Kamis, 18 Apr 2024 09:53
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Unik, "Gerakan Cari Mantu Bersih Narkoba"

Makassar (utamanews.com)

Oleh: Tommy

Sabtu, 04 Jun 2022 14:24

Istimewa
Ilustrasi
Pemprov Sulawesi Selatan meluncurkan program “Sulsel Bersih Narkoba, Gerakan Cari Mantu Bersih Narkoba” dalam mendukung program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran dan Gelap Narkotika (P4GN).

Plt Kadis Kesehatan Sulsel Bachtiar Baso di Makassar, Sabtu (4/6/2022), mengatakan, program ini secara teknis menyaring calon pasangan kedua mempelai agar bebas narkoba.

Program berakronim: “Sulsel Bersinar Gencarkan” ini di bawah teknis kendali Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dan merupakan program prioritas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Sederhana saja, jika ada anak muda akan menikah, maka calon mantu khususnya calon mempelai laki laki wajib mendapatkan keterangan bebas narkoba setelah di-screening oleh BNN, Dinas Kesehatan. Depag di sini tentu setelah semua lengkap baru bisa menikahkan kedua mempelai,” ujarnya.

Dengan program ini, lanjut Bachtiar Baso, Pemerintah Provinsi Sulsel memiliki taji untuk menekan dan memutus mata rantai narkoba di Sulsel.

“Intinya begini adakan anak anak muda itu yang memakai narkoba, tentu kita edukasi bahwa ingat kalau sudah menikah tinggalkan itu benda haram. Tidak ada gunanya bagi masa depan dirinya sendiri dan keluarganya kelak,” jelas Bachtiar Baso.

Secara umum program ini tentu, meliputi edukasi perlunya rehabilitasi bagi penyalahguna narkotika, pembinaan layanan kesehatan dasar dalam rangka aksesbilitas rehabilitasi penyalahgunaan narkoba.

Selanjutnya pengawasan fasilitas farmasi dalam rangka penyelamatan pecandu dan atau korban penyalahgunaan narkotika, kordinasi institusi penyelenggara rehabilitasi dan institusi penerima wajib lapor.

Adapun tujuan dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara BNN Provinsi Sulsel, Dinkes dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel adalah terjalinnya kerjasama dan sinergitas para pihak.

Khususnya dalam pelaksanaan tes urine bagi calon pengantin dalam rangka mendukung program P4GN dan program pencanangan Sulsel Bersinar (bersih narkoba) dan Gencarkan Bersinar (Gerakan cari mantu bersih narkoba).

Peluncuran program prioritas Pemprov Sulsel di sektor kesehatan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel.
Editor: Budi

T#g:pemakai narkobanikahPengguna narkoba
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Jumat, 26 Jan 2024 15:36

    Diduga palsukan pernikahan, HD diadukan ke Poldasu

    Teti Mariani Lubis (58) warga warga Jalan Seroja Raya Medan Helvetia mengadukan wanita berinisial HD SE ke Poldasu terkait dugaan pemalsuan pernikahan.Laporan Polisi Nomor: LP/B/723/VI/2023/SPKT/Polda


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️