Jumat, 29 Mar 2024 11:36
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Wali Kota Pematang Siantar Serahkan Bantuan Benih Padi dan Kartu E-Tani kepada Kelompok Tani

Pematang Siantar (utamanews.com)

Oleh: LEP27

Jumat, 25 Nov 2022 14:35

Istimewa
dr. Susanti Dewayani, Sp.A menghadiri Acara Penyerahan Bantuan Benih Padi Unggul, Jum’at (25/11/2022)
Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A menghadiri Acara Penyerahan Bantuan Benih Padi Unggul, Penyerahan Kartu E-Tani dan Penanaman Padi Di Kota Pematang Siantar, Jl. Bahkora II Bawah Huta Nainggolan, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematang Siantar, Jum’at (25/11/2022) Pagi.
Penyerahan Bantuan Benih Padi Unggul, Penyerahan Kartu E-Tani dan Penanaman Padi di Kota Pematang Siantar, Jum'at (25/11)
Laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Pematang Siantar Ir Ali Akbar mengatakan, bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini, dengan adanya bantuan benih unggul/sarana produksi lainnya dari pemerintah, maka masyarakat terbantu dalam mendapatkan benin unggul sehingga kemampuan bertani semakin meningkat. Dengan penggunaan benin unggul oleh petani diyakini dapat berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas, produksi dan mutu hasil komoditi tanaman pangan, sehingga mendukung untuk ketersediaan pangan khususnya di Kota Pematang Siantar.
"Salah satu varietas padi unggul saat ini adalah varietas padi unggul "inpari 32" dengan potensi hasil 8,43 ton/ha gabah kering giling (gkg) dan tahan terhadap hawar daun bakteri (hdb), tahan terhadap tungro dan rasa nasi pulen,” terangnya dalam laporan.

Mengingat hal tersebut diatas maka pada Tahun Anggaran 2022 ini Pemko Kota Pematang Siantar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Pematang Siantar mengalokasikan anggaran untuk pengadaan/bantuan benin unggul bersertifikat kepada petani melalui wadah kelompok tani.

Adapun bantuan benih padi unggul bersertifikat varietas inpari 32 yang diadakan pada tahun anggaran 2022 ini tersebar di 4 kecamatan yaitu Kecamatan siantar Marihat di kelurahan Suka Raja, terdiri dari 8 kelompok tani penerima dengan luas lahan 109 ha, jumlah bantuan benin sebanyak 2.725 kg; Kecamatan Siantar Sitalasari di kelurahan Bah Sorma, terdiri dari 4 kelompok tani penerima dengan luas lahan 26 ha, jumlah bantuan benin sebanyak 650 kg; Kecamatan Siantar Marimbun terdapat di:
a. Kelurahan Pematang Marihat, terdiri dari 5 kelompok tani penerima dengang luas lahan 101 ha, jumlah bantuan benih sebanyak 2.525 kg 

b. Kelurahan Naga Huta, jumlah kelompok penerima 3 kelompok tani penerima dengan luas lahan 39 ha, jumlah bantuan benin 975 kg; Kecamatan Siantar Martoba di kelurahan Tanjung Pinggir 1 kelompok tani penerima (kelompok tani blok seratus), dengan luas lahan 25 ha, jumlah bantuan benin sebanyak 625 kg. 

Dengan demikian jumlah total seluruh bantuan benih unggul varietas inpari 32 tahun anggaran 2022 ini yang diberikan sebanyak 7.500 kg dengan luas lahan 300 ha; Dalam berusaha tani Pemerintah juga membantu petani dengan memberikanprogram pupuk bersubsidi untuk komiditi padi dan jagung.

Hal ini difasilitasi dengan pemberian kartu E-TANI. Jumlah penerima kartu E-TANI di Kota Pematang Siantar tersebar di 6 kecamatan yaitu, Kecamatan Siantar Sitalasari sebanyak 693 kartu tani, Kecamatan Siantar Marimbun sebanyak 1.390 kartu tani, Kecamatan Siantar Marihat sebanyak 768 kartu tani, Kecamatan Siantar Martoba sebanyak 455 kartu tani, Kecamatan Siantar Timur sebanyak 23 kartu tani, Kecamatan Siantar Selatan sebanyak 16 kartu tani,Sehingga jumlah total kartu e-tani seluruhnya sebanyak 3.345 kartu tani.
Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A menyampaikan bahwa, jujur kepada bapak/ibu cita-citanya sebenarnya bukan menjadi seorang dokter, apalagi seorang Wali Kota. "Saya dulu bercita-cita menjadi seorang petani, namun entah kenapa nasib berkata lain, sehingga saya menjadi dokter, malah sekarang menjadi seorang Walikota Pematang Siantar,” Imbuh dr Susanti Dewayani, Sp.A.

