Jumat, 30 Sep 2022 23:11
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Terdampak kenaikan BBM? Anda merasa layak menerima Bansos? Usulkan! Ini caranya

Terdampak kenaikan BBM? Anda merasa layak menerima Bansos? Usulkan! Ini caranya

Medan (utamanews.com)
Oleh: Dian
Selasa, 06 Sep 2022 10:26
Tangkapan Layar
Aplikasi Cek Bansos
Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalihan alokasi subsidi anggaran oleh pemerintah dari bahan bakar minyak berdampak pada sekelompok masyarakat. Namun sayangnya banyak juga yang seharusnya layak menerima bantuan subsidi ternyata terlewatkan dan tidak masuk pendataan.

Kabar baiknya, pemerintah sudah mengantisipasi hal tersebut. Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyediakan fitur pengusulan penerima bantuan sosial (bansos) BLT BBM yang bisa diakses masyarakat umum.

Pengusulan penerima BLT BBM 2022 dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos Kemensos, yang saat ini hanya bisa diunduh di PlayStore.

Nantinya, penerima bansos BLT BBM akan mendapatkan dana sebesar Rp600.000, yang disalurkan dalam 2 tahap, yaitu pada September dan Desember.

Penyaluran bansos BLT BBM diberikan kepada penerima yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, yang akan dilakukan perubahan data setiap bulannya.
Ini cara mengusulkan penerima bansos BLT BBM 2022

Disadur dari informasi resmi Kemensos, langkah-langkah mengusulkan dan menyanggah penerima bansos BLT BBM 2022 sebagai berikut:

1. Setelah mengunduh aplikasi Cek Bansos, maka akan muncul halaman login. Anda dapat membuat akun baru dengan klik tombol “Buat Akun Baru”.

2. Anda wajib mengisikan informasi sesuai data kependudukan, dikarenakan proses ini akan dipadankan dengan data Dukcapil.

3. Setelah selesai mengisi data diri dan mengunggah foto KTP, secara otomatis akan dikirimkan kode OTP melalui alamat e-mail.
4. Login ke aplikasi Cek Bansos dengan akun yang telah terdaftar, lalu pilih menu ‘Daftar Usulan’.

5. Isikan data kependudukan dari orang yang diusulkan, karena data akan dipadankan dan diverifikasi oleh verifikator.

6. Saat mengusulkan penerima bansos BLT, Anda juga harus melampirkan swafoto KTP dan foto kondisi rumah.

7. Setelah itu, klik “Tambah Usulan” dan pengusulan penerima BLT telah selesai.

Sebagai informasi, dana yang dialokasikan untuk BLT BBM sebesar Rp 12,4 triliun, dengan total sasaran penerima sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).
Editor: Budi

T#g:aplikasiBLT BBMcek bansos
Berita Terkait
  • Selasa, 27 Sep 2022 11:27

    Bobby Nasution Akan Beri BLT Sibonas Bagi Warga Medan

    Janji Wali Kota Medan Bobby Nasution yang akan menggelontorkan Rp30 miliar untuk subsidi para pengemudi angkutan umum segera terealisasi. Pasalnya Pemko Medan dalam waktu dekat ini akan mencairkan subsidi tersebut melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).

  • Sabtu, 24 Sep 2022 20:14

    Polda Sumut Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Uang BLT di Deliserdang

    Tim gabungan dari Polda Sumut dan Polresta Deliserdang berhasil mengungkap kasus pencurian uang BLT milik Pemerintah Desa Medan Sinembah, Kabupaten Deliserdang.

  • Sabtu, 17 Sep 2022 23:47

    Kota Pertama di Indonesia, Bobby Nasution Launching Aplikasi Moovit

    Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Wali Kota Medan Bobby Nasution melaunching Aplikasi Moovit yaitu aplikasi mobilitas pemandu perjalanan khususnya menggunakan transportasi umum.

  • Sabtu, 17 Sep 2022 22:07

    16-17 Ribu pengemudi angkot, betor dan ojek online di Medan akan dapat bantuan Rp600 ribu dari Pemko

    Pemko Medan mengalokasi Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar 2% untuk membantu masyarakat yang terdampak menyusul pemerintah mengurangi subsidi BBM yang sudah membengkak sehingga

  • Jumat, 16 Sep 2022 12:56

    Delmeria Sikumbang Pantau Langsung Penyaluran BLT BBM di Sibolga

    Anggota DPR-RI Komisi VIII Fraksi Partai Nasdem, Hj Delmeria Sikumbang memantau pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bantuan Sembako di Kantor Pos Sibolga, Jalan FL Tobi

  • Kamis, 15 Sep 2022 21:05

    Pemko Medan Akan Salurkan Bantuan Subsidi BBM

    Wali Kota Medan Bobby Nasution memanfaatkan momen Launching Program dan Mini Bazar Kelurahan Unggulan di Gapura Kampung UMKM Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Ladang Bambu, Kecamatan Tuntungan, Kamis (15

  • Kamis, 15 Sep 2022 15:05

    Jokowi Sebut BLT BBM Telah Menjangkau 461 Kabupaten/ Kota

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ratusan kabupaten/kota telah disalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan dimaksudkan untuk membantu masyarakat akibat penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

  • Selasa, 13 Sep 2022 09:53

    Tekan Inflasi, Jokowi Minta Kepala Daerah Tak Ragu Gunakan DAK & DAU

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah untuk tidak ragu menggunakan dana transfer daerah untuk menekan dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

  • Selasa, 13 Sep 2022 03:13

    Edy Rahmayadi: Anggaran tidak prioritas akan dialihkan ke bantuan sosial BLT BBM

    Edy Rahmayadi kembali menjumpai massa aksi yang berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (12/9). Kali ini, ratusan pendemo menyampaikan aspirasi te

  • Senin, 12 Sep 2022 18:12

    Ribuan Warga Kabupaten Labura Cairkan Dana BLT BBM dan Sembako

    Ribuan masyarakat kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) provinsi Sumut berduyun-duyun mendatangi Aula kantor Bupati setempat, Senin (12/09).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2022 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak