Sabtu, 20 Jul 2024 03:50
busana muslimah

Mahasiswa Kesejahteraan Sosial FISIP USU Ajarkan Pentingnya Perilaku Hidup Bersih & Sehat Sejak Dini

Medan (utamanews.com)

Oleh: Dian

Sabtu, 25 Nov 2023 15:35

Istimewa
Praktikan bersama anak-anak di Komunitas
flash sale baju bayi
Viona Rosalinda Sembiring mahasiswa semester 7 Kesejahteraan Sosial Fisip USU yang sedang melaksanakan kegiatan PKL 2 di SOS Children’s Village untuk Program Penguatan Keluarga (Family Strengtening Programme) di Komunitas Kwala Bekala Medan ajarkan anak-anak di komunitas tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.
Kegiatan mencuci tangan
Kegiatan ini bertujuan guna memperkenalkan dan mengajarkan anak-anak mengenai pentingnya hidup bersih guna menghindari dari berbagai penyakit sekaligus menanamkan tentang kesadaran menjaga kebersihan diri. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak di komunitas Kwala Bekala yang duduk di kelas tiga hingga enam SD. Fokus utama kegiatan ini ialah memberikan edukasi kepada anak-anak pentingnya PHBS serta mengajarkan langkah mencuci tangan yang baik dengan benar dan membersihkan kuku sebagai langkah kecil menciptakan kesadaran akan kebersihan diri.
Kegiatan memotong kuku
Kegiatan ini diawali dengan kegiatan Pre Test dengan tujuan melihat kemampuan anak-anak mengenai PHBS, dari hasil Pre Test yang telah dilakukan dilihat bahwa anak-anak sudah memahami apa saja contoh perilaku hidup bersih dan sehat yang dilakukan di kegiatan sehari-hari namun belum mengetahui apa PHBS itu sendiri. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Viona yang merupakan praktikan dalam kegiatan ini. Materi yang disampaikan yaitu menjelaskan 10 perilaku hidup bersih dan sehat yang ada di kehidupan sehari-hari yaitu rutin minum air putih, mengganti seragam sepulang sekolah, keramas dua hari sekali, menjaga kebersihan rumah, memotong kuku dengan rutin, mencuci tangan, mandi yang rutin dua kali sehari, mengonsumsi makanan yang sehat, membuang sampah pada tempatnya dan menggosok gigi dua kali sehari.
10 perilaku hidup bersih dan sehat
Dilanjutkan dengan mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar dan kegiatan memotong kuku pada anak-anak. Akhir kegiatan ini dilaksanakan dengan kegiatan Post Test yaitu dengan tujuan melihat peningkatan kemampuan anak-anak mengenai PHBS, dari hasil ini dapat dilihat bahwa pengetahuan anak-anak mengenai PHBS terlebih cara mencuci tangan yang baik dan benar bertambah.

Perilaku hidup bersih dan sehat ini sangat perlu ditanamkan sedari dini guna menumbuhkan pemahaman dan menanamkan pada anak-anak tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan.
Editor: Budi

T#g:FISIP USUKesejahteraan SosialPHBS
CRYPTO
Berita Terkait
  • Jumat, 19 Jul 2024 20:09

    Pemkab Deli Serdang Salurkan Dana Hibah ke 5 LKS

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang menyalurkan dana hibah kepada lima Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), salah satunya adalah Panti Yayasan Pendidikan Tunanetra (Yapentra) di Dusun III, Desa


Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
girl underwear 1 girl underwear 2 girl underwear 3 girl underwear 4
tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️