apa penyebab dari polemik tersebut. Namun sayangnya, tidak ada juga jawaban dari dia.
Editor: Ade

T#g:Batu BaraBatu Bara BangkitKOMPI
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️