Senin, 04 Jul 2022 03:12
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Waduh..Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Sangkal Bupati Labuhanbatu Terima Penghargaan Sebagai Bupati Terbaik

Waduh..Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Sangkal Bupati Labuhanbatu Terima Penghargaan Sebagai Bupati Terbaik

Medan (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Jumat, 20 Mei 2022 15:30
Istimewa
Abyadi Siregar
Beredar berita di media online Bupati Labuhanbatu terima penghargaan sebagai Bupati Terbaik dari Ombudsman. Hal itu langsung disangkal oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar dalam komentarnya didalam grub whastapp mengatakan, "Ternyata masih ada media online yang menaikan berita hoaks, heran saya, gimanalah media seperti ini ya? kacau."

"Ombudsman tidak ada memberi penghargaan kepada bupati Labuhanbatu. Hasil survei ombudsman menunjukkan, pelayanan publik di Pemkab Labuhanbatu itu tidak baik. Hanya zona kuning. Tapi kok dalam berita ini disebut Bupati mendapat penghargaan sebagai Bupati terbaik, Memalukan sebenarnya," Cetus Kepala Ombudsman.

Terkait pemberitaan tersebut, Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut merasa keberatan, karena ombudsman tidak ada memberi penghargaan kepada bupati Labuhanbatu.

Lebih rinci terkait berita yang sudah beredar tersebut, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar masih dalam komentar whastapp grup memberikan menjelaskan "Karena berita tersebut sudah sempat terpublikasi, maka agar tidak terjadi kesalahpahaman, maka saya ABYADI SIREGAR (Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut) merasa perlu menjelaskan beberapa hal sbb:

1. Bahwa Ombudsman RI Perwakilan Sumut tidak pernah memberi penghargaaan kepada Bupati Labuhanbatu sebagai Bupati terbaik. Sekali lagi: Ombudsman RI Perwakilan Sumut TIDAK PERNAH MEMBERI PENGHARGAAN KEPADA BUPATI LABUHANBATU SEBAGAI BUPATI TERBAIK.

2. Ombudsman RI Perwakilan Sumut tidak pernah menggelar acara pemberian penghargaan sebagai Bupati terbaik kepada Bupati Labuhanbatu di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan pada 2 Mei 2022.

3. Foto yang ada dalam berita itu adalah foto saya bersama para kepala daerah yang meraih predikat kepatuhan tinggi dalam pelayanan publik di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut Jalan Sei Besitang Medan pada Selasa, 18 Januari 2022, saat memberi penghargaan kepada 7 kepala daerah di Provinsi Sumut yang meraih penghargaan kepatuhan tinggi dalam pelayanan publik.

Ke 7 kepala daerah itu adalah walikota Medan, walikota Tebingtinggi, Bupati batubara, Bupati Tapsel, Bupati Dairi, Bupati humbahas, wakil walikota Siantar.

Jadi, foto itu bukan di Aula Tengku Rizal Nurdin seperti yang disebutkan dalam berita media itu. Dan, juga DALAM FOTO INI TIDAK ADA BUPATI LABUHANBATU.

4. Sesuai hasil Survei Penilaian Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik di 34 Pemda se Sumut yang dilakukan Ombudsman tahun 2021, Pemkab Labuhanbatu SAMA SEKALI TIDAK MERAIH YANG TERBAIK.

Pemkab Labuhanbatu JUSTRU BELUM BAIK. Pemkab Labuhanbatu justru masuk dalam 18 Pemda yang belum baik. 

Dalam survei itu, Pemkab Labuhanbatu hanya meraih nilai 51,58. Nilai ini justru menempatkan Labuhanbatu DI PERINGKAT KEDUA TERENDAH dari 18 Pemda, setelah Nias Barat dgn nilai 51,46.

5. Karena itu, agak aneh dan lucu juga saya membaca ketika dalam berita itu bupati labuhanbatu menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Labuhanbatu atas capaian Pemkab Labuhanbatu itu. 

Demikian penjelasan ini, agar anggota Grop WA yang sempat membaca berita tersebut sebelumnya, dapat memahami dan mengerti yang sebenarnya, Jelas Abyadi Siregar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut.

Terpisah, Plt Kadis Kominfo Labuhanbatu ketika dikonfirmasi utamanews, Jum'at (20/5/2022) Sekira pukul 11 :57 Wib melalui selulernya mengatakan "Infonya sih begitu, tapi aku belum melihat buktinya."

"Info nya dari kawan-kawan juga, tapi belum ada yang jelas ini infonya, buktinya, makanya ngak bisa ku jawab," Tutur Kadis Kominfo kepada utamanews.

Sementara itu, salah seorang wartawan media online yang menerbitkan berita tersebut saat diminta konfirmasi utamanews dan ditanyakan dari mana mendapat sumber berita itu melalui selulernya mengatakan bahwa ia mendapat sumber dari media online yang katanya sudah menerbitkan berita Bupati Labuhanbatu menerima penghargaan sebagai Bupati Terbaik dari Ombudsman.

