Selasa, 06 Des 2022 04:39
  • Home
  • Politik
  • Proyek Strategis Nasional Jokowi Untuk Kurangi Tingkat Kemiskinan

Proyek Strategis Nasional Jokowi Untuk Kurangi Tingkat Kemiskinan

Bogor (utamanews.com)
Oleh: Dian
Rabu, 07 Sep 2022 11:47
Tangkapan Layar
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (06/09/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pelaksanaan sejumlah pembangunan Program Strategis Nasional (PSN) membawa banyak dampak positif. Salah satunya yakni mampu mengurangi tingkat kemiskinan di masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan arahan Jokowi terkait proses pelaksanaan PSN pada kepemimpinan periode kedua.

Dia mengatakan kehadiran PSN berhasil menciptakan beragam kebermanfaatan. “Bapak presiden juga memberikan arahan bahwa seluruh proyek-proyek strategis nasional ini bermanfaat bagi masyarakat,” kata Airlangga dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (06/09/2022).
Airlangga menambahkan manfaat dari realisasi berbagai PRN yang digenjot pada era Jokowi berimbas pada menurunnya angka kemiskinan di masyarakat. Hal tersebut menjadi kabar baik bagi upaya mendorong kemajuan bangsa ke depan.

PSN yang telah dirampungkan Jokowi, ungkap dia, meliputi bandara, pelabuhan, jalan ton, bendungan, smelter, hingga kawasan industri. Kehadiran berbagai PSN tersebut diyakini mampu menopang perekonomian nasional.

“Apakah itu bendungan, apakah itu jalan tol membuka akses yang lebih luas dan beberapa bendungan tentunya berada di wilayah-wilayah yang bisa mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat,” terang Airlangga.
Di sisi lain, dia menambahkan, pembangunan PSN yang mayoritas telah diselesaikan Jokowi tidak hanya berdampak positif terhadap sektor ekonomi. Namun lebih dari itu juga turut menjadi kunci pembuka pintu lapangan kerja.

“Terutama terkait penciptaan lapangan kerja, yang kedua tentunya investasi ini memiliki multiplayer effect,” sambung Airlangga.

Karenanya, tambah dia, Jokowi meminta agar para pembantunya terus konsisten bekerja serius membantu menuntaskan target penyelesaian PSN yang sudah direncanakan. Paling tidak sebelum masa kepemimpinan Jokowi usai.

“Bapak presiden meminta agar ke seluruh proyek secara nasional bisa selesai secara fisik sebelum 2024,” pungkas Airlangga.

Diketahui Pemerintahan Jokowi telah menuntaskan pembangunan sebanyak 66 proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp414,3 triliun. Pencapaian tersebut terhitung sejak tahun 2019-2021 atau setelah tiga tahun perjalanan Pemerintahan Jokowi di periode kedua.
Editor: Budi

T#g:IKN Nusantaraproyek strategis nasional
Berita Terkait
  • Rabu, 16 Nov 2022 20:26

    Asrenum Panglima TNI Buka Sosialisasi Gelar Satuan TNI di Wilayah IKN

    Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI Laksda TNI Hery Puranto, S.E., M.M. membuka Sosialisasi Gelar Satuan TNI di Wilayah IKN Tahun 2022, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/11/2022).

  • Senin, 14 Nov 2022 19:34

    Tidak Ada Pemekaran Daerah Hingga Akhir 2024

    Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian melantik tiga orang sebagai penjabat gubernur di tiga DOB Papua di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat, 11 November 2022.

  • Jumat, 04 Nov 2022 11:34

    Jokowi Jamin IKN Akomodasi Hunian Masyarakat Berpenghasilan Rendah

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) juga memberi ruang bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Hal itu disampaikan oleh Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono.

  • Minggu, 30 Okt 2022 13:30

    Jokowi buka ruang kreasi bagi generasi muda hingga seniman di IKN

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Ibu Kota Nusantara akan menjadi masa depan Indonesia. Jokowi meminta seluruh elemen bangsa untuk bersatu menyukseskan pembangunan IKN.Jokowi juga mengajak g

  • Rabu, 26 Okt 2022 13:56

    Tinjau IKN, Jokowi Pastikan Pembangunan Sesuai Rencana

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa progress pembangunan Ibu Kota Nusantara sesuai dengan rencana. Jokowi meninjau pembangunan IKN melalui jalar laut bersama Menteri Pekerjaan Umum hingga Kepala Otorita.

  • Komentar Pembaca

    Tentang Kami   Pedoman Media Siber   Disclaimer   Iklan   Karir   Kontak

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com
    PT. Oberlin Media Utama