Wali Kota dr. Susanti Dewayani, Sp.A mengatakan bahwa Kedatangan Pemko Pematang Siantar beserta Forkopimda dan mitra perbankan untuk memberikan perhatian, dengan harapan petani disini akan bangga, berbesar hati dan juga akan merawat padi-padi ini dengan penuh kasih sayang. 

“Dalam meningkatkan produksi padi di kota Pematang Siantar, Pemerintah Kota Pematang Siantar melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian telah memberikan bantuan benih padi unggul varietas inpari 32 sebanyak 7.500 kg untuk pertanaman seluas 300 ha. Selain bantuan yang bersumber dari APBD Kota Pematang Siantar, kita juga mendapatkan bantuan benih padi dari apbd provinsi Sumatera Utara sebanyak 6.200 kg untuk pertanaman seluas 248 ha, bantuan benih jagung dari APBD provinsi Sumatera Utara sebanyak 1.200 kg untuk pertanaman seluas 80 ha, bantuan benih jagung dari APBN sebanyak 1.050 kg untuk pertanaman seluas 70 ha dan bantuan benih kacang tanah dari APBD provinsi Sumatera Utara sebanyak 840 kg untuk pertanaman seluas 7 ha. Dengan adanya bantuan benih tersebut diharapkan pada tahun 2022 terjadi peningkatan produksi padi, jagung dan kacang tanah di Kota Pematang Siantar, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” tukas Wali Kota dr. Susanti Dewayani, Sp.A.
Untuk mewujudkan kemandirian pangan nasional, Pemko Pematang Siantar melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian telah melakukan peningkatan indeks pertanaman (ip) sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan produksi padi di Kota Pematang Siantar dengan memanfaatkan teknologi seperti penggunaan varietas unggul baru. Untuk mendukung kemandirian pangan tersebut maka dilibatkan seluruh komponen masyarakat.

Kemudian, Wali Kota dr. Susanti Dewayani, Sp.A menyatakan, "Kita ketahui bersama, bahwa sektor pertanian di Kota Pematang Siantar sesungguhnya memiliki potensi yang cukup besar dengan luas lahan sawah 1.314,5 ha serta didukung sumber daya alam yang memadai akan kita manfaatkan secara optimal."

"Kita akan memacu peningkatan indeks pertanaman terutama di kecamatan yang potensial untuk ditanami padi, seperti kecamatan Siantar Marimbun, kecamatan Siantar Marihat, kecamatan Siantar Martoba dan kecamatan Siantar Sitalasari. Untuk itu mari terus kita tingkatkan produksi guna mencapai swasembada pangan di Kota Pematang Siantar,” imbuh Wali Kota.

Pada kesempatan ini juga akan diserahkan secara simbolis kartu tani kepada kelompok tani yang ada di Kota Pematang Siantar. Kartu tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi yang berfungsi untuk kepastian ketersediaan pupuk bersubsidi, kemudahan penjualan hasil panen dan kemudahan akses pembiayaan melalui kredit usaha rakyat (KUR).

Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani, Sp.A mengungkapkan bahwa, Pemko Pematang Siantar senantiasa mendukung berbagai kegiatan masyarakat yang memberikan dampak positif.
“Kami juga mengajak para petani yang tergabung dalam kelompok tani dan gapoktan agar bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi untuk mendukung program-program Pemko Pematang Siantar, terutama yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat. Dengan adanya kerja sama, sinergitas, dan kolaborasi antara pemerintah kota pematang siantar dengan berbagai stakeholder, termasuk termasuk kelompok tani dan gapoktan, maka akan mempercepat terwujudnya Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” pungkas dr. Susanti Dewayani, Sp.A.

Turut Hadir, Dandim 022/PT yang diwakili Kasdim Mayor Inf.Margana, Ketua Pengadilan Negeri Pematang Siantar yang diwakili bapak Suherman SoS, Kapolres Pematang Siantar yang diwakili AKP Robert Purba, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indoensia Pematang Siantar Bapak Abdul haris, Pimpinan Bank BNI Pematang Siantar Bapak Reza Syaputra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Zaianal Siahaan SE.MM, Para Unsur Forkopimcam Siantar Marihat, Camat Siantar Marihat Bapak Hendri Purbaz Para Lurah Se-Kecamatan Siantar Marihat.
Editor: Yudi Setyawan

T#g:Benih padiSiantarKartu Tanipetani padi
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️