"Ku kutip di grub, hampir semuanya naik itu, bukalah, yang ramean itu," Imbuhnya 

Anehnya lagi dalam pemberitaan itu, Bupati Labuhanbatu ada menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Labuhanbatu.

Berikut ini penyampaian Bupati Labuhanbatu dikutip dari salah satu media online yang menerbitkan berita tersebut.

Ucapan terimakasih Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM kepada masyarakat Labuhanbatu, yang sudah mendukung Visi dan Misi serta program yang sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Visi Misi yang di canangkan sewaktu mencalonkan diri menjadi Bupati Labuhanbatu.

“Terimakasih kepada Masyarakat Labuhanbatu yang sudah mendukung kinerja Pemerintah, dan juga terimakasih kepada OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, Kepala Lingkungan juga Kepada Kepala Dusun yang sudah menjalankan serta melaksanakan program pemerintah, saya juga berterimakasih kepada Ormas, Kelompok, LSM, Wartawan juga kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama yang ada di Kabupaten yang kita cintai ini,” ucap Erik.

Kemudian tambah Erik lagi, Semoga apa yang kita inginkan bersama dapat terwujud sesuai Visi Misi dan Program dengan menjadikan Labuhanbatu menjadi Kota Idaman, tanpa dukungan masyarakat Program Pemerintah tidak berjalan sebagaimana mestinya,” Kata Erik.
Editor: Budi

T#g:Ombudsmanhoax
Berita Terkait
  • Senin, 30 Mei 2022 15:00

    Cek Fakta: Masjid tolak salatkan jenazah yang tak beli tiket Formula E

    Akun Facebook Mbah Karto Kasiran pada 16 Mei 2022 mengunggah sebuah gambar spanduk dengan tulisan berisi pesan bahwa sebuah masjid menolak mensalatkan jenazah yang tidak membeli tiket ajang balapan Fo

  • Minggu, 22 Mei 2022 14:02

    Pelayanan Publik Di Kabupaten Labuhanbatu Tidak Baik, Peringkat Kedua Terendah Dari 18 Pemkab

    Sesuai hasil survei penilaian kepatuhan terhadap pemenuhan standar pelayanan publik di 34 pemda se-sumut yang dilakukan Ombudsman tahun 2021, pemerintah kabupaten labuhanbatu sama sekali tidak meraih

  • Selasa, 12 Apr 2022 23:53

    Akun Facebook Uka Uka Uka & Desi Goelam Diduga Sebarkan Video Hoax Di Sumut

    Maraknya dugaan video "Hoax" anarkis terkait aksi damai BEM SI di Sumatera Utara yang disebar melalui Media Sosial Facebook yang seolah - olah menunjukan terjadinya kericuhan dalam Unjuk Rasa yang ter

  • Rabu, 06 Apr 2022 11:06

    Dispenad Kembali Tegaskan Akun FB Eko Frananda Adalah Akun Palsu

    Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) kembali menegaskan bahwa akun Facebook bernama Eko Frananda yang memakai foto profil salah satu anggota TNI AD lengkap dengan seragam TNI, adalah akun palsu.

  • Selasa, 22 Mar 2022 22:32

    Himmah Paluta Ajak bijak bermedsos dan melawan berita hoax

    Puluhan peserta dari berbagai kalangan antusias mengikuti kegiatan Dialog Publik tentang Cerdas melawan berita hoax yang bertema "Bijak dalam bermedia sosial dan melawan berita hoax" yang digelar Pimp

  • Sabtu, 26 Feb 2022 09:26

    Ombudsman dan KPPU Sidak ke distributor minyak goreng Wilmar Group

    Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara bersama dengan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah I melakukan sidak ke PT Aldoraya Lestari, salah satu distributor minyak goreng milik Wilmar Grou

  • Senin, 14 Feb 2022 16:44

    Pemprov Sumut Klarifikasi dan Sayangkan Berita Tidak Benar Soal Anggaran Tamu Rp50 Miliar

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Biro Umum  Setdaprov mengklarifikasi pemberitaan yang dimuat di media massa tentang anggaran tamu Gubernur.Hal itu dibantah, karena ti

  • Kamis, 03 Feb 2022 03:03

    Ombudsman Sumut dalami dugaan kecurangan pemilihan komisioner KPID

    Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara telah menerima laporan perihal dugaan praktek maladministrasi dan kecurangan dalam pemilihan tujuh komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID).

  • Rabu, 19 Jan 2022 16:49

    Pemkab Dairi Raih Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

    Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, berhasil meraih penghargaan predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik (zona hijau) tahun 2021 dari Ombudsman untuk kategori pemerintah daerah dengan nilai 93,29 persen.

  • Selasa, 18 Jan 2022 19:48

    Bobby Nasution Bawa Pemko Medan Raih Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

    Belum sampai setahun menjabat sebagai Wali Kota Medan, Bobby Nasution berhasil membawa Pemko Medan meraih Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik (Zona Hijau) kategori Pemerintah Kota, dengan nilai 89,22 dari Ombudsman Republik Indonesia.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak